Punya Karakter Melankolis? Ketahui Cara Mengoptimalkannya

  • Whatsapp
Punya Karakter Melankolis? Ketahui Cara Mengoptimalkannya - Pria Berpikir
Sumber: Unsplash/Icons8 Team

RUANGNEGERI.com – Karakter dan motivasi umum dari seorang melankolis (perfeksionis) bisa datang dari setiap kesempatan yang ada di hadapannya. Setiap pekerjaan akan digarap dengan telaten hingga menghasilkan pencapaian yang sempurna.

Rasa lega akan diperoleh ketika hasil pekerjaannya telah sempurna. Oleh sebab itu melankolis sering kali dijuluki sebagai “si perfeksionis”. Mengapa? Florence Littauer (2015) dalam buku berjudul Your Personality Tree: Lejitkan Potensi dengan Memahami Kepribadian Anda, menyebutkan bahwa hal itu disebabkan oleh karakter melankolis yang memang cenderung memiliki target hasil maksimal

Bacaan Lainnya

Setiap pekerjaan akan dikerjakannya dengan telaten hingga menghasilkan pencapaian yang sempurna. Rasa lega akan diperoleh ketika hasil pekerjaannya telah sempurna. Oleh sebab itulah melankolis sering kali dijuluki “si perfeksionis”.

Akibat sifatnya yang selalu ingin menghasilkan capaian yang sempurna inilah yang menimbulkan pemikiran luar biasa. Pemikirannya pun lebih panjang, sehingga terkesan jenius yang menjadi ciri khasnya.

Baca juga: Insecure Setelah Lulus Kuliah? Ini Beberapa Tips Mengatasinya

Seorang melankolis tidak akan mengerjakan secara asal-asalan. Dapat dikatakan jika seorang melankolis adalah pengejar kesempurnaan. Motivasi melankolis si perfeksionis inilah yang menyebabkan rasa tak ingin ada kesalahan dan ingin menghasilkan yang terbaik.

Tentu pemikiran melankolis si perfeksionis ini terkadang membuat pekerjaan yang digarap dalam waktu yang lebih lama dari pada rekan kerjanya yang lain. Apabila suatu pekerjaannya lama selesai, ini bukan berarti malas bekerja.

Hal ini terjadi justru dikarenakan keinginannya mengerjakan secara sempurna, ekspektasi tinggi, pemikiran panjang, teliti, dan ingin tak ada kesalahan. Seorang yang bertipe melankolis cukup dipercaya dan diandalkan akan hasil kerjanya. Namun hal yang menjadi persoalan orang melankolis ini adalah sering merasa tertekan dan mudah stres akibat mengejar kesempurnaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar