Ingin Kerja di Luar Negeri? Inilah 10 Negara yang Nyaman Bagi Orang Asing

RUANGNEGERI.com – Masa muda adalah masa di mana kamu memiliki segalanya, kecuali pengalaman. Kamu punya usia muda, tenaga dan semangat penuh, kesehatan dan kesempatan yang terbuka luas untuk melakukan apa yang kamu inginkan.

Belum adanya ikatan tanggung jawab kepada keluarga membuatmu bebas untuk mengekspor potensi yang ada dalam dirimu. Selagi masih muda, kamu harus memanfaatkan waktu untuk menempa diri, menggali potensi dan mengerahkan kemampuanmu untuk masa depan yang cerah.

Dalam Negeri vs Luar Negeri

Dalam mengeksplorasi potensi diri, kamu bisa melakukannya dengan berbagai kegiatan seperti kuliah, berbisnis atau bekerja. Kamu pun bisa mencari pekerjaan sambilan untuk menambah pengalamanmu.

Buat kamu yang senang dengan tantangan baru dalam berkarier, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk bekerja di luar negeri meski di dalam negeri juga tetaplah memiliki potensi yang besar.

Namun dengan kehidupan luar negeri yang serba berbeda, hal itu akan memberikanmu banyak pengalaman dan ilmu baru yang tidak kamu dapatkan selama tinggal di Indonesia.

Baca juga: Insecure Setelah Lulus Kuliah? Ini Beberapa Tips Mengatasinya

Nah, berikut beberapa alasan bekerja di luar negeri bisa dijadikan pilihan:

1. Memperoleh Gaji Tinggi

Tidak dipungkiri bahwa gaji yang ditawarkan di luar negeri umumnya lebih besar di banding di Indonesia. Dengan gaji yang besar tersebut, tentunya menjanjikanmu akan masa depan yang cerah dan mapan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa orang-orang memilih bekerja di luar negeri.

2. Semakin Lancar Berbahasa Asing

Tinggal di negara asing, akan memaksamu untuk berbicara dalam bahasa mereka sebagai cara untuk berkomunikasi. Hal ini akan membuatmu semakin lancar dan fasih dalam berbahasa asing. Ini tentunya akan menjadi nilai lebih buat dirimu sendiri.

Baca juga: 4 Beasiswa Luar Negeri Paling Favorit, Yuk Ketahui Infonya

3. Menambah Jaringan

Bekerja di luar negeri mengajarkanmu cara untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kamu harus beradaptasi dengan cara bersosialisasi dan ramah terhadap orang lain. Hal ini akan membuat jaringan pertemananmu semakin luas. Kamu tidak hanya memiliki teman orang Indonesia saja, tapi juga teman dari berbagai negara lain.

4. Memahami Budaya Lain

Saat memutuskan untuk bekerja di luar negeri, kamu harus siap dengan kebudayaan di negara tempatmu bekerja. Kamu harus siap menerima kebiasaan dan adat istiadat di sana. Hal ini akan membuatmu lebih menghargai perbedaan dan memahami budaya negara lain.

5. Mendapat Kesempatan Keliling di Negeri Orang

Jalan-jalan ke negara lain, membutuhkan waktu dan budget lebih. Hal yang berbeda akan terjadi jika kamu bekerja di luar negeri. Kamu akan memiliki waktu untuk mengeksplorasi negara tempatmu bekerja dan menikmati liburan di sana.

Baca juga: Inilah 4 Beasiswa Luar Negeri di Awal Tahun

10 Negara yang Nyaman untuk Orang Asing

Bekerja di luar negeri, berarti bahwa kamu akan tinggal di negara asing dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Berikut pilihan negara yang nyaman bagi para pekerja asing yang dapat saya rangkum dari berbagai sumber:

1. Taiwan

Taiwan menempati urutan pertama negara yang nyaman untuk bekerja bagi pekerja asing selama tiga tahun berturut-turut. Hal ini pun menjadi yang pertama dalam Indeks Kualitas Hidup dan Bekerja di Luar Negeri.

Sebagian besar pekerja asing merasa puas dengan keadaan ekonomi lokal dan keamanan mereka. Sekitar 96 persen pekerja asing pun menilai positif menyangkut kualitas perawatan medis di Taiwan.

2. Singapura

Singapura merupakan tempat yang tepat untukmu berkarier, apalagi jika kamu adalah seorang workaholic. Singapura adalah negara yang terbuka bagi orang asing untuk memiliki karier di sana. Namun tuntutan pekerjaan di sana akan membuatmu kesulitan dalam menyeimbangkan antara karier dan kehidupan pribadi.

Rata-rata pekerja asing di sana menilai Singapura sebagai negara yang tepat untuk meningkatkan pendapatan tapi di sisi lain menurunkan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Baca juga: Poin Penting dalam Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik

3. Swiss

Negara yang berada di Eropa Tengah ini merupakan tempat yang menjanjikan untukmu berkarir. Swiss mencetak skor yang sangat baik untuk kamu mengembangkan kariermu.

Tak kurang dari 62 persen orang asing yang bekerja di sana menilai Swiss merupakan negara yang menawarkan lingkungan yang baik untuk pengembangan karier mereka.

4. Inggris 

Inggris adalah negara yang mendapat nilai tinggi dalam pendidikan. Lebih dari dua per lima pekerja asing di sana memiliki gelar pascasarjana. Inggris pun merupakan salah satu dari empat negara terbaik di dunia untuk berkarier.

Mayoritas pekerja asing di Britania Raya mengatakan bahwa budaya kerja di sana lebih baik dibanding negara asal mereka. Gaji yang tinggi dan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan karier adalah faktor penarik utama bagi para pekerja asing.

Baca juga: Tips Buat Fresh Graduate Agar Tidak Lama Menganggur

5. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA) sangat terkenal dengan insentif keuangannya. Sekitar 95 persen pekerja asing mengatakan bahwa mereka menerima manfaat yang besar dari paket kepegawaian negeri tersebut.

UEA menawarkan paket kepegawaian terbaik. Ada manfaat kesehatan, tunjangan akomodasi, biaya perjalanan pulang dan berbagai tunjangan lainnya yang semuanya diberikan dengan fasilitas terbaik. Sementara 73 persen pekerja asing mengatakan pendapatan dan budaya kerja mereka meningkat dibanding di negara asal mereka.

6. Jerman

Jerman menawarkan budaya kerja dan tingkat keamanan yang tinggi bagi para pekerja asing. Pasar tenaga kerja di sana sangat teratur, hampir tiga per empat pekerja asing di sana mengklaim peningkatan keamanan kerja di Jerman dibanding negara asalnya.

Sekitar 70 persen pekerja asing pun menyatakan kehidupan pribadi dan pekerjaan mereka menjadi lebih seimbang sejak mereka pindah ke Jerman.

Baca juga: 5 Cara Membangun Jaringan Karier saat Kuliah

7. Norwegia

Norwegia merupakan salah satu negara yang terletak di Eropa Utara. Norwegia termasuk ke dalam negara dengan angka kriminalitas yang sangat rendah. Jika kamu seorang perempuan dan ingin berkarier di luar negeri, Norwegia patut kamu pertimbangkan sebagai salah satu negara tujuanmu.

Hal itu karena Norwegia merupakan salah satu negara yang dinilai memiliki tingkat kesetaraan gender terbaik di dunia. Bahkan pada tahun 2017, Norwegia termasuk ke dalam salah satu negara paling bahagia di dunia.

8. Kanada

Kanada merupakan negara yang sangat ramah dan toleran terhadap keberagaman. Kanada dinobatkan sebagai negara paling ramah terhadap perbedaan ras, jenis kelamin hingga kepercayaan.

Sekitar 76 persen pekerja asing mengatakan bahwa Kanada lebih terbuka dibanding negara asal mereka. Para pekerja asing banyak mengaku mendapati lingkungan kerja mereka lebih aman, stabil dan bersahabat.

Baca juga: Ketahui Pribadi dan Karier ENTJ yang Karismatik serta Percaya Diri

9. Hong Kong

Hong kong adalah tempat yang bagus bagimu untuk mengembangkan karier. Tapi kehidupan di sana akan menyulitkanmu untuk menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan karier.

Selain itu, potensi Hong kong sebagai salah satu pusat perdagangan dunia pun merupakan salah satu alasan mengapa negara ini menjadi salah satu negara yang nyaman bagi para pekerja asing.

10. Bahrain

Bahrain merupakan pendatang baru dalam 10 besar negara paling nyaman untuk pekerja asing. Bahrain menawarkan tunjangan akomodasi, tiket pesawat dan perawatan medis untuk para pekerja asingnya.

Sebanyak 59 persen dari pekerja asing mengatakan bahwa iklim kerja di Bahrain bagus untuk pengembangan karier.

Itulah ulasan dari 10 negara yang nyaman untuk bekerja bagi para pekerja asing. Apakah kamu tertarik untuk bekerja di salah satu dari negara-negara tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *