7 Tips Memilih Crypto yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Investasi!

  • Whatsapp
tips memilih crypto
https://pixabay.com/images/id-1868728/

Dalam cara memilih crypto yang baik dan dapat menguntungkan banyak membuat orang kebingungan dan berujung pada kerugian. Hal ini karena crypto memiliki karakteristik berbeda dari instrumen investasi lain seperti saham yang dapat menganalisisnya melalui dokumen perusahaan.

Banyak yang tidak mengetahuinya, simak beberapa tips berikut untuk tahu cara memilih crypto yang bisa mendatangkan keuntungan.

Bacaan Lainnya

1. Pelajari Whitepaper Crypto

Whitepaper dalam crypto setara seperti prospektus perusahaan. Perusahaan yang menerbitkan sekuritas baru akan menerbitkan prospektus pendahuluan, kemudian prospektus final, menurut Securities and Exchange Commission (SEC). Prospektus berisi informasi yang Anda perlukan untuk memutuskan apakah akan berinvestasi dalam sekuritas.

Whitepaper pada crypto memberikan detail yang Anda perlukan untuk memilih crypto melalui penggunaan aset yang diproyeksikan, spesifikasinya, dan tujuan pembuatnya.

2. Tim Pengembang Crypto

Setelah memiliki pengetahuan yang baik tentang latar belakang proyek crypto, langkah selanjutnya dalam cara memilih crypto adalah menilai tim yang mendukung proyek tersebut. Adakah yang pernah mengerjakan proyek terkemuka di masa lalu? Apakah mereka anggota terkemuka dari ekosistem blockchain? Apa kualifikasi mereka?

Tujuan penilaian ini adalah untuk memastikan bahwa Anda berinvestasi dalam coin yang didukung oleh orang-orang yang profesional. Anggap ini sebagai analisis fundamental yang akan menyelamatkan Anda dari berinvestasi di perusahaan yang hanya ingin meraup keuntungan.

3. Melihat Proyek melalui Media Sosial

Cara yang pasti untuk mempertimbangkan memilih crypto adalah dengan mengawasi komunitas coin tersebut di media sosial. Di sini, Anda akan mengetahui apakah proyek memiliki komunitas besar yang mendukung tujuannya.

Facebook, Twitter, Telegram dan Reddit akan menjadi tempat yang baik untuk memulai. Anda akan mengetahui apa yang orang lain katakan tentang proyek tersebut. Dengan demikian, membuat keputusan yang tepat. Hal ini karena orang dihargai untuk membuat pernyataan positif tentang coin tersebut. Sehingga akan memudahkan dalam memahami cara memilih crypto

4. Permasalahan Legalitas

Jika Anda telah memilih crypto yang bagus untuk diinvestasikan, tetapi Anda tidak diizinkan untuk berpartisipasi karena negara Anda melarangangnya. Anda akan melanggar hukum jika Anda masih bersikeras untuk melakukan investasi.

Karena itu, Anda harus mencari tahu lebih dulu apakah di negara tidak melarang penjualan dan pembelian coin crypto. Walaupun faktanya pada saat ini sebagian negara masih belum mengatur mengenai crypto

5. Fitur yang Ditawarkan

Hal ini ini adalah faktor lain yang harus Anda pertimbangkan saat menganalisis dan memilih crypto yang akan Anda investasikan karena menentukan nilai utilitas dari nilai pasar token. Salah satu cara memilih crypto dengan memikirkan beberapa pertanyaan. Seperti masalah apa yang coin ini dapat menyelesaikannya?

Proyek yang unik dapat memecahkan masalah akan memiliki lebih banyak permintaan, sehingga meningkatkan nilai coin yang ada di pasar.

6. Mengikuti Perkembangan Coin

Anda tidak ingin berinvestasi dalam token dan meninggalkannya begitu saja, terutama ketika uang Anda menjadi taruhannya. Oleh karena itu, praktik yang baik untuk mengikuti proyek di berbagai saluran media sosial. Anda akan menemukan pengumuman terbaru di saluran ini untuk terus memperbarui diri Anda dalam hal memilih crypto.

Terlebih lagi, ada Forum-forum yang menjadi tempat sebagian besar proyek mempublikasikan pengumuman. Dan mengingat siapa pun bebas berkomentar, Anda akan mengumpulkan sentimen pengguna terkait dengan berita tersebut. Ini juga saat yang tepat untuk mengajukan pertanyaan yang mungkin Anda miliki di Forum.

Apa sentimen umum tentang proyek baru ini? Apakah proyek tampak realistis bagi orang lain? Bagaimana itu cocok dengan semua hal lain yang terjadi di sektor ini? Jika Anda biasanya tidak “mendengar” info ini, carilah secara online. Anda bisa menemukannya di aplikasi forum atau di papan pesan Reddit dan Bitcointalk. Berhati-hatilah dalam mempertimbangkan rumor saat melakukan analisis.

7. Perhatikan Waktu untuk Berinvestasi

Waktu adalah segalanya. Ini mungkin berada di urutan terakhir dalam daftar, tetapi itu sama pentingnya karena memilih waktu terbaik untuk berinvestasi dapat berdampak pada laba atas investasi Anda. Oleh karena itu, Anda perlu tahu apakah ini waktu yang tepat untuk berinvestasi dalam mata uang kripto mengingat ada pasar bear dan bull.

Pada saat ini, dapat dikatakan bahwa pasar secara umum sedang booming. Hal yang sama berlaku untuk mempertimbangkan jika industri coin sedang booming. Dalam melakukan analisis cara memilih crypto yang dapat memberi keuntungan memang tidak mudan.

Melalui beberapa tips di atas dapat memberikan Anda gambaran untuk memilih crypto yang memiliki fundamental yang potensial sehingga dapat menjadi ladang investasi yang menguntungkan.


Artikel ini bersifat informatif dari data yang dikumpulkan dan bukan merupakan nasihat atau saran keuangan. Disarankan untuk melakukan riset dan analisis lebih lanjut secara pribadi sesuai dengan profil risiko investasi masing-masing.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *