Inilah Langkah Karier ESFJ, Seorang yang Serius dan Berkomitmen

RUANGNEGERI.com – Seseorang dengan tipe kepribadian Extraverted, Observant, Feeling, Judging (ESFJ) secara umum adalah tipe yang loyal, serius serta berkomitmen tinggi. Karena memiliki komitmen yang kuat, loyalty bukanlah hal yang perlu diragukan dari seorang pemilik kepribadian ini.

Mungkin Anda adalah salah seorang pemilik kepribadian ESFJ, apa saja karier yang cocok? Anda perlu mengenal lebih banyak tentang kepribadian ini. Apa keunggulannya, apa saja karier yang disarankan hingga tokoh terkenal yang menginspirasi.

Baca juga: Tips Buat Fresh Graduate Agar Tidak Lama Menganggur

Mengenal Karakter ESFJ dan Menemukan Karier yang Tepat

Sebenarnya mudah bagi seorang ESFJ untuk menjalin hubungan dengan orang lain, namun mereka terkadang terlalu mengkhawatirkan status sosial mereka. Bukan jadi masalah, sebab mereka menjadikan kekurangan ini untuk terus belajar supaya memiliki value lebih.

Mereka memang sosok yang serius dan mudah berkomitmen, namun mereka tetaplah sosok yang hangat dan cukup sensitif. Sensitivitasnya inilah yang membuat mereka cenderung suka memberikan yang terbaik untuk orang-orang di sekitarnya.

Sifat lain yang dimiliki ESFJ adalah memiliki kemampuan partial yang kuat, memiliki perasaan kuat, selfless, sangat loyal dan terkadang lemah terhadap kritikan.

Dengan begitu, seseorang yang memiliki kepribadian ini harus bisa mengakomodasi kelemahan tersebut dengan pemikiran yang lebih terbuka. Tujuannya adalah agar tidak mudah terbawa perasaan saat menerima kritikan.

Baca juga: Memiliki Empati Tinggi, Karier ENFJ Lebih Sempurna dalam Bidang Berikut Ini

Keunggulan Tipe Kepribadian ESFJ

Pintar dalam memahami orang lain, bisa peka dengan keadaan sekitar adalah dua keunggulan ESFJ menurut Naomi L. Quenk (2009) dalam bukunya yang berjudul Essentials of Myers-Briggs Type Indicator Assessment Second Edition.

Dengan sifat tersebut, maka orang dengan tipe ini akan menjadikan mereka sebagai sosok yang disukai banyak orang dan sekaligus bisa menjadi ‘penghibur’ dalam suatu perkumpulan.

Selain itu juga akan melakukan segalanya dengan tuntas. Apa saja yang menjadi tugasnya, orang ini tidak ada yang namanya setengah-setengah. Sebab mereka memang mengutamakan ketuntasan atau penyelesaian.

Bagi Isabel Briggs Myers (1993) dalam bukunya yang berjudul Introduction to Type, pemilik kepribadian ini membutuhkan keharmonisan di sekitarnya. Mereka juga senantiasa bersikap kooperatif untuk orang-orang di sekitarnya. Sehingga tak sulit bagi mereka untuk bisa tetap profesional meski aslinya mereka adalah orang yang hangat.

Hal yang tak kalah menarik dari seseorang dengan kepribadian ESFJ adalah sangat setia meskipun untuk hal kecil. Hal ini membuat mereka akan mengerjakan suatu pekerjaan sesuai dengan aturan yang diberikan serta siap mengesampingkan egonya.

Baca juga: Ketahui Pribadi dan Karier ENTJ yang Karismatik serta Percaya Diri

Pekerjaan yang Cocok untuk ESFJ

Beberapa pekerjaan pilihan untuk orang dengan tipe kepribadian ESFJ, mulai dari instruktur korporat hingga koreografer. Berikut rekomendasi kariernya yang saya rangkumkan dari berbagai sumber.

1. Manajer Kantor/Perusahaan

Menurut M. Chrissy Marlowe (2017) dalam bukunya berjudul Management and Leadership Style, ESFJ adalah seseorang yang hangat dan mau mendengar orang lain meski jabatan atau statusnya di bawah mereka.

Karena sifatnya ini, salah satu langkah berkarier untuk ESFJ yang direkomendasikan adalah menjadi seorang manajer kantor. Melakukan semua manajemen untuk skala kantor baik mikro maupun makro, mau mendengar masukan dari bawahannya, dan melakukan segalanya dengan terstruktur, adalah kompetensi dari ESFJ.

2. Wartawan Hukum

Wartawan hukum adalah saran pekerjaan ESFJ berikutnya yang disarankan. Mereka akan bisa belajar hal baru dengan mudah sekaligus bisa bersikap serius. Jika Anda memilih jurusan hukum atau jurnalistik nanti saat kuliah, menjadi wartawan hukum mungkin akan membuat Anda tertarik.

Kepribadiannya yang ekstrovert (terbuka) mempunyai ciri khas lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain. Hal itu tentu sangat menunjang karier ini.

Apalagi jika ranahnya adalah hukum perdata yang membutuhkan banyak networks maupun relasi untuk mengumpulkan informasi secara mendalam dan faktual.

Baca juga: 5 Cara Membangun Jaringan Karier saat Kuliah

3. Peneliti

Orang dengan tipe kepribadian ESFJ ini juga sosok yang suka menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Namun mereka juga membutuhkan apresiasi. Dengan dua sifat yang ada ini, mereka layak menjadi seorang peneliti.

Peneliti di sini bisa saja dalam berbagai bidang keilmuan. Mereka akan mengutamakan hasilnya yang objektif meskipun hal itu harus membutuhkan lebih banyak waktu.

Untuk Anda yang masih bingung memilih jurusan kuliah dan kebetulan memiliki kepribadian ini, bisa memilih ilmu-ilmu murni. Seperti misalnya biologi, kimia, matematika, geografi, sejarah, dan ilmu murni lainnya.

Sedangkan untuk Anda yang sudah kuliah dan belajar di ilmu terapan, tetap bisa menjadi peneliti di bidang yang sama.

4. Instruktur Korporat

Karena bisa berkomitmen dan serius sekaligus, ESFJ akan cocok menjadi seorang instruktur dalam skala makro. Salah satu contohnya adalah instruktur korporat, yang membutuhkan komitmen tinggi dalam mengerjakan tugasnya.

5. Koreografer

Karena bisa membuat orang lain merasa percaya diri dan mendukung kemampuan orang lain, mereka cocok menjadi seorang koreografer jika mau mempelajari bidang ini.

Baca juga: Quotes Motivasi Sanguinis Membangun Pribadi yang Lebih Berani

Tokoh ESFJ Terkenal yang Menginspirasi

Bill Clinton adalah salah satu mantan presiden Amerika yang memiliki kepribadian ESTJ. Tidak hanya menjadi presiden, karena komitmennya dalam melayani warga, ia juga pernah menjadi seorang gubernur.

Salah satu karier ESFJ yang disarankan di atas adalah koreografer. Nancy Kerrigan adalah salah satu inspirasinya, seorang pemain skatter yang andal sekaligus pemain film.

Contoh tokoh inspiratif lainnya untuk mendukung karier ESFJ adalah William McKinley, Terry Bradshaw dan Sally Field. Ketiganya berturut-turut adalah mantan Presiden Amerika Serikat, pemain sepakbola serta artis senior papan atas dunia.

Shara Nurrahmi

Guru dan Penulis, alumnus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *