Susah Memahami Jurnal? Mahasiwa Baru, Ini Tips Agar Terbiasa Membaca Jurnal

  • Whatsapp
Ilustrasi mahasiswa sedang membaca jurnal
Ilustrasi mahasiswa sedang membaca jurnal./Unsplash.com/Avel Chuklanov

RUANGNEGERI.com – Menjadi seorang mahasiswa baru merupakan suatu perubahan dalam hidup kamu. Kamu akan mulai merasakan kehidupan sebagai orang dewasa. Hal ini dapat kamu rasakan mulai dari hal yang paling sederhana, mulai dari cara berpakaian hingga cara belajar.

Sebagai mahasiswa baru, terdapat banyak hal yang harus kamu lakukan sebagai upaya adaptasi. Jika pada zaman sekolah kamu terbiasa untuk membaca buku pelajaran dari penerbit dalam negeri, maka ketika kuliah kamu harus membiasakan diri untuk membaca buku-buku terjemahan. Bahkan tak jarang kamu harus membaca dan mengutip buku bahasa asing.

Selain buku, kamu juga harus membiasakan diri kamu membaca jurnal. Baik jurnal berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris. Membaca jurnal tidak seperti membaca buku atau skripsi. Penulisan jurnal yang singkat, padat dan to the point terkadang memerlukan pemahaman khusus agar kamu bisa memahaminya.

Sebelumnya kamu perlu tau dulu apa itu jurnal dan perbedaannya dengan berbagai karya tulis lainnya.

Baca Juga: Menjadi Asisten Dosen? Siapa Takut

Pengertian Jurnal

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnal merupakan majalah yang khusus memuat berbagai artikel tentang suatu bidang keilmuan tertentu. Isi jurnal sendiri merupakan tulisan dari orang-orang yang kompeten dalam bidangnya dan membahas tentang berbagai isu yang tengah terjadi. Jurnal sendiri diterbitkan oleh suatu instansi atau lembaga tertentu.

Supaya sebuah tulisan dapat muncul dalam jurnal, tulisan tersebut harus melalui proses review dan penilaian oleh para pakar bidang tersebut. Karena itulah, ketika suatu tulisan berhasil lolos maka tulisan/penelitian tersebut layak dan berkualitas baik. Penulis artikel dalam jurnal dapat terdiri dari perorangan ataupun kelompok.

Beda Jurnal Dengan Skripsi dan Karya Ilmiah

Jurnal biasanya lebih sederhana dan singkat. Jurnal hanya memuat bagian-bagian penting dari suatu penelitian. Berbeda dengan skripsi yang harus memuat penelitian secara lengkap. Karena itulah sebuah penelitian hanya terdiri dari 6 – 8 halaman dalam sebuah jurnal.

Adapun perbedaan jurnal dengan karya ilmiah lainnya ialah artikel merupakan sebuah tulisan dengan tujuan untuk memberikan informasi menyangkut suatu topik tertentu berdasarkan pada fakta-fakta yang ada. Sedangkan jurnal merupakan tulisan yang berisikan berbagai artikel menyangkut suatu topik tertentu dan terbit secara periodik.

Baca Juga: Jurnal Internasional Ternyata Bisa Kamu Dapatkan di Situs Ini, Mahasiswa Wajib Tahu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *