Sukses di Usia Muda dengan Meniti Karier Bidang Digital Marketing

RUANGNEGERI.com – Karir bidang pemasaran atau marketing saat ini sudah banyak dijadikan ladang penghasilan oleh sebagian besar anak muda. Baik  masih sekolah, kuliah maupun para pekerja yang mengenal dunia digital dengan baik.

Lantas, apa kaitannya dengan teknologi digital? Semua kegiatan manusia termasuk transaksi, belanja dan lain-lain pada zaman sekarang sudah dipermudah hanya menggunakan smartphone saja.

Dengan begitu, siapapun terutama kamu sebagai anak muda pasti bisa masuk memulai karir satu ini.

Salah satu alasan banyak pemuda meniti karir bidang digital marketing adalah karena semua bisnis pasti akan masuk ke dalam urusan pemasaran. Jadi, bisa kamu bayangkan betapa besar peluangnya untuk meraih kesuksesan dalam waktu singkat.

Inilah cara jitu bagi anak muda yang maunya semua keinginan didapatkan dengan instan, tapi pastinya tetap membutuhkan kerja keras dan kesungguhan.

BACA JUGA: Tertarik dengan Karier Bidang Seni? Jangan Minder, Peluang Sukses Sangat Terbuka

Menekuni Bidang Marketing Bisa Menjadikan Kamu Kaya

Siapa sih yang tidak mau semua keinginan dapat tercapai dengan menggunakan hasil kerja keras pribadi tanpa diberi sedikitpun dengan orang tua?

Menggunakan penghasilan sendiri tentu jauh lebih membanggakan dari pada harus meminta. Itulah yang dipikirkan oleh hampir semua mahasiswa yang saat ini masih memiliki usia muda.

Marketing merupakan salah satu usaha paling ringan karena memiliki sifat fleksibel. Adanya teknologi canggih seperti smartphone dengan segala perangkat dan fiturnya dapat membuat kamu sebagai pengusaha muda bisa dengan mudah menjalankan karir bidang marketing dari manapun dan kapanpun.

Para pengusaha muda yang sukses saat ini banyak yang merintis sejak awal ketika dirinya masih kuliah. Hal ini tidak menjadi mustahil karena ide-ide akan muncul ketika memiliki banyak keinginan.

Tapi perlu kalian ingat, pasti dalam bidang ini akan menemukan banyak saingan bahkan teman sendiri yang menawarkan produk dan jasa sama.

Meskipun kamu masih mahasiswa yang pastinya tidak memiliki banyak waktu, kamu tetap bisa meng-handle dengan menyesuaikan jadwal kuliah dengan kesibukan lainnya.

Syafree Muhammad (2008) dalam buku berjudul Menjadi Kaya Selagi Mahasiswa, menegaskan bahwa kamu harus memiliki sistem manajemen bagus. Terutama manajemen waktu yang umunya membuat mahasiswa tidak lalai dalam kewajiban utamanya dalam menuntut ilmu.

Nah, untuk menyiapkan kesuksesan di usia masih belia wajib diketahui bahwa mahasiswa kaya tidak melulu karena memiliki nominal deposito cukup besar, punya rumah dan mobil serta bisa bersenang-senang tanpa meminta uang kepada orang tua.

Akan tetapi, seorang mahasiswa kaya adalah ia yang mampu berbagi dengan sesama terutama siapapun ketika sedang kesusahan.

Jika kamu memberikan target pada diri sendiri karena supaya memiliki kekayaan sama dengan orang lain, maka sudah dapat dipastikan bahwa dalam berkarir tidak merasa bahagia.

Bukan berarti tidak ingin memiliki banyak hal yang diinginkan. Namun, jika target kekayaanmu saja adalah kepemilikan atau kekayaan orang lain maka akibatnya adalah kamu tidak akan merasa cukup dan lupa caranya bersyukur.

Jadi, akan lebih baik jika target kekayaanmu dalam bentuk segala kebutuhan yang terpenuhi, dapat membantu dan menyenangkan orang lain, serta selalu merasa cukup. Bukan hanya memiliki kemewahan mobil, rumah, dan baju bagus saja.

BACA JUGA: Sejumlah Peluang Kerja Buat Kamu yang Ingin Berkarier di Bidang Humaniora

Menjadi Mahasiswa yang Siap Memasuki Persaingan Nasional dan Global

Kebanyakan dari sarjana atau mahasiswa fresh graduate sering kali dibuat bingung dengan jenis pekerjaan apa yang nantinya akan dimasuki setelah keluluasan.

Nah, untuk memberikan salah satu dari banyak solusi maka bisa dengan memulai usaha sendiri serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi siapapun yang membutuhkan.

Ahman Sutardi & Endang Budiasih (2010) dalam buku Mahasiswa Tidak Memble, mengingatkan bahwa banyak anak-anak yang terpaksa menghentikan pendidikannya di tingkat menengah pertama atau paling tinggi di menengah atas. Mengapa?

Alasannya terdapat berbagai faktor, di antaranya adalah keterbatasan perekonomian keluarga. Akibatnya orang tua tidak mampu membiayai dan kemampuan berpikirnya yang hanya bisa sampai di tingkat itu saja.

Nah, sedangkan kamu sebagai mahasiswa diberi keberuntungan untuk bisa melanjutkan kuliah.

Meskipun sebenarnya kesuksesan dari bisnis tidak hanya didapatkan oleh seorang sarjana. Akan tetapi kelebihan dalam hal banyaknya pengetahuan dan luasnya jangkauan pertemanan, maka tentu saja hal itu akan semakin memberikan nilai plus dalam mengembangkan usaha.

Lalu, apa saja sih macam-macam pekerjaan yang cocok untuk memulai karir bidang marketing di era digital saat ini?

 

No Pekerjaan Penjelasan Fungsi
1. Content Writer Bagian blog sebagai strategi marketing pada website sebuah produk merupakan karya seorang content writer untuk. Menunjang pekerjaan marketing dalam melakukan promosi sebuah produk.
2. Product Owner Seorang product owner harus bisa berinovasi supaya konsumen dapat menemukan fitur atau informasi lainnya yang dapat mendukung proses transaksi. Menjalankan kerja sama dengan tim bisnis dalam mengembangkan sebuah produk yang telah dipilih untuk dikelola.
3. Graphic Designer Menciptakan desain graphic menggunakan software pada PC. Membuat bahan promosi semenarik mungkin, baik di media digital maupun cetak.
4. Social Media Specialist Menghandle berbagai macam social media untuk melakukan pemasaran atau promosi. Dapat menjangkau lebih banyak konsumen secara luas.
5. Account Executive/Manager Dipercaya oleh perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan klien. Mendapat banyak partner bisnis yang dapat mendorong sebuah perusahaan.

Menjaga Citra Usaha Ketika Menjalankan Karir Bidang Marketing

Seiring berjalannya waktu, dalam menjalankan usaha pasti semakin banyak pesaing memiliki keunggulan lebih dibandingkan bisnis kamu yang sudah lebih dulu membuka.

Mungkin jika dilihat dari jumlah konsumen kamu lebih banyak. Tapi, tidak menutup kemungkinan jika dirimu kurang peka dengan perkembangan bisnis maka konsumen akan berpaling ke tempat lain yang serupa dengan produk atau jasa milikmu.

Dini Salmiyah Fithrah Ali (2017) dalam bukunya berjudul Marketing Public Relations: Di antara Penjualan dan Pencitraan, menyebutkan bahwa kompetisi semakin lama semakin ketat. Hal itu tentu saja menuntut para pelaku usaha untuk selalu mengembangkan ide kreatifnya.

Misalnya dengan memanfaatkan adanya media internet yang mampu memberikan pelayanan terbaik sehingga berpeluang besar untuk mencapai kata berhasil.

Keberhasilan ini akan menjadi tolak ukur kamu dalam menuju kesuksesan bisnis. Tidak hanya dengan hasil jasa maupun produk saja, melainkan dari pelayanan customer harus ramah dan memuaskan.

Memang perkembangan dalam bisnis tidak bisa hanya puas dengan apa yang sudah dicapai saat itu saja. Tentunya kamu sebagai anak muda masih memiliki ambisi cukup besar agar mendapatkan apa yang kamu mau.

Semua itu bisa dengan mudah didapatkan asalkan terus mencari hal-hal baru dimana anak usia muda pasti masih memiliki tingkat kreativitas cukup tinggi. Terus semangat dan jadilah penerus bangsa yang mampu bersaing di ranah nasional maupun dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *