Penggunaan Robot di Dunia Pertanian, Apakah Petani Akan Tergantikan?

  • Whatsapp
Robot di Dunia Pertanian, Apakah Petani Tergantikan?
Sumber: Freepik.com/@giggsy25

RUANGNEGERI.com – Robot yang dapat melaksanakan berbagai fungsi kerja secara otomatis saat ini telah banyak ditemukan. Hal itu dapat membantu memudahkan manusia dalam berbagai aspek termasuk urusan pertanian.

Peran robot dalam membantu manusia banyak dinilai sangat efektif dan efisien. Mulai dari dunia medis, forensik, pekerjaan kantor, produksi hingga perawatan rumah pun banyak yang memanfaatkan pengembangan teknologi berupa robot seperti itu.

Bacaan Lainnya

Walau dalam beberapa bidang juga masih menuai pro dan kontra untuk penggunaannya, robot yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan akan terus diteliti dan dikembangkan untuk bidang-bidang yang memang sudah mengembangkannya.

Hal itu membuat pengembangan robot semakin gencar dilakukan karena manfaatnya yang diklaim telah banyak memudahkan manusia. Tulisan kali ini adalah membahas peran robot dalam dunia pertanian.

Bisakah urusan bertani juga bisa diringankan dengan keberadaan robot pintar yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI)? Bagaimana robot di dunia pertanian itu dikembangkan, dan bagaimana peran petani ke depannya?

Baca juga: Pengobatan Kanker dengan Teknologi dan Cara Alami

Manfaat Robot dalam Dunia Pertanian

Robot dalam dunia pertanian sudah dikembangkan sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan penggunaannya pun kini terus meningkat di berbagai negara. Generasi pertama robot dalam dunia pertanian adalah pengembangan traktor yang dilengkapi dengan teknologi komputerisasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *