Menjadi Asisten Dosen? Siapa Takut

  • Whatsapp
Ilustrasi asisten dosen
Ilustrasi asisten dosen/Pexels/AndreaPiacquadio

RUANGNEGERI.com – Menjadi asisten dosen adalah mimpi sebagian besar mahasiswa. Selain terkenal pintar, menjadi seorang asisten dosen juga memiliki benefit tersendiri. Kamu juga bisa lebih dekat dengan dosen, memperoleh tambahan pengalaman dalam curriculum vitae, hingga menjadi salah satu batu loncatan bagi yang bercita-cita menjadi dosen professional.

Bicara soal dekat dengan dosen, tentu saja hal tersebut akan memberikan pengaruh positif bagi mahasiswa. Ketika kamu berhubungan baik dan dekat dengan dosen, maka kamu pun berkesempatan untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan akademik kampus seperti penelitian dan pengabdian masyarakat.

Keuntungan Menjadi Asisten Dosen

Menjadi seorang asisten dosen, memberikan mahasiswa dengan jabatan atau posisi tersebut beberapa keuntungan, yakni sebagai berikut.

Terkenal sebagai Mahasiswa yang Cerdas dan Bertanggung Jawab

Ketika kamu berhasil menjadi seorang asisten dosen, otomatis kamu akan terkenal sebagai mahasiswa yang terkenal cerdas. Selain itu kamu pun akan banyak dikagumi karena kecerdasan yang kamu miliki. Tentunya kamu pasti mau kan terkenal sebagai mahasiswa dengan predikat seperti itu?

Baca Juga: Bukan Hanya Belajar, Ini Tugas dan Peran Mahasiswa

Memiliki Banyak Kenalan Adik Tingkat

Menjadi seorang asisten dosen akan membuatmu terkenal di kalangan adik tingkat. Karena biasanya mata kuliah yang menggunakan jasa seorang asisten dosen adalah mata kuliah pengantar. Secara otomatis, networking kamu dalam pergaulan adik tingkat pun semakin luas.

Untuk menjadi seorang asisten dosen yang baik, kamu harus memiliki kerendahan hati untuk membantu adik kelasmu ketika mereka mengalami kesulitan. Bahkan terkadang mereka tidak sungkan untuk bertanya langsung kepadamu ketika mereka mengalami kesulitan daripada bertanya langsung pada dosen.

Ilmu yang Kamu Peroleh Makin Dalam

Untuk menjadi asisten dosen, berarti kamu bertanggung jawab untuk membantu dosen dalam menyampaikan materi dalam kelas. Hal ini menuntut kamu untuk belajar dan mencari tau bagaimana caranya agar materi yang kamu sampaikan dapat tersampaikan dengan baik.

Karena kamu harus selalu mengulang materi sebelum kamu mengajar, maka ilmu yang kamu pelajari pun akan semakin melekat. Selain itu dengan berbagi ilmu, ilmu yang kamu miliki tidak akan berkurang. Sebaliknya justru semakin bertambah.

Baca Juga: Jurnal Internasional Ternyata Bisa Kamu Dapatkan di Situs Ini, Mahasiswa Wajib Tahu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.