The True Beauty: Standar Kecantikan dan Kecantikan Sesungguhnya

RUANGNEGERI.com The True Beauty merupakan salah satu drama Korea yang sedang tayang di TVN Korea Selatan. Serial yang tayang sejak Desember 2020 lalu telah menayangkan 10 episode pada 14 Januari 2021.

Drama The True Beauty diadaptasi dari Webtoon dengan judul The Secret of Angel karya Yaongyi. Drama ini menceritakan tentang Lim Ju Kyung dengan memiliki wajah yang cenderung tidak sesuai dengan standar kecantikan di Korea Selatan.

Alur cerita yang disajikan di platform webtoon dan serial drama memiliki perbedaan, walaupun tidak signifikan. Cerita pada serial drama merupakan pengembangan cerita di platform Webtoon.

Menurut saya, karya alih wahana seperti komik yang dijadikan serial drama memang harus memiliki perbedaan. Adanya perbedaan tersebut agar penonton merasa surprising.

Baca juga: NKCTHI (2020), Setiap Keluarga Mempunyai Cerita

Sinopsis The True Beauty

Beberapa serial alih wahana biasanya memiliki plot yang terkesan ‘maksa’. Namun, penonton tidak akan menemukan hal seperti itu di dalam serial drama ini. The True Beauty mengisahkan tentang hubungan cinta segitiga antara Lim Ju Kyung, Lee Su Ho, dan Han Seo Jun.

Cerita diawali dengan Ju Kyung yang di-bully oleh teman-teman sekelasnya dengan alasan karena tidak cantik. Dari peristiwa tersebut, Ju Kyung bertekad untuk menjadi cantik. Ia mempelajari cara merias diri dari video Youtube.

Karena suatu hal, Ju Kyung dan keluarganya harus pindah rumah sehingga membuatnya juga harus berpindah sekolah. Kepindahan Ju Kyung dari sekolah lama ke sekolah barunya membuat hidup Lim Ju Kyung berubah.

Di sekolah barunya, Lim Ju Kyung harus berhadapan Lee Su Ho dan Han Seo Jun yang merupakan laki-laki most wanted di sekolah tersebut. Lee Su Ho merupakan seorang berhati dingin sedangkan Han Seo Jun digambarkan sebagai seorang arogan.

Baca juga: Dua Garis Biru (2019), Sentilan Sosial dan Kesadaran Pendidikan Seks

Cerita Ringan yang Dikemas Secara Fun

Tokoh-tokoh pendukung di dalam serial The True Beauty tidak kalah penting dengan tokoh utama. Tokoh pendukung berperan membangun suasana dan membuat drama lebih hidup.

Di beberapa scene, tokoh pendukung menghidupkan suasana cerita dan membuat adegan-adegan lucu. Seperti genk rainbow yang merupakan teman-teman Han Seo Jun. Mereka selalu melakukan hal-hal yang membuat penonton tertawa.

Adegan lain yang tak kalah lucu yaitu antara Choi Soo Ah dan Yoo Tae Hoon. Mereka merupakan pasangan satu kelas dengan Lim Ju Kyung. Cara mereka mengungkapkan perasaan masing-masing terkesan imut dan manja.

Suasana kelas 2-5 di SMA Saebom juga merupakan sumber keceriaan serial ini. Tingkah remaja yang seru dan mewarnai suasana kelas 2-5 di SMA Saebom. Kata-kata yang digunakan ringan dan santai. Kehadiran mereka membuat serial terasa menyenangkan dan tidak membosankan.

Tidak hanya fun, problematika tiap tokoh juga diceritakan. Bagaimana para tokoh strugle dalam kehidupannya. Drama ini juga menyajikan bagaimana para tokoh menghadapinya.

Baca juga: Rotasi dan Revolusi: Kisah Cinta dari Pikiran ke Pikiran

Kehidupan Remaja dan Keresahannya

Serial drama ini memberi penonton banyak insight. Walaupun termasuk drama ringan, The True Beauty sarat akan pesan moral. Drama ini juga secara tidak langsung memperlihatkan realita standar kecantikan di Korea Selatan yang tidak manusiawi.

Nilai-nilai tersebut dimanifestasikan dalam bentuk serial drama. Ju Kyung yang dinilai tidak cantik harus memenuhi standar masyarakat agar dapat diterima. Tapi, dia tidak pernah melihat perempuan lain secara fisik dan menganggap semua perempuan lebih cantik dari dirinya.

Rasa rendah diri yang Ju Kyung rasakan juga dikonstruksi oleh lingkungan sekitarnya. Perempuan dengan paras ‘tidak cantik’ akan di­-bully dan dianggap tidak pantas untuk memiliki kehidupan yang baik.

Ju Kyung adalah representasi dari perempuan dengan standar kecantikan di bawah rata-rata. Ia melakukan berbagai cara masuk akal untuk siswa SMA dengan taraf hidup yang sederhana.

Tidak mungkin untuk Ju Kyung melakukan operasi plastik karena kondisi ekonomi dan keluarganya. Dia dituntut untuk menjadi cantik dan pintar, tapi dia tidak bisa melakukan keduanya sekaligus.

Dalam serial drama ini, ditunjukkan The True Beauty itu tidak hanya soal fisik. Namun juga tingkah laku, hati dan pemikiran.

Tidak hanya Ju Kyung yang memiliki pengalaman pahit. Tokoh utama di serial ini juga memiliki trauma tersendiri yang harus mereka selesaikan. Mulai dari orang tua, kehidupan masa kecil yang belum selesai hingga skandal.

Baca juga: Kota di Balik Tembok, Romantisme dalam Labirin Distopia

Cinta Segitiga dan Persahabatan

Cerita tentang cinta segitiga (atau mungkin segi empat) dan persahabatan sangat jelas menjadi sebagian besar alur di dalam serial ini. The True Beauty mengisahkan how to make a deal (membuat kesepakatan) antara hati dengan hubungan pertemanan.

Cerita seperti ini sangat menarik bagi kebanyakan pecinta drakor (drama Korea). Alurnya cukup padat dan tidak membosankan menjadi kelebihan dari serial drama ini. Drama ini sangat cocok untuk pecinta drakor yang menyukai cerita cinta ringan di masa SMA.

Serial drama The True Beauty dapat ditonton di Viu dan TvN Indonesia. di TvN, serial The True Beauty tayang tiap Rabu dan Kamis. Di Viu, serial ini tayang setiap Kamis dan Jumat.

Delvi Alpha Faliha

Alumnus Sastra Indonesia Universitas Negeri Jember, seorang ekstrover yang canggung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *