Berbagai Tipe Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?

RUANGNEGERI.com – Dalam bergaul, kamu pasti punya beberapa tipe teman. Ada yang kutu buku, selebgram, si tukang gosip, si misterius dan lain sebagainya. Dunia perkuliahan pun kaya akan beragam tipe mahasiswa. Kamu akan menemui beragam tipe orang/mahasiswa.

Ada yang rajin kuliah, ada yang cuma datang untuk isi absen, nyetor tugas atau hanya untuk nongkrong. Jika diamati dengan seksama, masih banyak lagi tipe-tipe lain mahasiswa yang bisa kamu temui.

Tipe Mahasiswa Secara Umum

1. Mahasiswa Hedonis

Kata hedonis dan hedon adalah kata yang akan sering kamu dengar di kampus. Mahasiswa hedonis adalah mereka yang mementingkan penampilan. Mereka akan selalu tampil stylish dan up to date.

Kerjanya lebih banyak diisi dengan nongkrong di mal, jalan-jalan, menonton atau pergi ke salon. Pokoknya hidup hanya sekali dan harus dinikmati.

2. Mahasiswa Apatis

Tipe ini gampang ditemukan karena biasanya mereka bersebaran di mana-mana. Mahasiswa bertipe apatis adalah mereka yang cuma peduli dengan dirinya sendiri. Tidak urusan dengan hal-hal yang bukan urusannya.

Kalau ada isu atau peristiwa di kampus, mereka lebih memilih untuk tidak mau tahu. Bagi mereka yang terpenting adalah diri mereka sendiri.

Baca juga: 5 Cara Membangun Jaringan Karier saat Kuliah

3. Mahasiswa Agamis

Mahasiswa tipe ini biasanya aktif dalam berbagai kegiatan keagamaan di kampus. Khusus untuk Islam, saat waktu salat tiba mereka bakal langsung ke masjid untuk beribadah. Waktu luangnya digunakan untuk memperdalam ilmu agama.

Mahasiswa tipe ini bisa membawa pengaruh positif bagi kamu. Kebiasaan mereka untuk salat tepat waktu bisa membuat kamu juga jadi tepat waktu untuk mengerjakan ibadah.

4. Mahasiswa Perfeksionis

Mahasiswa ini adalah tipe pengejar IPK tinggi. Untuk masalah akademik, mereka selalu berusaha seoptimal mungkin untuk mendapat nilai A. Jika mendapat nilai B saja, ia akan menggerutu dan merasa tidak puas dengan dirinya sendiri.

Tidak sedikit dari mereka akan menyalahkan dirinya ketika tidak mendapatkan nilai tertinggi. Selain itu juga sering kepo ke teman-temannya tentang nilai yang mereka dapat lalu mengoreksi apa yang salah dengan dirinya.

Baca juga: Punya Karakter Melankolis? Ketahui Cara Mengoptimalkannya

5. Mahasiswa Aktivitis

Mahasiswa tipe ini biasanya mereka yang sibuk dengan organisasi dan rapat. Rapat organisasi, rapat koordinasi, rapat panitia, penggalangan dana atau merancang program kerja organisasi adalah aktivitas rutin mereka.

Mereka masih tetap kuliah, tapi kadang tidak 100 persen karena sering kali harus bolos untuk mengurusi organisasinya. Mahasiswa dengan tipe ini umumnya lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya, tidak hanya memikirkan dirinya sendiri.

6. Mahasiswa Misterius

Tipe terakhir adalah mahasiswa dengan tipe misterius. Tipe ini agak sulit dikenali karena mungkin kamu dan teman-temanmu tidak sadar sudah bergaul dengan mereka.

Mereka adalah mahasiswa yang tampak biasa datang ke kampus. Tapi gak semua orang tahu aktivitasnya pas di kampus maupun saat di luar kampus. Bisa saja mereka merupakan agen intelijen yang sedang menyamar untuk menjalankan tugas tertentu.

Baca juga: Insecure Setelah Lulus Kuliah? Ini Beberapa Tips Mengatasinya

Tipe Mahasiswa Berdasarkan Aktivitasnya

Selain tipe umum di atas, ada juga tipe mahasiswa berdasarkan aktivitasnya sehari-hari di kampus di antaranya adalah:

1. Mahasiswa Kupu-Kupu (Kuliah pulang, kuliah pulang)

Tipe ini biasanya tergolong ke dalam golongan mahasiswa yang rajin. Mereka sangat jarang titip absen. Tapi begitu kuliah selesai, ia langsung menghilang (baca: pulang).

Mereka jarang dikenal di kampus karena hanya hadir saat kuliah dan langsung pulang setelah kuliah selesai. Beberapa dari tipe ini adalah mereka yang sudah berumah tangga sehingga begitu selesai kuliah, ia harus segera pulang untuk mengurusi anak. 

Terkadang mereka juga ada yang memang sambil bekerja paruh waktu (freelance). Selain kuliah, mereka juga harus bekerja di sela-sela waktu kosong. Mereka harus pintar-pintar membagi waktu dan pikiran untuk kuliah sekaligus bekerja sampingan.

2. Mahasiswa Kuda-Kuda (kuliah dagang, kuliah dagang)

Sesuai dengan namanya, mahasiswa tipe ini sibuk berdagang sesuatu di sela-sela kegiatan perkuliahannya. Terkadang mereka menawarkan produk mereka di jam kuliah kosong atau sebelum memulai perkuliahan.

Mereka punya alasan sendiri untuk berdagang. Ada yang untuk menambah uang saku, ada juga yang melakukannya karena ia membiayai kuliahnya sendiri tanpa mengandalkan kiriman dari orang tuanya.

Baca juga: Punya Karakter Melankolis? Ketahui Cara Mengoptimalkannya

3. Mahasiswa Kura-Kura (kuliah-rapat, kuliah rapat)

Tiada hari tanpa rapat adalah ciri khas mahasiswa tipe ini. Mereka punya jadwal harian yang super sibuk. Habis rapat yang satu lalu beralih ke rapat lainnya. Biasanya catatan kuliah mereka bukan dipenuhi oleh materi kuliah, melainkan agenda dan materi rapat.

4. Mahasiswa Kunang-Kunang (kuliah-nangkring, kuliah-nangkring)

Tipe ini biasanya kenal dekat dengan pemilik kantin atau warkop dekat kampus karena keseringan nangkring. Begitu selesai kuliah atau ada jadwal kosong, ia langsung meluncur ke kantin atau warkop terdekat untuk nongkrong di sana.

Banyak hal yang dilakukan di sana entah itu jajan, minum kopi, ngegosip atau ngecengin kecengan. Mungkin bisa jadi kepuasan tersendiri bagi mereka yang suka mengisi aktivitasnya dengan melakukan hal-hal tersebut.

Baca juga: Tips Buat Fresh Graduate Agar Tidak Lama Menganggur

5. Mahasiswa Kuman-Kuman (kuliah-main, kuliah main)

Serupa tapi tak sama dengan mahasiswa kunang-kunang. Mahasiswa dengan tipe kuman-kuman ini kerjanya lebih banyak main. Begitu selesai kuliah, ia langsung capcus cantik menjelajah tempat-tempat yang ingin ia datangi.

Jangan heran sekalipun ia anak rantau, tapi tahu banyak tempat main yang ada di kota tempat kuliahnya. Sisi positifnya akan banyak pengalaman sekaligus tahu tempat-tempat terpencil sekalipun.

6. Mahasiswa Kucing-Kucing (kuliah-cari-yang-bening)

Mahasiswa tipe ini punya tujuan kedua yang tersembunyi saat ke kampus. Selain mencari ilmu, ia juga mencari seseorang yang akan menjadi jodohnya nanti. Biasanya, postingan di media sosialnya lebih dipenuhi dengan kata-kata cinta alih-alih isu terkini menyangkut bidang studi maupun isu terkini lainnya.

Baca juga: Sukses di Usia Muda dengan Meniti Karier Bidang Digital Marketing

7. Mahasiswa Kumpi-Kumpi (kuliah-rumpi, kuliah-rumpi)

Kumpi-kumpi adalah tipe mahasiswa selalu berkomentar dan membicarakan kekurangan mahasiswa atau staf lain kampus. Mereka tidak pernah ketinggalan gosip terkini yang beredar di lingkungan kampus.

8. Mahasiswa Kusen (kuliah-titip-absen)

Memiliki teman dengan tipe ini adalah salah satu dari teman yang merepotkan. Mereka tidak peduli dengan apa pun selain mengisi daftar hadir. Mereka adalah tipe yang selalu memanfaatkan teman untuk mengisikan daftar hadir untuknya.

9. Mahasiswa Konferensi/Seminar

Mahasiswa ini adalah mahasiswa dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Hari ini ia hadir di kelas, besoknya sudah berada di Dubai untuk mengikuti konferensi perkembangan Ekonomi Islam tingkat dunia.

Hari ini ia presentasi di kelas bersamamu, besoknya ia sudah di Medan untuk menghadiri konferensi peringatan “100 Tahun Si Gale-Gale”. Begitu seterusnya.

Tipe ini lebih banyak ijinnya dari pada masuk kelasnya. Tapi jangan salah, biasanya ia adalah sosok populer di kampus karena sering “jalan-jalan” dan dibiayai. Mahasiswa tipe ini umumnya adalah mahasiswa kesayangan para dosen dan suka dijadikan contoh pada junior-juniornya.

Baca juga: Kepribadian ESTJ yang Logis dan Sistematis

10. Mahasiswa Kue-Kue (kuliah-gawe, kuliah gawe)

Mereka ini adalah tipe ahli manajemen. Kenapa? Karena mereka jago banget membagi waktu dan pikiran antara kuliah dan kerja. Ada yang bekerja sambilan (freelance). Tapi tidak sedikit juga yang merupakan pegawai tetap dan sudah mengantongi ijin atasan untuk berkuliah.

11. Mahasiswa Kutu Kupret

Yang terakhir ini adalah tipe yang paling rajin dan bisa dibilang genius dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya. Satu kelompok dengan mahasiswa tipe ini, tugas kelompok dijamin beres. Di luar jam kuliah, mereka akan mengerjakan tugas kelompoknya. Saat presentasi pun mereka yang akan tampil ke depan untuk mempresentasikan hasilnya.

Wah, banyak juga ya tipe mahasiswa di kampus. Kamu termasuk tipe yang mana? Apa pun tipemu, penting bagimu untuk menghargai dan menikmati setiap proses perkuliahan kamu.

Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin dan galilah potensi dirimu sedalam mungkin. Buatlah cerita yang berkesan untukmu dan orang-orang sekitarmu. Siapa tahu ceritamu bisa menjadi inspirasi bagi yang lain. Who knows?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *