Skripsi Molor Bikin Badmood, Ini Tipsnya Biar Kamu Tetap Semangat

  • Whatsapp
Wisuda setelah menyelesaikan skripsi

Rutin Berkomunikasi dengan Dosen Pembimbing

Bagi mahasiswa tingkat akhir, dosen pembimbing ibarat seperti orang tua. Tempatkan dan perlakukan dosen pembimbingmu sebagaimana orang tuamu sendiri. Jangan sungkan untuk bertanya dan mengutarakan apa yang menjadi kendalamu dalam menyelesaikan skripsi.

Bacaan Lainnya

Sebagai seorang pembimbing, dosen pembimbingmu akan dengan senang hati membantumu. Tapi jangan lupa untuk tetap berlaku sopan sekalipun kamu dan dosen pembimbingmu dekat.

Melalui sikap rutin berkomunikasi, dosen pembimbing akan memberimu target untuk kemajuan pengerjaan skripsimu. Hal ini tentu saja akan memaksamu untuk menyelesaikan skripsimu dengan cepat. Ketika skripsimu molor, dosen pembimbing akan semakin sering bertanya tentang perkembangan skripsimu sehingga kamu akan bisa mengejar ketertinggalanmu.

Tapi ketika skripsimu molor dan kamu memilih untuk menghindar dari dosen pembimbing, maka skripsimu akan semakin molor. Oleh karena itu, kamu harus tetap rutin berkomunikasi dengan dosen pembimbingmu sekalipun skripsimu molor.

Tahan Keinginan Untuk Hangout Demi Skripsi

Masa menyusun skripsi sebenarnya merupakan masa-masa yang sibuk. Tapi karena tidak terikat dengan waktu, maka masa penyusunan skripsi terasa seperti masa kuliah yang luang. Apalagi kalau kamu adalah tipe mahasiswa yang suka nongkrong di kafe atau bertualang mencari tempat bagus untuk selfie. Bebasnya waktu untuk melakukan hal-hal tersebut kadang bisa membuatmu lupa waktu.

Ketika kamu sibuk melakukan hobimu, tak terasa kamu telah menghabiskan waktu hampir setengah semester. Apalagi ketika skripsi molor, beberapa temanmu sudah wisuda, kamu akan merasa asing di kampus dan menenggelamkan diri dalam hobimu.

Baca Juga: Mariposa: Kupu-kupu yang Sulit Digapai

Jika kamu adalah mahasiswa dengan tipe seperti itu, kamu harus cepat merubahnya. Tahan keinginanmu untuk hangout selama beberapa waktu tertentu. Fokuslah dulu pada pengerjaan skripsi. Jangan mudah terganggu atau tergoda untuk menghabiskan waktu berjam-jam mengerjakan sesuatu yang tidak berhubungan dengan skripsi.

Datanglah Ketika Ada Undangan Wisuda

Kadang ada rasa sungkan atau malu untuk datang ke undangan wisuda. Apalagi undangan wisuda dari teman seangkatan. Kamu akan berpikir bahwa ketika datang, kamu akan ditanya tentang dirimu sendiri, bagaimana skripsimu dan kapan kamu akan menyusul (wisuda). Hal ini tentu saja akan membuatmu merasa tidak nyaman.

Tapi percayalah, rasa tidak nyaman ini perlu untuk kamu rasakan agar kamu tidak terlena dan skripsimu semakin molor. Selain itu, dengan datang ke acara wisuda akan timbul keinginan untuk segera wisuda juga. Ketika kembali ke rumah nanti, kamu harus tetap menjaga keinginan itu agar menjadi cambukan bagimu segera menyelesaikan skripsimu.

Rajin Beribadah

Selain berupaya yang terbaik, kamu pun harus menjaga hubungan dengan-Nya. Perbanyaklah berdoa meminta agar segala urusanmu dimudahkan. Dengan rajin beribadah, kamu akan mendapat energi positif yang dapat menjadi motivasimu untuk segera menyelesaikan skripsi. Selain itu, dengan rajin beribadah secara tidak langsung kamu akan belajar manajemen waktu. Karena ketika waktunya beribadah, kamu beribadah. Waktunya belajar, kamu akan belajar. Begitu seterusnya sehingga secara tidak langsung disiplin diri pun akan terbentuk.

Demikianlah beberapa tips untuk kamu yang pengerjaan skripsinya molor. Jangan jadikan keterlambatanmu sebagai alasan kamu semakin terlambat dan tenggelam. Justru kamu harus menjadikan ini sebagai alasanmu untuk lebih bersemangat menyelesaikan skripsimu.

 

Editor: Delvi Alpha Faliha

Disunting: 7 Desember 2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.