Tertarik dengan Karier Bidang Seni? Jangan Minder, Peluang Sukses Sangat Terbuka

RUANGNEGERI.com – Karier dalam bidang seni sering kali masih dianggap remeh oleh sebagian orang karena tidak memiliki target penghasilan pasti.

Padahal, di era serba digital ini, ketika seorang seniman menghasilkan sebuah karya maka bisa ditawarkan kepada konsumen dengan harga yang cukup tinggi.

Memang, mereka tidak terlihat sebagai seorang pekerja keras, tapi ide kreatif yang dihasilkan bisa bernilai mahal. Membutuhkan inspirasi dan daya imajinasi tinggi untuk bisa menghasilkan karya seni yang bagus.

Jika kamu melihat lingkungan sekitar, cukup banyak anak-anak yang dituntut oleh orang tuanya untuk mengejar kemampuan atau prestasi akademik. Sedangkan dirinya sendiri ingin menjadi seorang seniman hebat yang bisa menghasilkan banyak karya.

Beberapa dari mereka harus menghentikan mimpinya hanya untuk mewujudkan keinginan orang tua. Padahal sebenarnya, tidak jarang seseorang yang sukses di karier bidang seni.

Baca juga: Tips Buat Fresh Graduate Agar Tidak Lama Menganggur

Bidang Seni Berpeluang Besar Bagi Anak Muda Kekinian

Menjalankan karier bidang seni saat ini mampu memberikan peluang cukup besar bagi kamu. Terutama untuk anak muda yang masih memiliki kesibukan sekolah atau kuliah tapi berkeinginan untuk memulai usaha.

Bila kamu adalah salah satu orang yang memiliki bakat seni tinggi, tidak menutup kemungkinan bisa sukses melalui bidang ini asalkan bisa membagi waktu dengan baik.

Jika kamu sudah berkeinginan untuk menjadikan karier bidang seni sebagai sampingan, maka harus pandai-pandai mengatur waktu dan prioritas. Terlebih jika kamu masih kuliah. Sebab, membuat sebuah karya membutuhkan cukup banyak waktu agar hasilnya bagus dan memuaskan.

Terdapat banyak ide bisnis dalam bidang seni, salah satu yang saat ini tengah populer adalah make-up artist. Jika kamu memiliki kemampuan dalam urusan tata rias, tidak ada salahnya untuk mencoba karier dalam bidang ini.

Baca juga: Punya Karakter Melankolis? Ketahui Cara Mengoptimalkannya

Peluangnya besar karena kalau sebelumnya make-up artist ini hanya untuk dunia perfilman saja, saat ini yang sudah mulai merambah pada dunia periklanan, fesyen, pernikahan dan lain sebagainya.

Bahkan para selebgram saja sudah banyak yang menyandang sebutan make-up artist karena memiliki kemampuan merias diri dengan hasil bagus. Tapi jangan mengira hanya make-up dengan satu look saja.

Melainkan kamu akan tampak lebih profesional jika memiliki kemampuan berbagai look ditambah dengan menirukan karakter apa pun sehingga dengan cara itu peluang sukses akan semakin besar.

Gagas Ulung (2010) melalui buku berjudul How to be a Make-Up Artist, menyebutkan bahwa seorang artis, make-up wajah ibarat kanvas yang harus dipoles sekreatif dan secantik mungkin.

Ia menambahkan bahwa jika membuat lukisan seniman harus memuat kanvas tersebut berisi gambar dengan penuh makna, sedangkan seorang make-up artist harus membuat wajah seseorang menjadi lebih enak dipandang.

Tentunya untuk bisa mendapatkan membutuhkan trik atau ahli khusus sehingga menghasilkan riasan sempurna atau bahkan pangling. Apabila kamu tidak memiliki kelebihan dalam bidang make-up, mungkin bisa menjalankan beberapa karier bidang seni berikut.

No Karier Seni Bidang Job Desk
1. Arsitek Desain Mendesain rumah agar bisa dijual. Desain arsitek tersebut biasanya dibutuhkan oleh individu maupun usaha perumahan
2. Kartunis Seni Grafis Memunculkan kesan jenaka dengan tujuan mengkritik, menghibur para pembaca
3. Content Creator Seni Grafis Membuat konten berupa gambar video, dan konten lainnya
4. Pemain Gitar Musik Mengiringi dan menciptakan lagu agar bisa didengar dengan enak
5. Dancer Tari Menyusun koreografi agar bisa ditampilkan sesuai irama

Menguasai Dunia Seni Bisa Membuatmu Bermanfaat

Seniman adalah seseorang yang menciptakan banyak ide mendasar ketika berada di tengah masyarakat. Mengapa?

Sebuah buku karya Okot P’bitek (1994) berjudul Artist, the Ruler: Essays on Art, Culture, and Values, memberikan uraiannya. Hal itu karena memiliki kultur pada suatu daerah kemudian menjaganya dengan baik akan sangat membanggakan. Di mana menjadi sebuah identitas atau khas pada wilayah tersebut.

Tidak ada salahnya jika sebagai generasi muda kamu harus menciptakan kultur tersebut. Berhentilah berpikiran sempit soal seni, karena suatu daerah tanpa seni akan terasa hampa. Menjadi pemuda dengan ide baru akan sangat dihargai sebab bisa memunculkan inovasi baru dalam perkembangan.

Sebab hal inilah yang diharapkan bangsa dalam menghadapi era kreatif yang sangat kompetitif. Tidak hanya pintar melainkan kreatif, sehingga harapan besar untuk menuju kehidupan semakin maju dan berkembang.

Baca juga: Quotes Motivasi Sanguinis Membangun Pribadi yang Lebih Berani

Seorang seniman akan selalu dibutuhkan di mana dan kapan pun. Jika kamu tidak bisa melukis maka bisa mencoba seni lain seperti musik. Berkarya dengan musik akan sangat menyenangkan karena di situlah kamu hanya mengandalkan apa yang sedang dipikirkan dan dirasakan kemudian menggabungkannya dengan nada-nada seimbang sehingga enak didengar.

Jika kamu memasuki dunia musik, tidak hanya peluang usaha yang akan didapatkan. Melainkan karya yang selalu diingat oleh semua orang terutama jika isinya mengandung banyak makna.

Meskipun seseorang sudah meninggal dunia, maka karyalah yang tetap hidup di benak semua orang. Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan bagi orang lain misalnya ketika lagu yang kamu ciptakan bagus kemudian di-cover oleh kebanyakan orang, pasti akan menjadi ladang rezeki juga bagi orang tersebut.

Paul Allen (2007) dalam buku berjudul Artist Management for the Music Business, menyatakan bahwa sebagai seorang seniman, pasti ada momen di mana kamu akan merasakan bahwa perlu melakukan peningkatan kualitas sehingga bisa mencapai tujuan yang sudah diimpikan.

Jadi, bukan berarti seorang pecinta seni ini hanya ingin mencari kesenangan saja. Mereka tetap memiliki target di mana dirinya akan terus bekerja keras untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkan.

Baca juga: Mahasiswa Perlu Tahu Peluang Sukses Berkarier di Bidang Budidaya

Mendapatkan Banyak Penghasilan Hanya dari Seni

Mungkin kamu adalah salah satu dari banyak orang  yang bertanya-tanya semudah apa sih mendapatkan penghasilan dan sukses dari dunia seni? Sebelum menjawab, alangkah baiknya untuk bersyukur karena sebenarnya apa pun yang dilakukan oleh manusia akan berhasil jika dilakukan secara bersungguh-sungguh.

Untuk bisa mendapatkan banyak penghasilan di dunia seni adalah mencari nama sebaik mungkin sehingga siapa pun mengenal kamu. Dalam memperkenalkan produk sebaiknya kamu bisa memberikan tawaran ringan agar banyak orang penasaran dengan apa yang sedang dijual ke mereka sebagai konsumen.

Misalnya dengan memberikan harga rendah atau bonus gratis ketika mencapai target yang telah ditentukan.

Selain itu, sebagai pengajar seni kamu tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan saja, melainkan manfaat karena memberikan ilmu kepada banyak orang generasi maju. Mengajar dengan membuat sebuah produk pasti akan menyenangkan dan tidak terlalu beban untuk menghadapinya.

Sudah banyak orang sukses dengan cara menciptakan sebuah karya dan tetap berkontribusi untuk menyampaikan ilmu seni agar tidak ada satu orang pun yang berhenti bermimpi. Terutama karena bidang seni ini masih sering dianggap ‘remeh’ oleh sebagian orang.

Tenang saja, tidak perlu khawatir karena suatu saat nanti banyak yang akan menyukai hasil karyamu. Memang tidak mudah, tapi sebagai seniman sejati pasti akan terus memberikan yang terbaik untuk semua orang. Jadilah generasi yang tidak melupakan seni, karena seni akan senantiasa dibutuhkan sepanjang masa.

Shara Nurrahmi

Guru dan Penulis, alumnus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *