Ketahui Pribadi dan Karier ENTJ yang Karismatik serta Percaya Diri

RUANGNEGERI.com Seseorang dengan kepribadian ENTJ atau extraversion, intuition, thinking, and judging sangat menonjol karena sifatnya yang cenderung karismatik sekaligus memiliki tingkat percaya diri yang tinggi.

Memahami tentang bagaimana seluk beluk karier ENTJ akan membantu si pemilik kepribadian ini dalam belajar banyak hal. Baik dalam belajar tentang kehidupan sehari-hari, menentukan pilihan studi dalam belajar maupun saat menjalani perkuliahan.

Jika kamu termasuk yang memiliki kepribadian ini, maka ulasan berikut bisa sangat bisa membantu mengetahui lebih dalam bagaimana life path selanjutnya dalam hidupmu.

Baca juga: Tips Buat Fresh Graduate Agar Tidak Lama Menganggur

Mengenal Kepribadian dan Karier ENTJ

Mengenal karakter bisa memberikan pencerahan yang cukup untuk mengetahui bagaimana karier ENTJ yang tepat. Tidak sulit bagi pemilik kepribadian ENTJ untuk berkarier, sebab mereka sudah memiliki sifat percaya diri dari lahir.

Jika sudah percaya diri, maka jelas tidak sulit untuk bergaul atau bergabung dalam sebuah tim. Meski begitu, mereka tetap bisa bekerja sendiri atau individu. Membuat kesempatan berkarir mereka semakin luas saja.

Sosok ENTJ memiliki intuisi introvert (tertutup) dan pemikiran extrovert (terbuka) sekaligus. Istilah itu juga sering kali disebut dengan extraverted thinking with introverted intuition.

Secara umum, orang dengan tipikal ini sebenarnya lebih mengedepankan perasaannya. Hanya saja, orang berkarakter ini terkadang tertutup dengan keadaan yang memaksa mereka untuk berpikir dengan nalar.

Baca juga: 5 Cara Membangun Jaringan Karier saat Kuliah

Keunggulan Tipe Kepribadian ENTJ

Naomi L. Quenk (2009) dalam bukunya yang berjudul Essentials of Myers-Briggs Type Indicator Assessment (edisi ke-2), berpendapat bahwa pemilik kepribadian ENTJ sangat mengerti dirinya sendiri. Dengan begitu, mereka akan cenderung lebih mampu memahami apa yang terjadi pada diri mereka.

Salah satu contoh yang paling banyak dijumpai adalah mereka tidak perlu berpikir ulang untuk mencari seseorang yang bisa menerima konsultasi. Ini dilakukan demi bisa menyelesaikan apa yang salah dengan diri mereka.

Lebih lanjut lagi, orang dengan kepribadian ini juga cukup terbuka dengan ide atau gagasan baru (open-minded). Hal itu dibuktikan dengan cara orang tersebut menerima masukan. Mereka tetap akan menerima dengan baik meski bertolak belakang dengan keinginannya.

Baca juga: Sejumlah Peluang Kerja Buat Kamu yang Ingin Berkarier di Bidang Humaniora

Isabel Briggs Myers (1993) dalam bukunya yang berjudul Introduction to Type, menambahkan bahwa kepribadian ENTJ sangat lihai dalam melakukan berbagai analisis masalah yang ada di sekitarnya, baik yang mikro maupun makro. Setelahnya mereka akan mencari solusi yang paling pas dan terorganisir.

Satu lagi keunggulan tipe kepribadian ENTJ yang dinyatakan oleh Isabel Briggs Myers (1993) yakni tidak segan dalam mengeluarkan ide mereka. Dalam artian lebih percaya diri dalam mengungkapkan gagasannya.

Terlepas idenya bakal diterima oleh orang di sekitarnya atau tidak, mereka berpikir bahwa dengan mengeluarkan ide setidaknya telah ada kontribusi yang diberikan.

Baca juga: Quotes Motivasi Sanguinis Membangun Pribadi yang Lebih Berani

Karier yang Cocok untuk Pribadi ENTJ

Karier seorang dengan kepribadian ENTJ akan lebih mudah dipahami setelah mengerti profesi atau pekerjaan apa saja yang disarankan. Pemilik kepribadian ini adalah sosok yang percaya diri, namun juga bisa menjadi seorang pemikir. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang cocok.

1. Agen atau Marketing

Pekerjaan yang pertama adalah menjadi seorang agen atau marketing perusahaan barang/jasa. Agen asuransi misalnya, dengan kepercayaan dirinya, tidak sulit bagi mereka untuk mengajak orang lain.

Mengajak orang untuk menggunakan sebuah produk yang bersifat servis, salah satunya produk asuransi. Dengan sifat ekstrovert-nya (terbuka), ENTJ akan bisa membantu banyak orang dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pelayanan sosial.

Jadi, jika kamu adalah seorang dengan kepribadian ENTJ dan ingin menjadi agen asuransi, maka pilihan ini tentu sangat cocok. Demikian juga untuk dunia marketing yang harus menuntut untuk banyak berhadapan dengan pelanggan.

Baca juga: Motivasi Interpersonal Plegmatis Bisa Sukses Lewat Keahlian Melobi

2. Pengacara

Isabel Briggs Myers (1993) menyebutkan pula bahwa pribadi ENTJ ini sangat mampu mengubah probabilitas menjadi sebuah rencana. Dalam dunia pengacara khususnya, keahlian tersebut sangat penting dan dibutuhkan.

Sehingga karier pribadi seorang ENTJ akan pas dengan apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pengacara. Mereka berkarisma, percaya diri, dan pandai mengonversi masalah menjadi sebuah solusi.

3. Hakim

Mirip dengan pengacara, karier seorang ENTJ juga akan nyaman menjadi seorang hakim. Kemampuan analisis mereka cukup kuat dan bisa menjadi pemikir yang hebat. Itulah alasannya.

Analisis yang hebat ditambah dengan sifat ekstrovert membuat seorang dengan tipe kepribadian ini bisa memiliki banyak relasi yang tepat untuk memecahkan suatu perkara. Karena itulah, pekerjaan sebagai hakim juga sangat cocok untuk seseorang dengan kepribadian ENTJ.

Baca juga: Punya Karakter Melankolis? Ketahui Cara Mengoptimalkannya

4. Administrator

Tipe kepemimpinan ENTJ bagi M. Chrissy Marlowe (2017) dalam bukunya berjudul Management and Leadership Style adalah clear structure. Bisa bekerja dalam tim ditambah dengan sifat mengerjakan segala sesuatu dengan ‘bersih dan rapi’ membuat mereka bisa menjadi seorang admin atau administrator yang andal.

Di bidang apa saja mereka menjadi admin akan sukses-sukses saja karena sudah memiliki sifat ini. Jika kamu merupakan orang dengan pemilik kepribadian ini, kesempatan menjadi seorang admin maupun hal-hal yang bersifat administratif di perusahaan besar telah menanti. Terlepas dari jurusan apa pun yang sekarang dipelajari atau yang dipilih nanti.

Hal itu karena tipe kepribadian ENTJ ini juga tak terlalu harus linear dalam bidang keilmuan tertentu yang sedang ditekuni. Yang penting adalah kamu bisa memaksimalkan potensi yang ada dengan berbagai upaya dan pelibatan orang terdekat, karena itu penting bagi seorang ekstrovert.

5. Insinyur Proyek

Karier ENTJ juga merupakan pribadi yang sangat nyaman dengan rencana jangka panjang atau long-term planning. Membuat mereka yang mau belajar di bidang bangunan dan material akan pandai menjadi seorang insinyur proyek yang memiliki durasi panjang.

Orang dengan karakter ini sangat penting untuk proyek jangka panjang. Sebab, perencanaan yang matang untuk sebuah proyek besar tentu tidak hanya mempertimbangkan aspek jangka pendek saja.

Baca juga: Poin Penting dalam Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik

Tokoh ENTJ Terkenal

Salah satu tokoh dengan kepribadian ENTJ yang menginspirasi adalah Aristoteles. Sebagai mahasiswa atau calon mahasiswa, pasti nama ini sudah tak asing lagi bukan?

Ia merupakan seorang filsuf dari Yunani yang telah memunculkan banyak ide dan teori yang masih digunakan sampai sekarang. Sangat pas untuk deretan karier ENTJ yang membutuhkan pemikiran mendalam.

Contoh lain adalah Albert Arnold Gore atau biasa disebut Al Gore, salah satu politikus ternama sekaligus mantan wakil Presiden Amerika Serikat di era Presiden Bill Clinton.

Al Gore juga terkenal sebagai seorang environmentalist atau orang yang peduli terhadap lingkungan hidup berkelanjutan yang meraih hadiah Nobel Perdamaian tahun 2007.

Tokoh lainnya yang juga memiliki kepribadian ini adalah Harrison Ford seorang aktor senior asal AS serta Margaret Thatcher, Perdana Menteri Inggris dari tahun 1979 hingga 1990 yang dijuluki the Iron Lady atau “Wanita Besi.”

Selain itu juga ada sederet nama lain seperti Patrick Stewart, Franklin D. Roosevelt, David Letterman, hingga Candice Bergen. Menjadi politikus juga menjadi salah satu pilihan karier dari seorang dengan kepribadian ENTJ.

Shara Nurrahmi

Guru dan Penulis, alumnus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *