Celah Dalam Skripsi Yang Biasa Menjadi Sumber Bantaian Dosen

  • Whatsapp
Ilustrasi sidang skripsi
Ilustrasi sidang skripsi./Pexels.com/mentatdgt

RUANGNEGERI.com – Inilah celah dalam skrispi yang biasa menjadi sumber bantaian dosen saat sedang menguji mahasiswa yang sidang. Mahasiswa harap berhati-hati dengan celah yang dipaparkan berikut ini.

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, menyusun skripsi dan mempertanggungjawabkannya (baca : sidang) merupakan momen yang menakutkan. Setelah kamu bersusah-susah untuk menyusun karya tulis tersebut, tahap selanjutnya adalah mempertanggungjawabkan karya tulis tersebut.

Bacaan Lainnya

Selain pemahaman tentang bidang ilmu yang kamu pelajari sekaligus penelitian yang kamu kerjakan, kamu pun harus menguasai teknik menulis yang baik. Hal ini penting, agar tidak ada celah dalam skripsi yang bisa menjadi sumber “bantaian” dari dosen penguji.

Jika kamu sering melihat sidang skripsi dari senior atau teman seangkatanmu, kamu akan menemukan beberapa poin yang sering menjadi pertanyaan dari dosen penguji. Dengan pengamatan tersebut, kamu akan dapat menyiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi sidang.

Bagi kamu yang masih galau dan takut untuk menghadapi sidang, berikut beberapa bagian dari skripsimu yang harus kamu kuasai karena sering menjadi pertanyaan dosen penguji:

Baca Juga: Mendeley, Aplikasi Penunjang Kamu Menyusun Skripsi

Latar Belakang

Latar belakang masalah merupakan bagian penting dari sebuah penelitian. Kamu harus mampu menceritakan dengan ringkas namun detail alasan yang melatarbelakangi kamu melakukan penelitian.

Bagian ini mungkin telah kamu bahas Bersama dengan dosen pembimbing saat pengajuan judul ataupun saat kamu sidang usulan penelitian. Namun terkadang dosen penguji ingin menguji kembali seberapa lugas dan cakap kamu dalam menggambarkan suatu fenomena. Karena itulah kamu harus menguasai betul fenomena masalah yang menjadi motif kamu melakukan penelitian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.