Mengenal Crypto Meme Coin, Mengapa bisa Populer?

  • Whatsapp
mengenal kepopuleran crypto meme coin
https://pixabay.com/images/id-6332138/

Kebanyakan orang akrab dengan Bitcoin, tetapi itu bukan satu-satunya crypto yang ada. Kini muncul pula crypto berbasis meme seperti Dogecoin yang telah mendapatkan banyak pengikut. Hal inimendorong munculnya meme coin lain, termasuk turunan Dogecoin Shiba Inu, Dogelon Mars, Samoyedcoin, dan Doge Dash, dan lainnya.

Meskipun mereka sering menjadi lelucon, coin ini bisa menjadi crypto yang memiliki banyak peminat. Dogecoin, misalnya, memiliki lonjakan nilai yang sangat besar pada Mei 2021 sebelum turun level. Namun, nilai individualnya tidak pernah terlalu tinggi. Dogecoin saat ini bernilai sekitar $0,15 per koin.

Bacaan Lainnya

Apa itu Meme Coin

Singkatnya, meme coin adalah crypto yang terinspirasi oleh meme dan lelucon internet. Dogecoin, misalnya, terinspirasi dari meme Doge yang dibuat dari foto viral seekor Shiba Inu. Crypto ini sering tidak dimaksudkan untuk menjadi hal yang serius tetapi masih bisa mendapatkan momentum ketika investor banyak membeli yang terbaru untuk ikut serta dalam lelucon.

Setelah menjadi populer dan nilainya melonjak, investor ritel terkadang mengikuti tren dan semakin meningkatkan koin. Tokoh dan selebritas online terkemuka juga meningkatkan popularitas meme coin tertentu. Elon Musk mungkin adalah orang yang paling terkenal untuk itu. Bahkan ada Dogecoin yang disebut Floki Inu berdasarkan anjing peliharaan Elon Musk.

Meme coin sering kali memiliki persediaan yang sangat tinggi atau tidak terbatas. Tidak seperti Bitcoin, yang terprogram untuk memiliki jumlah unit terbatas yang tersedia untuk mining, meme coin seringkali memiliki miliaran unit yang beredar. Meme coin juga biasanya tidak memiliki mekanisme yang meningkatkan harga koin, atau menghapusnya dari peredaran secara permanen, sehingga jumlahnya terus meningkat.

Karena itu, nilai mereka per unit biasanya sangat rendah. Harga rendah itu adalah salah satu penyebab seberapa populer meme coin. Karena siapa pun dapat membelinya dalam jumlah besar dengan cepat.

Banyak meme coin juga tidak memiliki dukungan oleh teknologi yang sama dengan crypto yang sudah populer seperti Bitcoin. Dari coin yang saat ini populer, hanya dua yang menggunakan blockchain yang teruji: Dogecoin yang berdasarkan pada Litecoin, dan Shiba Inu berada pada jaringan Ethereum. Sebagian besar dari mereka juga sebagian besar tidak berharga di luar dunia cryptocurrency;

Meskipun memungkinkan untuk menghasilkan uang dengan berinvestasi dalam coin ini. Tetapi hal itu bisa menjadi hal yang pasti. Crypto ini bahkan lebih fluktuatif daripada jenis crypto lain dan dapat merosot nilainya dalam semalam. Sama seperti Anda melakukan investasi keuangan lainnya, lakukan riset sebelum membeli meme coin. Jika coin tidak memiliki latar belakang dan sulit menemukan informasi tentangnya, maka berhati-hatilah. Bahkan mata uang yang paling populer pun pada akhirnya bisa menjadi scam. Kurangnya whitepaper atau ekosistem yang baik dapat menjadi tanda peringatan. Seperti halnya whitepaper yang penuh dengan kesalahan ketik dan klaim yang tidak jelas.

Perbedaannya dengan Crypto Lain

Tidak seperti jenis crypto lainnya, meme coin biasanya investor tidak menilai berdasarkan kegunaan yang mereka tawarkan kepada pengguna. Sebaliknya, lebih banyak penekanan berada pada kemampuan koin untuk menarik keterlibatan komunitas yang tinggi.  Pada intinya yang menjadi faktor dalam mengukur keseuksesan meme coin adalah tingkat viralitas meme coin tersebut.

Crypto utama seperti Bitcoin dan Ethereum berkembang untuk memecahkan masalah dunia nyata. Tujuannya adalah untuk akhirnya publik menerimanya secara luas oleh investor, menciptakan bentuk baru mata uang terdesentralisasi dan merevolusi berbagai industri.

Meme coin, di sisi lain, tidak memiliki tujuan dunia nyata saat ini, dan sebagian besar tercipta sebagai cara untuk menghasilkan uang dengan cepat.

Beberapa dari koin ini menjadi terkenal karena dipromosikan oleh selebritas berpengaruh, dan investor ritel. Hal ini menaikkan harga dengan mempromosikannya secara online. Inilah sebabnya mengapa koin-koin ini cenderung mengalami pertumbuhan eksplosif meskipun fundamentalnya goyah. Begitu harga mereka melonjak, banyak investor menjual segera setelah itu untuk mendapat untung cepat.

Karena coin ini tidak memiliki kegunaan nyata saat ini. Kecil kemungkinannya koin tersebut akan tetap ada dalam beberapa tahun atau dekade. Begitu investor beralih ke saham atau crypto baru, coin ini kemungkinan akan berpotensi harganya anjlok.

Haruskan Berinvestasi di Meme Coin?

Meskipun memungkinkan untuk menghasilkan uang dengan berinvestasi dalam coin ini, jenis investasi ini sangat berisiko dan lebih mirip dengan perjudian daripada investasi. Jika Anda kebetulan membeli dan menjual pada waktu yang tepat, Anda bisa mendapat untung.

Namun, kemungkinan besar Anda akan kehilangan semua atau sebagian besar uang yang Anda investasikan. Strategi yang lebih baik adalah fokus pada investasi yang cenderung berkinerja baik dalam jangka panjang. Crypto secara umum masih sangat spekulatif, jadi tidak ada yang tahu bagaimana kinerjanya dari waktu ke waktu.

Tetapi jika Anda berinvestasi dalam kripto, pastikan Anda memilih mata uang yang memiliki fundamental kuat dan lebih tahan uji waktu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *