Trik Agar Sidang Skripsi Kamu Lancar Dan Dapat Nilai Bagus

  • Whatsapp
sidang skripsi
Ilustrasi sidang skripsi yang lancar dan dilanjutkan dengan wisuda./Pexels.com/RODNAE Productions

RUANGNEGERI.com – Sidang skripsi adalah salah satu tahapan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk bisa lulus dan memperoleh gelar sarjana. Hanya saja bagi kebanyakan mahasiswa, momen sidang skripsi adalah momen yang menakutkan. Akibatnya sidang skripsi menjadi tidak lancar dan nilai yang diperoleh tidak begitu bagus (baca: memuaskan).

Agar sidang skripsi kamu berjalan lancar dan kamu bisa memperoleh nilai bagus, kamu harus mempersiapkan diri kamu sebaik mungkin. Selain itu, ada beberapa strategi yang dapat kamu terapkan untuk memuluskan sidang skripsimu.

Berikut adalah beberapa strategi agar sidang skripsi lancar dan dapat nilai bagus.

Siapkan Mental Kamu Untuk Presentasi Sidang Skripsi

Mental yang kuat dan positif adalah modal utama bagi kamu agar bisa tampil percaya diri. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan dalam rangka menyiapkan mentalmu:

Banyak berdiskusi dengan teman atau senior yang sudah melewati sidang skripsi

Sebagaimana kata pepatah bahwa “pengalaman adalah guru terbaik”. Maka kamu pun dapat menjadikan ini sebagai petunjuk. Berdiskusi dan bertanya dengan senior atau teman seangkatan yang sudah lebih dulu sidang akan memberikan beberapa petunjuk kepadamu tentang tata cara sidang atau hal-hal teknis lainnya. Dengan mempelajari pengalaman mereka, kamu dapat lebih siap untuk mempersiapkan sidangmu nanti.

Baca Juga: Celah Dalam Skripsi Yang Biasa Menjadi Sumber Bantaian Dosen

Bangun aura diri positif agar sidang skripsi lebih percaya diri

Aura diri yang positif akan membuatmu lebih percaya diri ketika sidang. Melalui aura diri yang positif, kamu akan lebih yakin dalam mempresentasikan hasil penelitianmu tanpa terkesan sombong. Aura diri yang negatif hanya akan membuatmu tidak percaya diri, cemas, gelisah dan berbagai perasaan negatif lainnya. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap keadaan mentalmu.

Luangkan waktu melakukan kegiatan positif agar lebih fresh sebelum sidang skripsi

Meskipun persiapan sidang membuatmu sibuk, sempatkanlah waktu luangmu untuk melakukan berbagai hal positif. Hal ini bertujuan untuk membuatmu rileks. Dengan hati dan pikiran yang rileks, kamu akan lebih mudah untuk mempersiapkan mentalmu menghadapi sidang. Beberapa hal positif yang dapat kamu lakukan adalah bersosialisasi bersama teman, berolahraga atau melakukan hobi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.