Mendeley, Aplikasi Penunjang Kamu Menyusun Skripsi

  • Whatsapp
Ilustrasi mahasiswa yang mengerjakan skripsi menggunakan aplikasi mendeley.
Ilustrasi mahasiswa yang mengerjakan skripsi menggunakan aplikasi mendeley./Pexels.com/Andrea Piacquadio

RUANGNEGERI.com – Aplikasi Mendeley, bagi kamu yang tengah menyusun skripsi, tesis atau bahkan disertasi mungkin familiar dengan kata ini. Tapi bagi kamu, mahasiswa yang masih berada di tingkat 4 atau lebih bawah lagi mungkin kata ini terdengar asing bagimu.

Perkembangan teknologi telah sangat memanjakan manusia. Tidak hanya dalam masalah pekerjaan professional. Begitu juga dalam menempuh pendidikan dan mengerjakan berbagai tugas kuliah, termasuk menyusun karya tulis (baca : skripsi).

Bacaan Lainnya

Biasanya ketika menyusun skripsi, kamu sibuk dengan menyusun fenomena yang menjadi latar belakang masalah penelitianmu. Kemudian kamu sibuk menyusun landasan teori untuk membangun kerangka berpikir ilmiah yang kamu ajukan. Tidak sampai situ saja, kamu pun harus menyiapkan dan mengajukan alat analisis dan metode penelitian yang sering menjadi sasaran empuk bagi dosen penguji saat ujian.

Hal-hal yang demikian membuat kamu sering luput dari persoalan teknis penyusunan karya tulis. Salah satu yang paling sering luput adalah penulisan daftar pustaka. Karena berbagai alasan, terkadang ada beberapa sumber yang menjadi kutipanmu yang lupa kamu munculkan pada daftar pustaka. Ini tentunya akan menjadi koreksi atau pertanyaan ketika kamu sidang.

Baca Juga: Rumor Skripsi Sulit dan Kurang Menyenangkan

Tapi jangan khawatir, perkembangan teknologi akan membuatmu meminimalisir kesalahan ini. Melalui aplikasi Mendeley, kamu akan dengan mudah mengatasi masalah ini.

Apa itu Mendeley

Mendeley merupakan sebuah software yang memiliki fungsi dan tujuan untuk mengelola sumber referensi dari sebuah karya tulis. Sebagaimana kita ketahui bahwa penulisan karya tulis ilmiah harus memuat bukti rujukan yang valid. Dalam menulisnya pun memiliki kaidah tertentu. Kamu tidak boleh asal saja menulis sumber referensi yang menjadi rujukanmu dalam menulis sebuah karya tulis ilmiah.

Elseveir merupakan pengembang yang mengembangkan software ini. tujuan pengembangannya ialah memudahkan para akademisi dan mahasiswa untuk mengatur referensi. Adapun tujuan lainnya adalah menghindari penulis dari kesalahan lupa mencantumkan daftar rujukan tertentu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.