Skill Penting Ini Harus Dipelajari Saat Kuliah, Jangan Terlewat!

  • Whatsapp
Ilustrasi skill mahasiswa
Ilustrasi salah satu skill mahasiswa yang harus dimiliki./Pixabay.com/StockSnap

RUANGNEGERI.comSkill penting harus dipelajari saat kalian kuliah, jangan sampai terlewat. Dunia perkuliahan berbeda dengan dunia sekolahan. Dalam dunia perkuliahan, kamu bebas untuk menentukan apa yang “ingin” dan “tidak ingin” kamu lakukan. Kontrol dari kampus juga nyaris tidak ada, berbeda dengan saat sekolah.

Sebagai contoh, saat SMA kalau kamu bolos, guru akan menghubungi orang tuamu dan melaporkannya. Itu adalah hal yang tidak akan dilakukan seorang dosen. Meski kamu bolos selama satu semester sekali pun, dosen tidak akan mengadukanmu ke orang tuamu.

Tapi setiap perilaku ada konsekuensinya, kan? Dan kamu harus bertanggung jawab dengan konsekuensi itu. Nilai semestermu akan anjlok. Beberapa kampus mengirim transkrip nilai ke rumahmu. Nah, saat itulah perilaku nakalmu akan ketahuan.

Perbedaan dunia kampus dan sekolahan

Kampus adalah simbol peradaban dan kebebasan. Jika di sekolah kamu akan diarahkan untuk mengerjakan sesuatu dengan metode dan cara tertentu, tidak dengan di kampus. Kamu bebas untuk mengerjakan segala hal dengan metode dan caramu sendiri. Selama hal itu tidak melanggar aturan kampus ya.

Kebebasan yang kamu miliki, membuatmu bebas untuk mengatur waktu. Tapi ingat, waktu adalah pedang bermata dua. Di satu sisi ia bisa membawa keberuntungan padamu. Tapi jika kamu tidak pandai memakainya, ia akan melukaimu.

Baca Juga: 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pebisnis Pemula

Ini Skill yang Harus Kamu Pelajari Selama Kuliah

Tahukah kamu, saat kamu lulus dan masuk ke dunia kerja, IPK bukanlah segalanya. IPK kamu bukanlah satu-satunya jaminan kamu langsung bekerja. Dunia kerja adalah dunia praktek. Dunia dimana kamu harus menunjukkan skillmu, apakah kamu mampu bekerja atau tidak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *