Yuk Intip Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Masa Depan

RUANGNEGERI.com – Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak sendi kehidupan manusia. Tidak terkecuali dunia bisnis dan karier. Di satu sisi, masa-masa lockdown telah menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan, namun di sisi lain juga membuka berbagai lapangan kerja baru.

Otomatisasi dan digitalisasi akan banyak mengubah sendi kehidupan dan skema lapangan pekerjaan di seluruh dunia. Tenaga manusia pelan tapi pasti akan banyak yang tergantikan oleh robot atau mesin cerdas (kecerdasan buatan atau artificial intelligence, AI).

Hal itu terutama adalah terkait dengan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat administratif dan tidak membutuhkan skills khusus di dalamnya. Berikut ulasan dari berapa jenis pekerjaan yang banyak diprediksi akan terancam hilang seiring dengan pertumbuhan teknologi:

Baca juga: Punya Karakter Melankolis? Ketahui Cara Mengoptimalkannya

1. Telemarketing

Pekerjaan sebagai telemarketing terkadang membuat orang merasa terganggu. Karena mereka terus menelepon calon pembeli tanpa mengenal waktu.

Pekerjaan ini akan digantikan oleh teknologi AI berupa email maupun menirukan suara manusia. Hal itu dinilai lebih efisien dan tidak mengganggu customers.

2. Pekerja Pabrik

Selama ini, pabrik tercatat menyerap tenaga kerja yang sangat banyak, terutama pada industri tekstil. Sayangnya perkembangan teknologi AI telah menggantikan tenaga manusia dengan tenaga mesin.

Saat ini telah banyak pabrik yang telah menggunakan mesin jahit dan sablon otomatis. Selain lebih efisien, kualitas yang dihasilkan pun lebih konsisten dibanding dengan hasil pekerjaan manusia.

Baca juga: Motivasi Interpersonal Plegmatis Bisa Sukses Lewat Keahlian Melobi

3. Teller Bank

Kemajuan teknologi membuat orang tidak lagi sering datang ke bank. Teknologi telah mempermudah transaksi keuangan tanpa harus ke bank. Untuk menyetor uang ke rekening, sudah disediakan ATM setoran tunai. Untuk membuka rekening baru pun beberapa bank sudah menyediakan layanan secara daring.

Industri keuangan digital juga semakin menjamur di mana-mana, mulai dari transaksi dengan nominal kecil hingga jumlah besar. Kemudahan bertransaksi dan belanja online hanya melalui HP kini semakin meningkat. 

4. Pengantar Surat

Saat ini masyarakat sudah sangat jarang berkirim surat. Mengirim pesan melalui email maupun HP sudah lebih cepat, praktis dan murah. Bahkan untuk melamar kerja di perusahaan-perusahaan besar pun sudah dilakukan melalui email. Tentunya hal ini mengancam profesi pengantar surat.

Baca juga: Quotes Motivasi Sanguinis Membangun Pribadi yang Lebih Berani

5. Juru Masak Restoran Cepat Saji

Saat ini telah beredar robot cerdas yang bisa memasak. Apalagi jika masakannya adalah masakan cepat saji. Selain lebih efisien, kualitas memasak yang dihasilkan mesin lebih konsisten dibanding menggunakan tenaga manusia.

Kebersihan makanannya pun banyak diklaim lebih terjaga karena tidak mengenai tangan manusia secara langsung.

6. Travel Agent

Terbukanya ruang informasi saat ini memudahkan orang untuk berlibur. Start-up hotel dan tiket semakin memudahkan orang untuk merencanakan liburan impiannya. Hanya dengan bermodal HP, orang bisa dengan mudah membeli tiket, memesan hotel dan mencari akomodasi.

Namun demikian, sektor ini tetap membutuhkan sentuhan manusia. Artinya, tidak 100 persen akan hilang. Jika pengelola mampu berinovasi dan beradaptasi dengan lingkungan pasar saat ini, pekerjaan ini masih menjanjikan income yang bagus di masa depan.

Baca juga: Tips Buat Fresh Graduate Agar Tidak Lama Menganggur

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Masa Depan

Di sisi lain, beberapa profesi justru semakin meningkat dan menjanjikan gaji besar di masa depan. Beberapa profesi tersebut antara lain adalah:

1. Digital Marketer

Digital marketing adalah usaha untuk mempromosikan produk melalui media digital dan jaringan internet sehingga dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu serta tepat sasaran.

Orang dengan keahlian ini bertanggung jawab atas branding sebuah produk barang atau jasa. Sedangkan branding adalah komponen penting dari produk selain kualitas. Seiring dengan perkembangan dunia online, pekerjaan ini akan semakin banyak dicari dan tentu saja menjanjikan gaji yang tinggi.

2. Spesialis SEO

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization. Atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pengoptimalan mesin telusur. Banyaknya pengguna internet dan mesin pencari, membuat para pemilik situs berlomba-lomba untuk mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya.

Untuk bisa mewujudkannya, situs harus berada paling atas ketika orang mencari kata kunci tertentu. Di sinilah peran penting dari spesialis SEO.

Baca juga: Sukses di Usia Muda dengan Meniti Karier Bidang Digital Marketing

3. Software Developer and Engineer

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat memaksa semua orang untuk mengenal teknologi, tak terkecuali di bidang bisnis. Karenanya setiap bisnis baru kini dituntut untuk bisa mengembangkan software engineer agar mampu bersaing di era digital.

Seorang software engineer bertugas untuk menunjang berbagai perangkat lunak yang dimiliki perusahaan agar seluruh aktivitas perusahaan dapat berjalan secara lancar, efektif dan efisien. Perannya sangat penting dalam bisnis, sehingga wajar jika pekerjaan ini dibayar dengan gaji tinggi.

4. Web Developer

Web developer adalah orang yang membuat website dari nol. Mereka tidak hanya membuat website dengan membuat template yang sudah disediakan, namun juga harus memastikan sistem website berjalan dengan optimal.

Pada website e-commerce misalnya, tugas web developer adalah memastikan pembeli mudah mencari produk yang ingin dibeli. Transaksi elektronik pun harus dijamin keamanannya oleh seorang web developer.

Baca juga: Ketahui Pribadi dan Karier ENTJ yang Karismatik serta Percaya Diri

5. Graphic Designer

Pola komunikasi saat ini telah mengalami perubahan dari audio tekstual ke pola visual. Industri media, kreatif, periklanan dan teknologi sangat membutuhkan jasa seorang desainer. Sebagai seorang graphic designer, kamu harus menguasai ilmu periklanan, marketing, sosial, seni, fotografi, animasi hingga coding.

Seorang graphic designer bertanggung jawab untuk mem-branding perusahaan melalui desain logo, packaging, maskot, profil perusahaan dan berbagai kebutuhan branding lainnya. Graphic designer bertugas pada tampilan media promosi suatu produk.

6. Tenaga Medis

Selain pekerjaan yang berkaitan erat dengan dunia online di atas, tenaga medis sampai kapan pun masih tetap diperlukan manusia. Apalagi dengan banyaknya jumlah manusia saat ini, yang berarti bahwa kebutuhan akan jasa medis semakin besar.

Pandemi Covid-19 saat ini semakin banyak menuntut keberadaan tenaga medis di mana-mana. Teknologi di bidang kesehatan juga semakin banyak dikembangkan dengan melibatkan robot cerdas (AI).

Baca juga: Hybrid Learning, Solusi Metode Pembelajaran di Masa Depan?

7. Akuntan

Tidak hanya perusahaan yang membutuhkan jasa seorang akuntan tapi juga perorangan. Tugas seorang akuntan adalah menganalisis dan mengelola laporan keuangan, membuat laporan pajak dan berbagai hal teknis lainnya terkait keuangan perusahaan.

Seorang akuntan bertanggung jawab melaporkan kondisi keuangan perusahaan. Laporannya ini akan mempengaruhi keputusan manajemen puncak. Jika ia salah melaporkan, maka akan berpengaruh pada pengambilan keputusan perusahaan yang salah.

Namun demikian, dalam hal-hal teknis perhitungan maupun analisis keuangan juga sudah banyak melibatkan mesin AI. Jika kamu seorang akuntan atau sedang mengambil mata kuliah akuntansi, pastikan harus tetap memperhatikan skema perubahan yang terus berkembang. 

8. Pengacara

Maraknya persaingan bisnis terkadang mendorong orang untuk berbuat curang. Ketika tidak mampu mengalahkan secara sehat, terkadang beberapa orang culas menggunakan hukum sebagai batu untuk mengganjal pesaingnya. Karena itulah pekerjaan sebagai pengacara akan tetap banyak dibutuhkan di masa depan.

Jika kamu masih bingung dengan pilihan kariermu, daftar pekerjaan di atas bisa menjadi pilihan. Pandanglah masa depan secara optimis dan tetap peka terhadap perkembangan jaman. Keberadaan teknologi kecerdasan buatan justru menjadi peluang, bukan hambatan untuk terus berkreasi dan berinovasi.

Bekerja keraslah dan percayalah pada dirimu bahwa kamu mampu menaklukkan segala tantangan, termasuk perkembangan teknologi AI yang semakin banyak masuk menggantikan pekerjaan manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *