Mengenalkan Angka pada Anak? Gunakan Alat-alat Sederhana Ini

  • Whatsapp
Mengenalkan Angka pada Anak? Gunakan Alat-alat Sederhana Ini - Anak Bermain Lego
Sumber: Unsplash/Caleb Woods

RUANGNEGERI.com – Mengenalkan angka pada anak menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi sebagian orang tua. Kemampuan mengenal angka secara sederhana pada anak berhubungan dengan perkembangan kognitifnya yang akan menampilkan bagaimana pola pikir yang dimiliki anak.

Perkembangan kognitif ini akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan fisik dan perkembangan syaratnya. Kognitif menjadi sesuatu yang tidak dapat dilepaskan dengan tingkat kecerdasan seorang anak. Tingkat kecerdasan pada anak akan terlihat dari minatnya pada sesuatu dan juga kemampuannya dalam mengenal angka. Proses mengenalkan pada anak membutuhkan cara dan stimulasi yang tepat sekaligus menyenangkan seperti kegiatan bermain.

Bacaan Lainnya

Slamet Suyoanto (2005), sebagaimana dikutip oleh Aprilia Wahyuning Fitri (2016) dalam skripsi berjudul Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Permainan Sunda Manda Pada Kelompok A TKIT Ar-Rahmaan 1 Prambanan Sleman Yogyakarta, menjelaskan bahwa aktivitas bermain bisa disebut menyenangkan apabila mempunyai ciri-ciri seperti menghadirkan perasaan menyenangkan, kebebasan, merdeka, memilih dan menarik anak untuk terlibat dalam kegiatan secara aktif.

Baca juga: Agar Si Kecil Mandiri, Ajarilah Skema Problem Solving Ini

Perkembangan Pengenalan Angka Pada Anak

Dalam buku berjudul Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yuliani Nurani Sujiono, (2013), menjelaskan bahwa perkembangan kognitif pada anak untuk menggunakan angka mempunyai sifat tanpa pemahaman, tertarik pada jumlah dan pada tahap ini mereka pun sudah mulai memakai angka, jumlah dan panjang.

Tahapan perkembangan anak meliputi membentuk permainan dengan kreatif, menciptakan bentuk, membentuk bangunan, menyebut dan membilang 1 sampai 20 serta mengenal lambang bilangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *