PlayStation 5 Direncanakan Rilis Awal Juni Secara Daring

RUANGNEGERI.com – Sony secara resmi telah mengkonfirmasi acara peluncuran PlayStation 5 (PS5) berikutnya yang akan diadakan pada hari Kamis 4 Juni mendatang. Acara ini akan dimulai pada 4PM ET / 1PM PT, yang ditampilkan secara daring untuk pertama kalinya.

Biasanya Anda akan berada di Los Angeles di auditorium bersama 2000 orang lainnya” kata Jim Ryan kepada Newsbeat, berbicara tentang bagaimana PlayStation yang biasanya membuat pengumuman besar.

Dengan dibatalkannya konferensi dan acara besar karena musim coronavirus, Jim Ryan Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment, tetap ingin memberikan sedikit kejutan bagi komunitas PlayStation.

“Ketika orang-orang menonton pertunjukan minggu depan, saya pikir mereka akan melihat bahwa kami dapat melakukannya” ujarnya.

Ryan menambahkan bila gim yang datang ke PS5 mewakili yang terbaik di industri dari studio inovatif yang menjangkau dunia. Studio, baik yang lebih besar dan lebih kecil, yang lebih baru dan yang lebih mapan. Semuanya bekerja keras mengembangkan gim yang akan menunjukkan potensial hardware-nya.

“Kami akan meluncurkan pada musim liburan ini, dan kami akan memiliki peluncuran global. Tentunya kami sangat menantikannya, dan kami sangat ingin dunia gim juga ikut menantikannya. Kita semua akan bersama-sama mengalami kegembiraan“, kata Ryan.

Peluncuran mendatang dirancang untuk mengumumkan gim baru dan menunjukkan gameplay dari konsol PS5 terbarunya. Acara ini akan berlangsung sekitar satu jam lebih. Acara dirancang untuk menjadi bagian dari ‘serangkaian pembaruan PS5’ dengan lebih banyak pengumuman yang akan datang sebelum peluncuran perangkat.

BACA JUGA: SpaceX, Perusahaan Swasta Bersiap Melakukan Eksplorasi ke Mars

Seberapa Hebat Produk Barunya Itu?

Laporan terbaru menunjukkan Sony akan mengadakan acara PS5 sehari sebelumnya, yakni pada 3 Juni terutama berfokus pada permainan. Sony diperkirakan tidak akan mengungkapkan setiap detail konsol PS5 di acara ini, dan acara lebih lanjut dikabarkan akan direncanakan untuk beberapa minggu dan bulan mendatang.

“Ini adalah bagian dari rangkaian pembaruan PS5 kami. Dan yakinlah, setelah showcase minggu depan, kami masih akan memiliki banyak hal untuk dibagikan kepada banyak orang,” kata Ryan menjelaskan keunggulannya.

Sony sejauh ini meluncurkan spesifikasi PS5, logo, dan pengontrol nirkabel baru untuk konsol generasi berikutnya. Sony belum memamerkan konsol PS5 itu sendiri, dan tidak jelas apakah itu akan berubah pada acara 4 Juni.

PS5 akan menampilkan CPU AMD Zen 2 delapan-core khusus dengan clock 3,5 GHz (frekuensi variabel). Selain itu juga dibekali dengan GPU khusus berdasarkan perangkat keras arsitektur AMD RDNA 2. Teknologi baru tersebut diklaim setara dengan 10,28 teraflops dan 36 unit komputer yang tercatat pada 2,23 GHz (juga frekuensi variabel)

Bagian penting dari PlayStation 5 baru Sony adalah SSD yang dipatenkan. Kapasitasnya mampu menyediakan penyimpanan hingga 825 GB dengan kinerja 5,5 GB per detik.

Epic Games baru-baru ini memberikan demonstrasi teknologi Unreal 5 yang menakjubkan yang berjalan di PS5 dengan memamerkan pemuatan aset 8K sinematik dan efek pencahayaan dinamis.

Saat perangkat keras yang lebih kuat dikembangkan, konsol akan dapat memainkan gim yang terlihat lebih menyenangkan secara visual dari pada yang ada sekarang. Itu juga berarti mesin dapat dengan mudah memainkan gim pada resolusi 4K serta memberikan pengalaman bermain yang jauh lebih lancar.

Untuk pertama kalinya pada konsol gim, PS5 akan mendukung ‘ray tracing‘. Yakni teknik grafis yang memodelkan perjalanan cahaya untuk mensimulasikan interaksi kompleks dalam lingkungan 3D.

Sementara ray tracing adalah bahan pokok efek visual Hollywood dan mulai berkembang menjadi prosesor 10.000 dolar kelas atas. “Tidak ada konsol game yang mampu mengelolanya”.

“Karena ini meniru cara cahaya memantul dari satu objek ke objek lain dalam sebuah adegan, permukaan reflektif dan refraksi melalui kaca atau cairan dapat dibuat jauh lebih akurat, bahkan dalam waktu nyata, yang mengarah ke realisme yang tinggi” tambahnya.

Konsol ini juga akan menampilkan solid state drive (SSD). Artinya akan dapat memuat gim lebih cepat dari pada mesin dengan hard disk drive (HDD) yang lebih khas.

Solid state drive juga berarti penyimpanan data yang lebih efisien. Hal itu membebaskan lebih banyak ruang bagi para pengembang untuk mengambil keuntungan, baik dengan dunia gim yang lebih detail atau ukuran file yang lebih kecil.

Sekarang dapat menginstal kampanye multi-pemain saja. Dengan meninggalkan kampanye pemain tunggal untuk lain waktu, atau hanya menginstal semuanya dan kemudian menghapus kampanye pemain tunggal begitu selesai.

Di sisi fisik, game untuk PS5 akan menggunakan disk optik 100 GB, dan drive pembacaan disk optik konsol akan berlipat ganda sebagai pemutar Blu-ray 4K.

BACA JUGA: Moralitas Beberapa Miliarder AS Saat Pandemi Covid-19

Industri Gim Meraup Untung di Masa Pandemi Covid-19

Meski adanya gangguan Covi-19 dalam kehidupan sehari-hari, namun peluncuran mendatang justru menjadi kepercayaan Sony sebagai konsol terbaru dan terbesarnya sejak PS 4 2013 tetap akan berlangsung.

Acara PS5 Sony datang ketika industri video gim bersiap untuk dua peluncuran produk baru terbesarnya dalam hampir satu dekade. Sony PS5 dan Microsoft Xbox Series X dijadwalkan akan dirilis pada waktunya untuk musim belanja liburan, menjanjikan visual yang lebih tajam dan lebih rumit.

Game play yang lebih cepat dan judul baru seperti epik perang ruang angkasa Halo Infinite dari Microsoft.

Selama masa pandemi virus ini, menimbulkan manfaat bagi industri gim. Penjualan gim dan konsol dilaporkan meningkat dan semakin banyak orang beralih ke gim sebagai cara untuk menghabiskan waktu.

Menanggapi masih merebaknya Covid-19, Sony pada bulan April membagikan salinan gim petualangan hitnya, yaitu Journey and Uncharted: The Nathan Drake Collection secara gratis. Dan dikabarkan lebih dari 10 juta orang telah mengunduh gim itu.

Meskipun Sony maupun Microsoft tidak mengungkapkan perihal biaya untuk perangkat masing-masing, Ryan mengatakan Sony ingin memastikan untuk tetap merasa adil.

“Kami akan mencoba untuk mendapatkan harga yang tepat dan nilai proposisi yang tepat,” katanya. Dia juga menambahkan bahwa Sony berjuang untuk memenuhi permintaan awal untuk perangkat PlayStation sebelumnya ketika mereka telah diluncurkan.

Itu mungkin terjadi saat ini juga katanya, tetapi itu tidak akan menjadi lebih buruk karena virus corona. “Saat ini, kami tidak melihat apa pun yang mengatakan kepada kami bahwa akan ada masalah dengan jumlah. Atau, kami tidak akan dapat meluncurkan seperti yang kami inginkan” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *