Program Kampus yang Menunjang Kamu di Dunia Kerja, Wajib Ikutan!

  • Whatsapp
Ilustrasi program kampus
Ilustrasi program kampus yang wajib diikuti mahasiswa, bisa menunjang karier ke depan./Pexels.com/ThisIsEngineering

Memperluas relasi dan pertemanan

Relasi dan pertemanan memiliki peranan penting dalam dunia kerja saat ini. Melalui program internship ini, kamu dapat memanfaatkan kesempatan untuk memperluas relasimu. Jalinlah pertemanan dengan orang-orang penting dan orang-orang yang memiliki banyak pengalaman kerja agar kamu bisa banyak belajar dari mereka.

Memahami etika dan budaya dalam dunia kerja

Sekalipun sedikit banyak kamu sudah belajar tentang etika dan budaya dalam dunia kerja di bangku kuliah, praktek yang ada di lapangan tetap saja sedikit berbeda. Dunia kerja berbeda dengan dunia kuliah (belajar).

Ketika kamu mengikuti program ini, kamu akan memperoleh gambaran mengenai dunia kerja. Kamu pun akan memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam dunia kerja. Setelah menjalani program, nantinya kamu tidak akan kaget ketika terjun di dunia kerja profesional.

Membuka kesempatan belajar dari mentor atau profesional

Ketika kamu berada dalam program ini, kamu akan terjun langsung ke dunia industri dan profesional. Oleh karena itu kamu berkesempatan untuk belajar langsung dari para profesional. Hal ini tentu saja akan menambah pengetahuan dan ketrampilanmu.

Dengan demikian kamu akan menjadi lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. Selain itu dengan ketrampilan yang kamu miliki, nilai jualmu akan menjadi lebih tinggi dan memancing banyak perusahaan untuk merekrutmu.

Baca Juga: Berbagai Tipe Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?

Student Exchange Program

Student exchange program atau program pertukaran pelajar merupakan sebuah program bagi para mahasiswa untuk belajar di luar negeri dalam jangka waktu tertentu. Program ini bertujuan agar para mahasiswa menjadi lebih aware terhadap perkembangan dan perubahan yang tengah terjadi.

Melalui program ini, Pemerintah berharap untuk memiliki generasi muda yang memiliki pandangan, pola pikir, ketrampilan dan kemampuan yang bisa bersaing secara global. Sedangkan bagi kamu, kamu juga akan mengenal lebih jauh tentang budaya negara lain, mengetahui dan mengikuti perkembangan terbaru bidang studi yang sedang kamu pelajari dan memberikan sudut pandang baru bagi kamu.

Manfaat Student Exchange Program

Beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh dengan mengikuti program ini adalah:

Menambah keluarga

Biasanya mahasiswa yang mengikuti program ini tinggal dengan host family. Host family ini akan menjadi keluarga sementara selama mahasiswa belajar di negara tersebut. Nah, bagi kamu yang mengikuti program ini berarti kamu akan memiliki keluarga baru yang berasal dari negara lain.

Baca Juga: Belajar untuk Memulai Karier Bidang Sosial, Mahasiswa Harus Tahu!

Mempelajari bahasa baru

Ibarat kata pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Selain kamu akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman, kamu juga akan memperoleh kemampuan berbahasa negara di negara yang kamu tuju.

Kemampuan ini akan sangat berguna dan menjadi pertimbangan HRD ketika kamu melamar kerja nantinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.