Pusing Dengan Skripsi? Simak Tips Berikut Agar Cepat Selesai

  • Whatsapp
Tips Membuat Skripsi
Sumber: Unsplas/Redd

RUANGNEGERI.com – Tidak perlu pusing dengan skripsi, artikel ini membahas tips agar skripsimu cepat selesai. Menjelang akhir perkuliahan, mahasiswa wajib membuat skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan. Skripsi adalah karya ilmiah yang merupakan perwujudan dari hasil kuliahmu selama kurang lebih 4 tahun.

Sebelum lulus dan menyandang gelar sarjana, mahasiswa harus mengerjakan tugas akhir atau skripsi terlebih dulu. Kemampuan teoritismu akan teruji melalui penelitian dan pemahamanmu akan teruji melalui rangkaian sidang akhir.

Bacaan Lainnya

Hal yang Perlu Disiapkan

Skripsi yang baik dan berkualitas, tidak hanya agar kamu mendapat nilai bagus. Lebih dari itu, skripsi juga bertujuan untuk menguji dirimu sendiri. Sebaik apa kemampuanmu sebelum terjun langsung ke masyarakat.

Sebelum mulai menyusun skripsi, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan yakni:

1. Rajin Membaca Jurnal

Jurnal merupakan kumpulan artikel penelitian dengan bidang tertentu dan terbit pada beberapa waktu tertentu. Di jurnal kamu bisa mendapat banyak ide untuk judul skripsimu. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari cara penulisan ilmiah melalui jurnal.

Baca Juga: 5 Cara Membangun Jaringan Karier saat Kuliah

2. Rajin Mengikuti Sidang Proposal/Usulan dan Sidang Skripsi

Dengan menjadi peserta sidang usulan atau proposal penelitian dan juga skripsi, kamu bisa mempelajari bagaimana teknik presentasi sidang, bagian mana yang sering menjadi bahan pertanyaan dan bagaimana cara menjawab agar tidak menimbulkan pertanyaan baru.

Hal lain yang bisa didapatkan dengan sering mengikuti sidang adalah bisa tahu karakteristik dosen penguji dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan saat sidang. Kamu juga sekaligus bisa lebih menyiapkan diri untuk menghadapi pertanyaan sidang.

3. Perbanyak Turun Lapangan

Sejatinya ilmu yang baik adalah ilmu yang bermanfaat. Dengan memperbanyak turun ke lapangan, kamu bisa tahu masalah riil yang ada di masyarakat seperti apa dan bagaimana kaitannya dengan bidang keilmuanmu.

4. Topik Skripsi

Topik atau judul skripsi yang kamu pilih sebaiknya adalah topik yang ril, bisa diterapkan solusinya (pemecahan masalah) dan memiliki berdampak pada subjek penelitian kamu. Carilah topik yang sederhana dan dekat dengan permasalahan sehari-hari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.