Program Kampus yang Menunjang Kamu di Dunia Kerja, Wajib Ikutan!

  • Whatsapp
Ilustrasi program kampus
Ilustrasi program kampus yang wajib diikuti mahasiswa, bisa menunjang karier ke depan./Pexels.com/ThisIsEngineering

RUANGNEGERI.com – Program kampus berikut ini penting untuk diikuti karena bisa menunjang kariermu nantinya. Melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi membuat kesempatan kamu untuk mewujudkan cita-citamu semakin terbuka. Kampus sebagai lembaga pendidikan tertinggi menyediakan berbagai program bagi mahasiswanya untuk menggali potensi diri dan mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja.

Terdapat banyak sekali program-program kampus yang bisa kamu manfaatkan sebagai mahasiswa. Kamu bisa memanfaatkan berbagai program tersebut untuk mengasah kemampuan, membangun relasi dan sebagai latihan sebelum kamu terjun ke dunia professional.

Berikut beberapa program kampus yang wajib kamu ikuti untuk menunjang kamu di dunia kerja kelak.

Internship

Internship atau magang adalah program kolaborasi antara kampus dengan beberapa perusahaan untuk memberikan mahasiswa pengalaman bekerja sebelum mereka terjun langsung ke lapangan kerja. Dari laman The Muse, internship memiliki arti sebagai pengalaman kerja jangka pendek bagi mahasiswa di perusahaan atau institusi lainnya.

Internship bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap mahasiswa menyangkut teori yang telah dipelajari di bangku kulliah melalui kerja nyata. Internship biasanya berjalan selama 3 bulan dan paling lama selama setahun.

Baca Juga: Bukan Hanya Belajar, Ini Tugas dan Peran Mahasiswa

Manfaat Internship

Internship memiliki banyak manfaat bagi kamu yang mengikutinya. Berbagai manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut ini.

Membuka Keberlanjutan Karir

Pada beberapa kampus, internship merupakan salah satu syarat mahasiswa untuk bisa lulus. Bagi mahasiswa, ini adalah kesempatan kamu untuk menunjukkan kualitas dirimu. Banyak perusahaan yang memutuskan untuk merekrut mantan mahasiswa magang karena dianggap cakap dan cocok untuk direkrut. Karena itulah kamu wajib ikut dalam program internship ini.

Menambah resume atau pengalaman

Ikut serta dalam program ini akan memperkaya dan membuat CV (curriculum vitae) kamu lebih berkualitas. Perusahaan akan lebih memprioritaskan pelamar dengan pengalaman kerja atau pengalaman internship ketimbang pelamar yang tidak memiliki pengalaman sama sekali.

Baca Juga: 5 Info Beasiswa Master dan Doktor Dalam Negeri yang Perlu Kamu Tahu

Apalagi ketika kamu pernah mengikuti program internship pada perusahaan besar. Hal itu akan membuat nilai jualmu semakin tinggi bagi HRD perusahaan tempat kamu melamar kerja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *