Prospek Karier ENTP yang Suka Tantangan dan Kreatif

  • Whatsapp
Karier ENTP yang Suka Tantangan dan Kreatif
Sumber: Pixabay/Mediamodifier

RUANGNEGERI.com – Seseorang dengan tipe kepribadian Extraverted, Intuitive, Thinking, and Prospecting (ENTP) dikenal sangat menyukai tantangan. Oleh karenanya wajar bila kebanyakan karier orang ini terkesan di luar ‘batas’ yang membutuhkan banyak tantangan.

Sejumlah tokoh terkenal dengan kepribadian ini pun juga sama, yakni banyak mencerminkan perilakunya yang out of the box.

Bacaan Lainnya

Mengenal Karakter ENTP

Naomi L. Quenk (2009) dalam bukunya yang berjudul Essentials of Myers-Briggs Type Indicator Assessment, menyebutkan bahwa di satu sisi, orang dengan kepribadian ENTP suka berdebat. Namun terkadang suka meragukan dirinya sendiri. Dua sifat yang bertolak belakang tersebut sering kali datang bersamaan.

Karakter orang ENTP juga merupakan sosok yang cukup pandai dan berani meningkatkan kompetensinya. Apa pun skills yang dimiliki oleh seorang ENTP, kalau mereka memang tertarik, mereka siap meningkatkannya.

Beberapa pilihan karier ENTP banyak diisi dengan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan peningkatan bakat dan kemampuannya. Selain berbakat, orang ini juga bisa diandalkan dalam mengambil keputusan secara cepat meski kadang dihantui rasa takut pada dirinya sendiri.

Baca juga: Kepribadian ESTJ yang Logis dan Sistematis

Keunggulan Tipe Kepribadian ENTP

Menurut M. Chrissy Marlowe (2017) dalam bukunya berjudul Management and Leadership Style, ENTP mampu bekerja dalam tim. Karakternya suka dengan tantangan serta dilengkapi dengan sifat bisa bekerja dalam tim dan bisa mengerjakan semuanya secara terorganisir.

Hal itu banyak membuat pilihan kariernya yang tidak jauh dari skala perusahaan besar. Mereka tetap bisa bekerja secara individual, namun jika bekerja dalam tim. Sering kali juga bisa menjadi sosok ‘pelengkap’.

Tanpa sosok ENTP, sebuah tim akan terasa kurang. Sebab mereka merupakan sosok yang suka debat, mempertahankan kebenaran dan cukup disukai orang di sekitarnya.

Baca juga: Inilah Langkah Karier ESFJ, Seorang yang Serius dan Berkomitmen

Pembawaannya juga energik, karismatik serta orisinal (tidak suka meniru orang lain). Mereka bisa dengan mudah mendapatkan ide yang masih baru, sebab mereka sendiri memang tidak suka ikut-ikutan saja.  Didukung dengan sifatnya yang energik membuat mereka bisa mengerjakan tugas dengan cepat.

ENTP juga merupakan seorang yang excellent brainstromers, pandai dalam menganalisis masalah sekaligus mencari solusi yang tepat. Solusi yang ditawarkannya sering kali sudah melalui proses pemikiran yang matang karena mampu menganalisis permasalahan di sekitarnya.

Baca juga: Memiliki Empati Tinggi, Karier ENFJ Lebih Sempurna dalam Bidang Berikut Ini

Pekerjaan yang Cocok untuk ENTP

Setelah membahas tentang pengertian dan keunggulan tipe kepribadian ini, tentu Anda juga ingin tahu apa saja pekerjaan yang cocok untuk seorang ENTP. Beberapa daftar berikut ini bisa menjadi pilihan karier. Apakah Anda ingin menggeluti salah satunya?

1. Sutradara

Sebagaimana disebutkan di atas, orang ENTP sangat bisa bekerja dalam tim. Mereka pantas menjadi seorang sutradara, karena sutradara harus mampu mengorganisir rekan atau tim dalam pembuatan sebuah film dan produk kreatif lainnya.

Bakat mereka dalam berdebat membuatnya justru disegani sebagai seorang sutradara. Sebab mereka yang belajar di dunia perfilman telah mengerti bagaimana menciptakan seni yang bagus, sehingga mereka cenderung bersikap ‘batu’ untuk mempertahankan keinginannya.

Baca juga: Ketahui Pribadi dan Karier ENTJ yang Karismatik serta Percaya Diri

2. Psikolog

ENTP memang seorang pendebat, namun jangan lupa bahwa mereka juga sosok yang menyukai tantangan. Mereka cenderung memiliki kemampuan untuk mengerjakan beberapa tugas sekaligus (multi-tasking).

Mau sebanyak apa pun klien yang mereka miliki dalam satu hari, sebagai psikolog mereka tetap bisa menangani semuanya dan memberikan service terbaik untuk masing-masing.

3. Perencana Keuangan

Bisa menganalisis apa yang ada di sekitarnya dengan sangat cermat, hal ini ditulis oleh Isabel Briggs Myers (1993) dalam bukunya yang berjudul Introduction to Type. Ya, mereka memang suka berdebat, namun untuk bekerja individual, mereka adalah sosok yang cermat.

Dengan sifatnya ini, karier sebagai perencana keuangan yang cerdas bisa menjadi pilihan. Bahkan, keuangan perusahaan besar pun bisa tetap terselamatkan jika sosok dengan kepribadian ENTP yang mengerjakannya.

Karier lainnya yang bisa saja dipilih karena sifat dari kepribadian ini cukup banyak, asalkan itu pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kecermatan, ENTP juaranya.

Baca juga: Quotes Motivasi Sanguinis Membangun Pribadi yang Lebih Berani

4. Copywriter

Kreatif dan inovatif serta bisa memberikan argumen yang kuat, mereka bisa menjadi seorang copywriter yang sukses. Untuk diketahui, copywriter adalah penulis skrip sebuah website yang bertujuan untuk beriklan.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, orang dengan kepribadian ENTP sangat cemerlang di masa mendatang. Di era digital yang semakin bertambahnya waktu, marketing online juga semakin banyak dibutuhkan dalam dunia usaha.

5. Seniman

Orang dengan kepribadian ENTP ini juga bisa fleksibel dan kreatif, dua hal ini sangat mendukung apabila menjadi seorang seniman. Seniman apa saja, baik seni musik, seni rupa hingga seni tari, tergantung bidang yang dipelajari.

Meski demikian, mereka tidak tertarik dengan hal partial. Hal itu juga sering kali membuat mereka kesulitan untuk menjadi seseorang yang bekerja dengan konsep secara terikat. Akan lebih cocok jika menjadi seorang seniman independen, bekerja tanpa konsep yang ditentukan oleh orang lain.

Baca juga: Intrapersonal Koleris Berpotensi Menjadi Pemimpin yang Sukses

Tokoh ENTP Terkenal yang Menginspirasi

Beberapa tokoh dengan kepribadian ENTP di antaranya adalah Walt Disney, Thomas Edison, Theodore Roosevelt, Lewis Carroll, Alexander The Great dan lainnya.

Dari semua tokoh di atas, jika disimak kisahnya, didominasi oleh orang-orang hebat yang menciptakan sebuah karya. Baik itu karya seni yang menghibur orang banyak sekaligus juga karya berwujud inovasi teknologi.

Alexander The Great (Alexander Agung) misalnya, dikenal sebagai seorang pemimpin kekaisaran Makedonia di Yunani pada abad ke-4 Masehi yang disegani pada saat itu. Dikenal sebagai sosok yang energik, kreatif dan juga banyak ide, mampu membuat strategi perang yang bagus.

Meskipun sekarang sudah modern, karier ENTP juga tetap bisa terinspirasi dari tokoh-tokoh tersebut. Tentunya, dengan pendekatan sesuai zamannya.

Orang dengan kepribadian ini akan bisa memaksimalkan banyak hal yang berkaitan dengan petualangan dan passion-nya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *