Kepribadian ESTJ yang Logis dan Sistematis

  • Whatsapp
Kepribadian dan Karier ESTJ yang Logis dan Sitematis
Sumber: Pizabay/geralt

RUANGNEGERI.com – Seseorang dengan kepribadian ESTJ (Extroversion, Sensing, Thinking, Judgement) secara umum bisa lebih mudah mengasah bakat dan kemampuannya dari dalam diri mereka sendiri karena sifatnya yang terencana dan tersistematis.

Namun di satu sisi, terkadang orang dengan kepribadian ini justru merasa tidak nyaman dengan dirinya sendiri. Hal itu karena merasa berbeda dengan orang lain. Padahal, mereka sebenarnya bisa memaksimalkannya untuk hal yang positif.

Bacaan Lainnya

Mengenal Lebih Dalam Karakter dan Karier ESTJ

Naomi L. Quenk (2009) dalam bukunya yang berjudul Essentials of Myers-Briggs Type Indicator Assessment Second Edition, mendeskripsikan pemilik kepribadian ESTJ merasa dirinya dituntut untuk mendeteksi hal yang bersifat tidak rasional.

Dengan sifat naluri alamiahnya ini, mereka bertindak atas berbagai hal dengan cara yang sangat logis. Mereka akan menerima apa saja dengan logika dan cenderung langsung menolak atau tidak mau bertele-tele atas apa yang di luar logika. Itulah mengapa pemilik ESTJ bisa dikatakan sebagai sosok yang sederhana.

Namun kesederhanaannya ini dilengkapi dengan tuntutan untuk bisa mendapatkan visual yang bagus sebagai penghilang stres, sehingga pemilik kepribadian ESTJ rawan stres.

Dengan karakter ekstrovert (terbuka) yang dimilikinya, kepribadian ini memiliki jiwa periang dan suka melakukan sosialisasi dengan orang lain. Di sekitar orang ESTJ, biasanya akan muncul orang-orang yang butuh perhatian dan suka dengan keramaian.

Jadi, siapa pun yang dekat dengan ESTJ akan cenderung lebih santai, rileks, bekerja dengan bahagia dan tidak mudah terbawa emosi. Karena pembawaannya yang memang sederhana.

Baca juga: Inilah Langkah Karier ESFJ, Seorang yang Serius dan Berkomitmen

Keunggulan Tipe Kepribadian ESTJ

Seseorang dengan tipe kepribadian ini memiliki energi yang besar untuk merasa percaya diri atas dirinya sendiri. Selain itu juga bersikap realistis dan hanya membuat keputusan berdasarkan fakta sebagaimana dijelaskan oleh Isabel Briggs Myers (1993) dalam bukunya yang berjudul Introduction to Type.

Mereka sangat adaptif meskipun bersifat visioner, banyak contoh di dalam kehidupannya yang membuktikan betapa bagusnya kemampuan dalam beradaptasi. Salah satunya adalah dari cara beradaptasi dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Quenk (2009) menambahkan jika pemilik kepribadian ESTJ membutuhkan perubahan gaya hidup jika merasa hubungannya dengan orang lain terancam.

Namun, Chrissy Marlowe (2017) dalam bukunya berjudul Management and Leadership Style menyebutkan bahwa pemilik kepribadian ini juga bisa bersikap cerdas dalam kerja tim serta bisa menjadi pemimpin untuk orang di sekitarnya.

Hal itu karena orang ini memiliki struktur yang tertata. Semuanya harus terkontrol dan terorganisir dengan baik sehingga pantas untuk dijadikan panutan.

Baca juga: Memiliki Empati Tinggi, Karier ENFJ Lebih Sempurna dalam Bidang Berikut Ini

Karier ESTJ yang Cocok

Dengan sifatnya yang sedemikian rupa, sebagai sosok yang objektif, selalu berpikir dengan logika, terstruktur, tersistematis dan bisa mengatur orang-orang di sekitarnya, ada beberapa pekerjaan yang cocok untuk karier ESTJ. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Manajer Hotel/Perusahaan

Karier pertama yang akan pas dengan kepribadian ESTJ adalah seorang manajer hotel/perusahaan, terutama yang berkaitan dengan jasa. Sebab, mereka adalah sosok yang terstruktur. Membuat struktur organisasi dengan tugasnya masing-masing tidaklah sulit bagi mereka.

2. Agen Perumahan

Selain manajer, mereka juga akan nyaman menjadi seorang agen perumahan. Bertemu dengan orang baru, menjalin komunikasi dan menyampaikan tujuan mereka secara terstruktur adalah apa yang mereka kuasai.

3. Konsultan Bisnis

Sangat senang bekerja dan berinteraksi dengan orang lain, itulah yang dinyatakan oleh Myers (1993). Hal ini menjadi modal kuat untuk membuatnya bisa menjadi seorang konsultan, terutama untuk skala bisnis kelas menengah yang harus disusun secara sistematis sekaligus memerlukan interaksi dengan orang baru maupun juga dengan orang lama.

4. Aparat Keamanan

Selalu berpikir secara logika juga membuat mereka dinilai akan menjadi seorang aparat keamanan di masyarakat yang profesional. Apalagi ESTJ sendiri digambarkan sebagai warga negara klasik yang sangat taat dengan perundangan.

5. Pelatih

Orang dengan kepribadian ESTJ juga memiliki standar yang sangat jelas. Mereka tahu betul apa yang dilakukan dan apa yang diberikan untuk orang lain. Dengan sifatnya ini, mereka dinilai bisa menjadi sosok pelatih yang sempurna.

Baca juga: Ketahui Pribadi dan Karier ENTJ yang Karismatik serta Percaya Diri

Tokoh ESTJ Terkenal yang Menginspirasi

Tokoh ESTJ yang terkenal dan menginspirasi banyak didominasi pemilik jabatan penting di Gedung Putih Amerika Serikat. Di antaranya adalah Lyndon B. Johnson, Grover Cleveland, Franklin Pierce, William Henry, Andrew Jackson hingga James Monroe. Mereka semuanya pernah menduduki posisi penting sebagai Wakil Presiden AS.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, karakter ESTJ adalah tipe orang terorganisir dan mampu mengatur secara detail hal-hal yang ada di sekitarnya. Jadi, meskipun terbuka dan suka dengan sosialisasi, bukan berarti ESTJ orang yang tidak bisa asertif (tegas namun tetap menghargai pendapat orang lain).

Orang dengan tipe ini justru memiliki daya atur serta manajemen yang cukup baik. Termasuk untuk mendapat tugas sebagai seorang wakil presiden, dibutuhkan sifat sistematis supaya bisa bekerja sama dengan sang presiden.

Meski begitu, tokoh terkenal dengan pemilik kepribadian ESTJ tidak semuanya wakil presiden atau sosok di bidang politik. Sebagian sisanya memilih karier sebagai manajer, pimpinan dan tugas penting lainnya. Dengan karakternya yang terorganisir sekaligus visioner, karier orang ESTJ biasanya cenderung bertahan lama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *