Mengenal Masker High-Tech yang Dinilai Terbaik untuk Mencegah Covid-19

RUANGNEGERI.com – Sejak penyebaran virus Covid-19 di akhir tahun 2019 lalu, sampai saat ini seluruh negara masih harus berjuang untuk mengatasinya.

Walau proses pengembangan vaksin diberitakan telah berhasil menunjukkan kemajuan, namun masyarakat tetap diminta menaati protokol kesehatan sebaik mungkin.

Melansir Forbes (22/10/2020), Salah satu hal penting dalam penerapan protokol kesehatan adalah dengan selalu mengenakan masker. Namun jenis bahan masker yang terbaik memberikan perlindungan, masih terus menjadi perdebatan.

Kemampuan masker untuk dapat menyaring udara yang dihirup adalah keunggulan utamanya. Itulah sebabnya banyak produsen mengeluarkan produk-produk masker yang dilengkapi dengan teknologi tinggi (high-tech) beberapa waktu terakhir.

Ascend adalah salah satu produsen masker yang terus memperbaharui desain dan teknologi dari produk-produk yang dijualnya. Selain itu, ada juga LG. Perusahaan elektronik asal dari Korea Selatan tersebut juga meluncur masker berteknologi tinggi mendekati akhir tahun 2020 ini.

Setidaknya dua produsen itu yang menunjukkan kualitas lebih efektif masker dalam melindungi manusia dari virus Covid-19. Lantas, seperti apa keduanya mengembangkan masker baru berteknologi tinggi ini?

Baca juga: Mimpi Besar Elon Musk: Inovasi Teknologi Tesla Bisa Mengubah Dunia

Ascend: Masker Nyaman, Aman dan Antimicrobial

Sejauh ini, tindakan yang banyak terbukti efektif dari upaya untuk mencegah penularan virus Covid-19 adalah dengan menggunakan masker.

Hal inilah yang menyebabkan kualitas menjadi sangat penting. Ascend Performance Materials, sebagai salah satu produsen masker dunia, tengah fokus pada pengembangan teknologi terbaik untuk mendukung penggunaan masker.

Sejak bulan Juli lalu, Ascend bahkan telah mulai rancangan produk masker berteknologi tinggi, yakni The Acteev Protect Nonwoven Mask. Masker yang satu ini didukung oleh teknologi antimicrobial dari Acteev yang sudah dibangun di dalamnya. Jadi masker tidak akan menjadi tempat bakteri atau jamur berkembang biak.

Masker dari Ascend ini pun jadinya tidak berbau, walau Anda gunakan selama beberapa waktu. Sangat nyaman dan membuat orang jadi lebih betah menggunakan masker tentunya. Kelebihan lain dari masker ini adalah bahannya yang memudahkan untuk bernafas.

Bahan masker ini juga tidak gatal di kulit wajah, jadi bagi para wanita pun tidak khawatir terus menerus menggunakan masker ini. Masker ini menggunakan bahan dasar nylon, yang memang tidak terlalu tebal tapi aman untuk menyaring udara.

Kombinasi bahan dasar dari nylon ini dilengkapi juga oleh teknologi dapat dicuci dan digunakan kembali. Berdasarkan testimoni penggunanya, masker Ascend dinilai jauh lebih nyaman untuk bernafas, bahkan jika dibandingkan dengan masker medis yang biasa.

Jika dibandingkan dengan masker N-95 pun, masker ini masih layak digunakan. Kemampuannya memberikan perlindungan lebih baik tentu lebih disarankan dibandingkan masker N-95 yang sering kali sulit dibeli.

Persediaan masker N-95 sangat terbatas, daripada harus mencari masker yang sulit dicari karena ketersediaannya terbatas, maka tidak ada salahnya mencoba masker dari ini.

Phill Mc Divitt, CEO Ascend mengatakan bahwa, “layer kain yang aktif dari Acteev menggunakan ion zinc aktif yang ada pada matriks dari polimernya, sehingga tidak akan hilang ketika dicuci – yang artinya masker ini bisa digunakan berulang kali.”

Selain itu, berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan Universitas Cambridge, Inggris, mengemukakan bahwa bahan yang digunakan oleh masker Acteev juga dapat menonaktifkan virus Covid-19 sampai tingkat efektivitas 99,9 persen. Jadi benar-benar masker yang dapat dipercaya.

Masker berbekal teknologi tinggi ini didesain dengan tingkat kenyamanan, keamanan dan perlindungan terbaik di masa pandemi ini.

Baca juga: Coronavirus Dapat Menular Lewat Plasenta

LG: Masker dengan Air Purifier Menggunakan Baterai

Agar masyarakat tetap dapat beraktivitas dengan tetap terlindung secara maksimal dari risiko virus Covid-19, dibutuhkan masker yang berteknologi tinggi.

Salah satu produk masker berteknologi yang dikembangkan oleh LG pun sempat menjadi perbincangan hangat di dunia ketika diumumkan pertama diumumkan. Untuk harga di Indonesia berkisar Rp. 3,9 juta per unitnya.

Di bulan September 2020 lalu, LG meluncurkan masker guna menjawab kebutuhan masyarakat selama pandemi. Keluhan masyarakat menggunakan masker berjam-jam adalah rasa sesak dan lengket. Namun dengan menggunakan masker LG ini, hal itu tidak akan masalah lagi.

Masker LG ini bahkan menggunakan baterai dan dilengkapi dengan air purifier. Sehingga saat bernafas menggunakan masker ini tidak akan terasa sesak. Beraktivitas menggunakan masker selama berjam-jam pun tidak akan menjadi masalah lagi.

Produk dari LG dengan air purifier ini memiliki fitur berupa dua kipas otomatis. Satu kipas di sisi kanan, satu lainnya di sisi kiri.

Adanya kedua alat tersebut memungkinkan udara segar dari luar masker bisa bertukar dengan udara di dalam, namun tetap melalui proses filterisasi. Proses udara masker ini pun tidak main-main.

Kemampuan filterisasi udara dari masker LG ini sangat baik. Teknologi H13 HEPA yang ada di dalamnya bisa membersihkan udara dan mencegah partikel kecil masuk hingga 99,95 persen. Bahkan partikel sekecil 0,1 mikron pun tidak dapat melewati filternya.

Inovasi teknologi dalam produksi masker ini tentu mendatangkan dukungan yang besar. Belum ada yang memikirkan inovasi seperti ini, walaupun tuntutan untuk menggunakan masker masih ketat. Selama virus Covid-19 masih mengancam, masker masih diperlukan.

Terobosan yang telah dibuat oleh LG dalam pembuatan masker ini dinilai telah berhasil dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dunia, bukan hanya untuk Korea Selatan saja.

“Produk masker terbaru kami ditujukan langsung untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi,” terang Kepala Bidang Teknologi LG, I.P. Park.

Oktaviana

Alumnus Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, berpengalaman di bidang penulisan dan penelitian pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *