Wajib Baca! Perhatikan 9 Hal ini Sebelum Investasi di Crypto!

  • Whatsapp
Pertimbangan dalam investasi crypto
https://pixabay.com/images/id-3207895/

Sebelum anda melakukan investasi crypto ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar investasi tersebut tidak rugi dan malah jadi sia-sia, simak hal-hal berikut ini:

1. Pertimbangkan Mengapa Berinvestasi dalam Crypto

berinvestasi di crypto Anda harus menanyakan pada diri Anda sendiri mengapa Anda ingin melakukan investasi di crypto. Apakah karena pengaruh hype investasi crypto semata yang saat ini sedang populer atau karena ketertarikan Anda pada coin atau token crypto tertentu. Setiap investor pasti memiliki alasannya masing-masing dalam berinvestasi yang mungkin berbeda seperti alasan investasi pribadi atau hanya sekadar mengeksplor dunia crypto.

Bacaan Lainnya

2. Memperhatikan Waktu ketika Berinvestasi

Digital aset memiliki sifat yang fluktuatif begitu pula dengan crypto yang harganya dapat berfluktuasi hanya dengan berita atau sentimen publik. Umumnya, investor crypto mencoba membeli lebih banyak coin saat harganya turun. Di satu sisi, investasi crypto dengan membeli crypto yang masih baru sebelum meledak popularitasnya dan nilainya dapat mendorong investor untuk bergerak dengan cepat.

3. Membangun Strategi Investasi

Agar dapat sukses dan meraup banyak keuntungan, seorang investor harus memiliki rencana atau strategi investasi tersendiri bagi aset crypto yang mereka miliki. Investor dapat melakukannya dengan melakukan penetapan limit order.

Hal ini berarti coin crypto yang mereka miliki akan terjual otomatis oleh sistem jika nilai crypto tersebut mencapai nilai tertentu. Beberapa marketplace crypto juga memberikan investor kesempatan untuk meniru strategi investor yang telah sukses di pasar crypto.

4. Jangan Bertindak hanya Karena Fear of Missing Out (FOMO)

Sebagian besar cryptocurrency baru rilis biasanya memiliki banyak sensasi. Dari kampanye  yang agresif hingga dukungan selebriti, ini dapat menyebabkan banyak investor terjun membabi buta tanpa berpikir karena mereka menjadi korban FOMO (takut ketinggalan).

Coin crypto yang populer dapat mencapai harga atau nilai yang naik secara signifikan atau dalam waktu yang cepat. Jika Anda hendak melakukan investasi sebaiknya lakukan dengan penuh pertimbangan untuk membeli coin crypto tertentu dengan harga tinggi dapat memberikan Anda kerugian besar jika bursa sedang lesu.

5. Pilih Marketplace yang Terpercaya

Sebaiknya Anda memilih marketplace atau platform investasi crypto dengan tingkat likuiditas yang tinggi, memiliki varian coin crypto, sistem keamanan sistem yang baik, dan keandalan platform.

Beberapa website crypto biasaya memberikan rekomendasi bagi pemula untuk melakukan investasi crypto untuk pertama kalinya dengan memberi nilai pada setiap matrketplace yang ditentukan berdasar tingkat kemudahan dan kesederhanaan dalam membeli crypto dan memberi tips tentang service mereka dan metode transaksi yang mereka terima.

6. Lindungi Private Keys Anda

Anda harus selalu menjaga kerahasiaan private key crypto anda. Salah satunya adalah dengan menyimpan melalui cold wallet dengan arti Anda melindungi private keys. Melalui cold wallet yang tidak bergantung pada internet sehingga memberikan keuntungan dengan terhindar dari risiko teknologi.  

Private keys adalah satu-satunya cara untuk mengakses cryptocurrency Anda, dan jika Anda kehilangan kunci Anda maka tidak ada cara untuk mengaksesnya. Sama pentingnya adalah kenyataan bahwa siapa pun dapat mengakses dan mencuri crypto Anda jika mereka memiliki private keys Anda.

Jangan pernah menyimpannya di komputer Anda dan jangan biarkan di tempat terbuka. Cobalah untuk menghafalnya, dan tuliskan frasa Anda dan simpan dalam kunci. Untuk keamanan lebih, pertimbangkan untuk menuliskannya di beberapa lembar kertas.

7. Bergabung dengan Komunitas Crypto

Crypto saat ini menjadi hal yang populer dan banyak menjadi bahan perbincangan karena hal-hal yang terkait dengan crypto cenderung memiliki perkembangan yang cepat. Sehingga dengan bergabung pada komunitas dapat menjadi langkah strategis karena komunitas investor yang kuat dan aktif dalam berdiskusi mengenai investasi crypto. Bergabung pada sebuah komunitas untuk mempelajari segala hal mengenai crypto seperti. Reddit yang menjadi pusat informasi bagi investor crypto.

8. Memahami Whitepaper

Saat Anda bermaksud untuk melakukan investasi crypto, lakukan riset untuk menemukan whitepaper proyek crypto yang Anda incar. Setiap proyek crypto pada umumnya memiliki whitepaper yang mudah diakses dan jika tidak, maka anggap itu sebagai bendera merah.

Baca whitepaper dengan hati-hati karena itu harus memberi tahu Anda segalanya tentang apa yang menjadi maksud oleh pengembang proyek dalam pekerjaan mereka. Termasuk kerangka waktu, gambaran umum proyek, dan spesifik. Jika whitepaper tidak berisi data dan detail spesifik tentang proyek, itu umumnya dianggap negatif.

Whitepaper adalah platform untuk tim pengembangan menjelaskan segala hal yang terkait dengan aset crypto yang mereka kembangkan. Jika ada sesuatu di whitepaper yang terasa memberikan kebingungan atau tidak jelas maka hal itu menunjukkan masalah mendasar pada sebuah proyek crypto.

9. Do Your Own Research

Saat ini tidak ada ahli cryptocurrency yang memproklamirkan diri sebagai guru finansial online yang mengklaim memiliki formula sukses rahasia. Mereka ingin menjual akses ke server Discord pribadi, obrolan Telegram, dan grup WhatsApp.

Jangan pernah memercayai orang lain dalam hal menginvestasikan uang Anda, terutama seseorang yang bukan penasihat keuangan berlisensi. Mereka hanya bermaksud untuk menghasilkan uang dengan menjual informasi, dan begitu mereka memiliki Anda. Mereka tidak akan peduli lagi apakah Anda berhasil atau gagal.

Selalu lakukan riset dan uji tuntas Anda sendiri sebelum melakukan investasi crypto, terutama jika itu adalah coin baru.


Artikel ini bersifat informatif dari data yang dikumpulkan dan bukan merupakan nasihat atau saran keuangan. Disarankan untuk melakukan riset dan analisis lebih lanjut secara pribadi sesuai dengan profil risiko investasi masing-masing.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.