Mahasiswa Perlu Tahu Peluang Sukses Berkarier di Bidang Budidaya

RUANGNEGERI.com – Tidak ada salahnya jika sebagai seorang mahasiswa semester akhir atau yang baru lulus, kamu coba memasuki karir bidang budidaya.

Sebab, tidak sedikit sarjana yang merasa kebingungan mencari pekerjaan. Padahal, selain dari pekerjaan mapan di kantoran kamu juga bisa menuju sukses melalui bisnis sendiri.

Avuan Muhammad Rizki (2018) melalui buku berjudul 7 Jalan Mahasiswa, menyebutkan bahwa justru dengan cara itu bisa membuka peluang kerja bagi orang lain yang tidak memiliki tingkat pendidikan tinggi.

Secara otomatis, kamu sebagai generasi muda cemerlang dapat mengurangi tingkat pengangguran, di mana Indonesia memiliki jumlah cukup besar.

Kamu tidak perlu khawatir soal masa depannya, karena selama menjalankan usaha dengan kerja keras maka karier bidang budidaya mampu mengantarmu menuju sukses. Terdapat banyak tanaman dan hewan yang bisa kamu budidaya meskipun masih seorang pemula baru mengenal dunia bisnis.

Karier ini cocok dikejar oleh mahasiswa baru lulus karena dapat dimulai dari kecil dengan modal kecil pula. Tapi, pastikan kamu mempelajari manajemennya dengan baik supaya tidak harus menunggu waktu lama untuk berkembang.

BACA JUGA: Tips buat Fresh Graduate agar Tidak Lama Menganggur

Mulailah Mencoba Karier Bidang Budidaya di Usia Muda

Memiliki usia yang masih muda mungkin memang sedikit kebingungan ketika hendak memulai karirnya, terutama di dunia usaha. Apalagi jika sebelumnya belum tahu bagaimana rasanya bekerja di sebuah perusahaan.

Padahal, saat ini pengalaman sangat dibutuhkan ketika melamar pekerjaan. Oleh karena itu, tidak sedikit pelamar yang ditolak karena belum memiliki pengalaman sama sekali.

Tapi beberapa pemuda ada yang sudah mulai mencari pengalaman kerja semenjak masih kuliah karena merasa mampu membagi waktu dengan baik tanpa melalaikan tugas utama yaitu belajar.

Lalu, bagaimana cara untuk membagi waktu antara kuliah dengan bekerja?

Sebenarnya cukup mudah karena jadwal kuliah. Sebab kuliah berbeda dengan sekolah yang memakan waktu 6 sampai 8 jam. Mungkin seorang mahasiswa hanya masuk jam kuliah maksimal 4 sampai 5 jam dalam sehari.

Coba kamu perhitungkan, dalam satu hari terdapat 24 jam yang dibagi menjadi beberapa aktivitas di antaranya adalah tidur malam 8 jam, kuliah maksimal 5 jam, istirahat siang hari 1-2 jam, dan mengerjakan tugas atau belajar 2-3 jam.

Sisanya? Mungkin beberapa akan memanfaatkannya untuk have fun bareng teman-teman. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah, namun akan lebih baik jika kamu memanfaatkannya untuk menjadi pemuda yang produktif.

BACA JUGA: Insecure Setelah Lulus Kuliah? Ini Beberapa Tips Mengatasinya

Jenis Budidaya yang Mudah Dicoba untuk Mahasiswa

Pada dasarnya budidaya tidaklah sulit, tergantung bisa atau tidaknya kamu merawat tanaman atau hewan yang dibudidaya.

Untuk memahaminya, kamu dapat belajar dari berbagai sumber seperti buku maupun internet secara lebih lengkap. Di era informasi digital ini, informasi apapun yang dibutuhkan hampir pasti ada di mesin pencarian.

Beberapa jenis karir bidang budidaya yang bisa dicoba oleh pemula seperti kamu seorang mahasiswa usia muda adalah:

1. Budidaya Jenis Tanaman Pangan

Mengapa budidaya ini ditaruh pada urutan pertama? Purnomo & Heni Purnamawati (2007), melalui buku berjudul Budidaya 8 Jenis Tanaman Pangan, mengungkapkan jawabannya.

Hal itu karena pangan merupakan kebutuhan semua orang. Oleh karena itu, ketersediaan pangan haruslah terpenuhi dengan jumlah yang cukup, mutu berkualitas dan harga terjangkau.

Dengan begitu, sudah dapat dipastikan usaha yang kamu jalankan bisa berkembang pesat. Salah satu contoh jenis pangan yang bisa dijalankan adalah sumber karbohidrat.

2. Budidaya Ikan dalam Drum

Hampir semua petani ikan di Indonesia sudah mengenal budidaya ini, di mana pengembangan besar-besaran mulai terjadi pada tahun 70-an.

Kemudian, seiring berjalannya waktu bisnis budidaya ikan dalam drum terus mengalami kemajuan. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

3. Budidaya Ikan di Tambak

Sebagai seorang mahasiswa, mulai atau tidaknya kamu memulai usaha budidaya ikan tambak tetap harus mengetahui bahwa bangsa di Nusantara sudah mengenal budidaya ikan mulai dari zaman Hindu-Budha.

Jadi, saat ini pastilah sudah mengalami banyak perkembangan dengan bantuan teknologi.

Ketiga ide budidaya tersebut sangat mudah dan memberikan peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Sebagai seorang mahasiswa yang masih disibukkan oleh tugas kuliah tetap mudah dijalankan karena tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukan perawatan.

Bahkan jika kamu berhasil membuat karir bidang budaya ini menjadi besar, kemungkinan bisa memiliki karyawan sehingga tinggal mengelola saja.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Senioritas agar Betah di Tempat Kerja

Keuntungan Memulai Karier di Usia Muda

Mudahnya menjalankan usaha budidaya ini membuat semua orang bisa berkembang dan sukses di usia muda. Tidak sedikit pengusaha muda yang melanjutkan masa kuliahnya tanpa menggunakan biaya dari orang tua.

Secara tidak langsung, kamu sudah selangkah menjadi mahasiswa mandiri sekaligus cerdas. Karena selain melupakan aktivitas perkuliahan, kamu juga sekaligus memulai usaha membangun bisnis sendiri.

Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa keuntungan yang bisa didapatkan sebelum memutuskan untuk memulai karir bidang budidaya agar mendapat motivasi supaya lebih semangat untuk berkarir sejak muda.

  • Mendapatkan Banyak Pengalaman dari Satu Bisnis

Jika kamu memiliki usaha sendiri pasti bisa mendapatkan banyak pengalaman kerja seperti manajemen, pemasaran, serta teknik budidaya.

Dengan demikian, jika nanti kamu ingin melamar pekerjaan yang pasti untuk mendapatkan gaji bulanan akan memiliki peluang besar diterima. Karena saat ini, sebagai pekerja haruslah memiliki skills dan kemampuan yang serba bisa.

  • Berpenghasilan di Usia Muda

Hampir semua mahasiswa saat ini memiliki banyak keinginan sehingga berniat untuk berpenghasilan sendiri. Nah, dengan memulai budidaya ini maka di usia muda kamu tidak lagi meminta uang pada orang tua guna memenuhi keinginan dan bahkan kebutuhan.

  • Berpeluang Besar untuk Sukses

Anak muda pasti memiliki pemikiran lebih canggih ketika menjalankan bisnis dibandingkan dengan orang tua. Mengapa?

Karena, saat ini sudah banyak bantuan teknologi yang memudahkan kamu baik dalam teknik budidaya maupun pemasaran. Secara otomatis, semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah.

  • Menghasilkan Tanpa Mengorbankan Waktu Kuliah

Pekerjaan budidaya tidak akan membutuhkan banyak waktu sehingga tidak perlu mengorbankan waktu kuliah. Tapi dengan syarat kamu memiliki manajemen waktu yang baik sehingga dapat mengatur sebaik-baiknya.

Misalnya, ketika hendak kuliah harus melakukan kewajiban seperti memberikan makan untuk ternak atau menyiram apabila budidaya tanaman.

Menjalankan bisnis budidaya sudah paling tepat untuk dijalankan oleh seorang mahasiswa yang memiliki waktu luang namun dituntut fokus dalam menempuh pendidikan.

Jadi, tidak ada kendala bagi kamu yang ingin berkarier mulai sekarang. Hilangkan rasa gengsi atas hal positif yang kamu lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *