Ingin Jadi Pengusaha? Inilah 10 Pola Pikir yang Harus Dimiliki

  • Whatsapp
Pola Pikir Pengusaha Muda Sukses
Sumber: Unsplash/Adeolu Eletu

3. Bebas Finansial

Bacaan Lainnya

Mencapai kebebasan finansial atau financial freedom adalah tujuan setiap orang. Kebebasan finansial bukan berarti kamu bebas dari rasa khawatir akan hari esok. Melainkan kamu bebas untuk mengalokasikan dana perusahaan ke pos yang kamu inginkan.

Kebebasan di sini adalah apakah akan kamu pakai sebagai modal tambahan atau mau mengalokasikan pada pengembangan produk baru. Itu semua bergantung di tanganmu. The ball is in your court.

4. Bebas Membangun Relasi dan Kerja Sama

Sebagai bos dari bisnismu sendiri, kamu bebas untuk memilih dengan siapa kamu akan bekerja sama dengan memilih klien siapa pun. Memiliki kebebasan seperti ini tentu saja akan membuat banyak orang lebih bahagia dalam bekerja.

Setelah mengetahui kebebasan-kebebasan jika kamu menjadi seorang pengusaha, tentunya kamu akan berpikir “wah, senang sekali ya menjadi pengusaha”. Tapi tunggu dulu.

Jangan terburu-buru menyimpulkan karena apa pun pekerjaan yang kamu, semuanya ada suka-dukanya. Ada sejumlah risiko yang harus siap kamu hadapi jika memilih menjadi pengusaha.

Baca juga: Punya Karakter Melankolis? Ketahui Cara Mengoptimalkannya

Risiko Menjadi Pengusaha

Meski akan mendapatkan sederet kebebasan sebagaimana di sebutkan di atas, tentu ada duka atau risiko yang harus dihadapi oleh seorang pengusaha. Berikut beberapa duka yang secara umum dirasakan oleh seorang pengusaha:

1. Pendapatan Tidak Menentu

Pendapatan sebagai seorang pengusaha tidak menentu setiap bulannya. Jika kamu memutuskan untuk menjadi pengusaha, kamu harus siap dengan situasi ini. Kadang omsetmu bisa puluhan juta, kadang pula mungkin hanya beberapa juta.

Sebagai seorang pengusaha, kamu harus memiliki kemampuan mengatur uang yang baik agar tetap memiliki simpanan saat usaha kamu sedang sepi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.