Punya Karakter Melankolis? Ketahui Cara Mengoptimalkannya

  • Whatsapp
Punya Karakter Melankolis? Ketahui Cara Mengoptimalkannya - Pria Berpikir
Sumber: Unsplash/Icons8 Team

Motivasi Orang Melankolis adalah Ketelitian

Sebagaimana disebutkan oleh Malahayati (2010) dalam buku berjudul Super Teens: Jadi Remaja Luar Biasa dengan Kebiasaan Efektif, bahwa hal yang membuat motivasi melankolis dalam bekerja adalah mencapai suatu hasil yang sempurna.

Semangatnya begitu tinggi untuk mengejar kesempurnaan. Orang dengan tipe melankolis ini cenderung bisa diandalkan dalam sebuah tim untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan detail.

Bacaan Lainnya

Keunggulan ini patut diacungi jempol. Pemikirannya cenderung panjang dan selalu mengantisipasi adanya kemungkinan potensi masalah atau kesalahan. Apabila dalam sebuah pekerjaan terdapat sebuah proyek, tentunya dalam setiap tim butuh tipe melankolis untuk mengantisipasi adanya kekeliruan kerja.

Baca juga: Pingin Kuliahmu Tak Sia-Sia? Lakukan Hal-Hal Ini!

Motivasi perfeksionis tidak hanya ketika dihadapkan tugas individu atau perorangan. Ketika bekerja dalam suatu tim pun menginginkan hasil kerja kelompoknya sempurna.

Kejelian dan kedisiplinannya sudah tak diragukan lagi bagi rekan kerjanya. Bahkan, rekannya menganggap jenius si tipe melankolis tersebut. Tim yang mendapatkan rekan melankolis akan merasa beruntung karena bisa dianggap sebagai penyelamat jika ada kesalahan. Jika terdapat kesalahan, tipe melankolis biasanya lebih cepat tanggap dari pada tipe lainnya.

Segala pekerjaan disusun dengan rapi dan jeli. Tak heran jika segala hal yang dimilikinya serba rapi. Jika iseng ingin menemui teman dengan tipe melankolis, datangi kamarnya.

Hampir dipastikan akan tampak rapi. Tidak hanya arsip kerjanya saja yang tersusun rapi, namun kehidupan sehari-harinya juga mengikuti.

Baca juga: Alasan Mengapa Kamu Perlu Ikut Organisasi Kampus

Tipe Kepribadian Melankolis Sangat Bisa Sukses

Florence Littauer (2015) menyebutkan bahwa tipe melankolis yang selalu mengejar sempurna membawanya berpikiran analitis dan kreatif. Mengambil sebuah keputusan atau suatu pekerjaan selalu didasarkan dengan data atau fakta yang konkret.

Melankolis disebutnya tidak ingin bekerja sembarangan dengan data yang tidak akurat dan tidak jelas validitasnya. Oleh sebab itulah, seorang tipe melankolis lebih teoritis dan kritis. Kekritisannya ini membuat setiap analisis yang diungkapkannya cenderung tepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar