Produk Investasi yang Cocok Dicoba Untuk Mahasiswa

  • Whatsapp
Produk investasi
Ilustrasi salah satu produk investasi yang cocok untuk mahasiswa./Pexels.com/Pixabay

RUANGNEGERI.com – Produk Investasi berikut ini cocok untuk dicoba oleh mahasiswa. Masa muda adalah suatu periode yang harus kamu manfaatkan dengan baik. Khususnya, ketika kamu masih berstatus sebagai mahasiswa., baik mahasiswa baru ataupun mahasiswa yang sudah menjajaki sesmeter tua.

Sebagai mahasiswa, kamu memiliki kelimpahan waktu, energi dan kekuatan untuk bersikap idealis serta kesempatan untuk mencoba berbagai peluang (investasi). Bahkan perkembangan teknologi saat ini membuat kegiatan investasimu semakin mudah.

Definisi Investasi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui situs resminya, mendefinisikan investasi sebagai kegiatan penanaman modal dan biasanya dilakukan untuk tujuan jangka panjang. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lainnya dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Jogiyanto, mendefinisikan investasi sebagai kegiatan penundaan konsumsi saat ini untuk dimanfaatkan dalam produksi yang efisien selama jangka waktu tertentu. Hal ini sejalan dengan pendapat Deliarnov.

Baca Juga: Mengenal Cryptocurrency dan Bitcoin, Instrumen Investasi di Era Digital

Deliarnov memandang kegiatan investasi sebagai pengeluaran secara keseluruhan yang meliputi pembelian bahan baku atau material, mesin, peralatan pabrik dan modal lainnya yang diperlukan untuk proses produksi, keperluan bangunan kantor, bangunan tempat tinggal karyawan, bangunan konstruksi, serta perubahan nilai stok atau barang cadangan yang diakibatkan oleh perubahan jumlah dan harga.

Adapun pengertian investasi menurut Tandelilin merupakan suatu komitmen atas sejumlah nilai uang tertentu yang menjadi pengeluaran saat itu dengan tujuan untuk memperoleh beberapa keuntungan di masa depan. Seseorang yang melakukan invertasi bertujuan untuk menambah nilai utility total dari suatu produk.

Manfaat Investasi

Kegiatan investasi memiliki beberapa manfaat yang akan diperoleh di masa depan, yaitu sebagai berikut.

  1. Melindungi nilai aset dari inflasi. Inflasi merupakan kenaikan harga barang dan jasa yang terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Kegiatan investasi akan melindungi aset yang kamu miliki agar tidak tergerus inflasi. Ketika nilai harga dan jasa naik karena inflasi, maka nilai investasimu pun akan naik.

Baca Juga: Raih Keuntungan Investasi Emas Sejak Kuliah, Begini Caranya

  1. Memperoleh kebebasan finansial. Seseorang bisa disebut memperoleh kebebasan finansial jika ia mampu menghasilkan passive income. Passive income adalah pendapatan yang kamu peroleh meski kamu tidak bekerja. Bagi kamu yang bekerja, passive income adalah pendapatan yang kamu peroleh di luar gaji bulananmu. Dalam jangka panjang, kamu tidak selamanya bekerja. Oleh karena itu, kegiatan ini bermanfaat untuk kamu menciptakan pendapatan bahkan ketika kamu sudah tidak bekerja.
  2. Meningkatkan kekayaan. Sejatinya tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memperoleh hasil yang lebih besar daripada jika kamu habiskan uangmu untuk saat ini. Dengan demikian, dalam jangka waktu tertentu investasi akan membuat kekayaanmu semamkin bertambah.
  3. Sebagai pelindung kebutuhan darurat. Tidak pernah ada yang tau tentang masa depan. Untuk itu kamu perlu menyiapkan segala hal sebaik mungkin untuk kebutuhan masa depanmu. Tidak menutup kemungkinan di masa depan kamu membutuhkan dana dalam jumlah besar seperti biaya pernikahan atau membeli/merenovasi rumah. Melalui kegiatan ini, kamu akan lebih tertolong untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.