Ketahui 10 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Tinggi

RUANGNEGERI.com – Buat kamu yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, mungkin di antara kamu masih bingung memilih jurusan yang cocok ke depannya.

Tidak hanya harus memperhatikan pelajaran yang kamu sukai dan kuasai, faktor peluang kerja pun perlu dipertimbangkan. Karena bagaimana pun juga peluang kerja berkaitan dengan masa depanmu.

Memilih jurusan kuliah yang tepat bisa diibaratkan menjadi fondasi untuk membangun karier di masa depan. Jurusan kuliah bagaikan perahu yang bisa mengantarmu ke masa depan yang kamu impikan.

Seperti di SMA, jurusan kuliah pun terbagi ke dalam dua golongan jurusan, yakni jurusan eksakta dan non-eksakta. Jurusan eksakta dikenal juga dengan nama jurusan ilmu pasti. Jurusan eksakta melingkupi teknik sipil, teknik mesin, arsitektur, matematika, kedokteran, farmasi, teknik informasi dan lain-lain.

Sedangkan jurusan non-eksakta adalah ilmu sosial seperti ilmu ekonomi, hukum, psikologi, akuntansi, sosiologi, bimbingan konseling, ilmu politik dan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan masyarakat lainnya.

Baca juga: Tips Buat Fresh Graduate Agar Tidak Lama Menganggur

Jurusan dengan Peluang Kerja Tinggi

Di antara eksakta dan non-eksakta, manakah di antara keduanya yang memiliki peluang kerja tinggi dan bergaji besar? Simak ulasan singkat berikut.

1. Pendidikan Dokter

Jurusan ini banyak difavoritkan banyak orang karena prospek kariernya yang cerah. Berkarier sebagai seorang dokter, membuatmu bisa bekerja di rumah sakit atau pun juga membuka praktik sendiri.

Selain sebagai dokter, setelah lulus kamu pun bisa menjadi dosen, peneliti, kepala rumah sakit atau bekerja di perusahaan kesehatan. Selama umat manusia masih ada di muka bumi, kebutuhan akan tenaga dokter akan terus ada. Profesi dokter tidak akan ada matinya.

2. Ilmu Komunikasi

Saat ini media komunikasi menjadi sangat penting perannya dalam penyampaian informasi yang cepat dan akurat. Jurusan ini semakin banyak diminati para lulusan SMA. Seorang lulusan ilmu komunikasi berpeluang bekerja di bidang jurnalistik maupun periklanan.

Selain itu, perkembangan industri kreatif yang begitu pesat membuka peluang yang cukup besar untuk lulusan ilmu komunikasi. Perkembangan teknologi berbasis online semakin banyak menuntut kreativitas dan orisinalitas.

Di era industri kreatif, seorang lulusan ilmu komunikasi tidak hanya bisa berkarier di perusahaan saja. Kamu bisa juga berkarier secara mandiri sebagai travel blogger, youtuber, fotografer, web desainer, event organizer (EO), copywriter dan berbagai profesi lain di bidang industri kreatif.

Baca juga: Begini Tips Jika Ingin Mengajar dan Mengasah Skill Selain dari Bangku Kuliah

3. Teknik Informatika

Perkembangan ilmu komputer dan teknologi informasi juga semakin berkembang pesat. Hal ini tentu saja akan membuka banyak permintaan akan tenaga kerja dari teknik informatika. Web developer, software developer, computer programmer adalah beberapa profesi yang banyak digeluti saat ini.

Jurusan ini akan mengarahkan kamu untuk menghasilkan ide kreatifmu dalam merealisasikan ide tersebut dan menciptakan struktur instruksi ke dalam bahasa pemograman. Ketika lulus, kamu bisa jadi software engineer and developer, analis, konsultan, ahli jaringan dan keamanan sistem komputer dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

4. Sastra Inggris

Lulusan Sastra Inggris saat ini memiliki peluang karier yang lebih terbuka. Tidak bisa dipungkiri jika Bahasa Inggris banyak digunakan sebagai bahasa internasional hampir di seluruh dunia. Bahkan sekitar 61 negara menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resminya.

Jika kelak kamu lulus sebagai jebolan Sastra Inggris, kamu berpeluang untuk menjadi penerjemah (translator), ahli Bahasa, diplomat, editor/penyunting naskah berbahasa Inggris, tour guide hingga bekerja di organisasi dan Lembaga internasional seperti WHO, ASEAN, UNESCO dan lain sebagainya.

Baca juga: Alasan Mengapa Kamu Perlu Ikut Organisasi Kampus

5. Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi merupakan salah satu bidang ilmu tertua di dunia. Dalam perkembangannya, teori-teori ekonomi telah mengalami banyak perubahan sesuai dengan perkembangan zaman.

Lulusan ilmu ekonomi tidak hanya berkutat di bagian pencatatan keuangan. Mereka banyak yang bergelut di bidang broker saham, akuntan, market researcher, asuransi, pegawai bank dan lain-lain.

Saat ini pembelajaran ilmu ekonomi juga banyak yang mengarah pada behavioral economic dan crime economics, loh!. Sehingga peluang karier kamu semakin terbuka ketika memilih ilmu ekonomi sebagai jurusan kuliah.

6. Teknik Elektro

Teknik elektro mempelajari tentang kelistrikan. Jika kamu memilih sebagai jurusan kuliah, kamu akan mempelajari arus kuat arus lemah, listrik searah dan bolak-balik, bidang elektronika dan lain sebagainya.

Saat ini semua manusia memerlukan listrik untuk berbagai keperluan sehari-hari. Karena itulah peluang karier untuk lulusannya juga boleh dibilang tidak akan ada matinya.

Kamu bisa berkarier sebagai software engineer, system engineer, electrical design engineer, biomedical engineer, network and computer system administrator dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan kelistrikan. Selain itu kamu bisa menjadi dosen atau pegawai BUMN.

Baca juga: 5 Cara Membangun Jaringan Karier saat Kuliah

7. Psikologi

Psikologi merupakan jurusan yang banyak diminati khususnya oleh kaum hawa meski tidak sedikit juga laki-laki yang tertarik di bidang ini. Mungkin banyak yang menganggap lulusan psikologi hanya berkarir sebagai psikolog saja. Tapi tidak demikian.

Lulusan psikologi dapat berkarier sebagai staf HRD (Human Resources Development), guru bimbingan konseling, peneliti, terapi untuk anak berkebutuhan khusus, research and development (RD) perusahaan teknologi, trainer, psikolog forensic bahkan penulis.

8. Desain Komunikasi Visual (DKV)

DKV merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dengan maksud dan tujuan tertentu. Di sini kamu akan belajar mengembangkan bentuk Bahasa visual dan mengolah kata untuk tujuan tertentu. Misalnya untuk tujuan komersial.

Cakupan kariernya sangat luas meski jurusan ini relatif baru seiring dengan perkembangan digital marketing. Kamu bisa menjadi konsultan branding, website developer, humas di perusahaan atau kantor pemerintah, editor video dan film,  kurator seni, animator hingga bekerja di agensi periklanan.

Baca juga: Pingin Kuliahmu Tak Sia-Sia? Lakukan Hal-Hal Ini!

9. Arsitektur

Jurusan arsitektur merupakan seni dan ilmu dalam mendesain bangunan sehingga bangunan tersebut memiliki nilai estetik di dalamnya. Kalau kamu punya passion di bidang desain, bangunan dan arsitektur jurusan ini merupakan pilihan yang tepat.

Di masa depan, ketika pembangunan semakin gencar kebutuhan akan arsitek akan semakin tinggi. Selain berprofesi sebagai arsitek, sebagai lulusan arsitektur kamu bisa juga berprofesi sebagai konsultan arsitektur, developer, kontraktor atau perencana struktur.

10. Teknik mesin

Teknik mesin atau yang dikenal dengan mechanical engineer memiliki peluang karier yang besar. Perkembangan industri saat ini menyebabkan permintaan terhadap lulusannya sangat tinggi. Terutama pada industri manufaktur dan otomotif.

Lulusan teknik mesin memiliki peluang menjadi machine learning engineer, robotic engineer, automotive engineer, software engineer dan masih banyak lagi.

Itulah sekilas daftar sepuluh jurusan kuliah dengan peluang kerja tinggi yang bisa saya sampaikan. Selain jurusan tersebut, kamu juga bisa mencoba perguruan tinggi kedinasan yang sudah ada ‘jaminan kerja’ setelah lulus nanti. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan guru maupun para senior.

Lantas bagaimana jika terlanjur kuliah di jurusan selain dari sepuluh yang disebutkan di atas? Jangan khawatir. Pada dasarnya apa pun jurusan yang kamu pilih, lakukanlah yang terbaik. Tidak perlu menyesali keputusan yang telah diambil. 

Dengan melakukan yang terbaik, kamu pun akan memperoleh hasil yang baik. Lakukanlah yang terbaik untuk dirimu. Sukses di dunia kerja tidak semata ditentukan oleh latar belakang pendidikanmu, namun juga kemampuan individu yang kamu miliki. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *