Jurnal Internasional Ternyata Bisa Kamu Dapatkan di Situs Ini, Mahasiswa Wajib Tahu

  • Whatsapp
Ilustrasi mahasiswa sedang mencari jurnal internasional
Ilustrasi mahasiswa sedang mencari jurnal internasional./Pexels.com/Thirdman

RUANGNEGERI.com – Jurnal internasional sangat dibutuhkan oleh mahasiswa, terutama yang sedang menyusun skripsi. Terkadang mahasiswa bingung ketika dosen meminta untuk mencantumkan jurnal internasional sebagai referensi di skripsi.

Perkembangan dunia akademik saat ini, menuntut mahasiswa untuk memiliki standar internasional dalam menyelesaikan tugas kuliahnya. Terutama bagi para mahasiswa yang tengah menyusun skripsi. Para dosen sering menuntut mahasiswa agar dapat menambahkan jurnal internasional ke dalam makalah/skripsinya.

Karena tugas inilah, kebanyakan dari mahasiswa kebingungan harus mencari ke mana. Nah bagi kamu yang sedang bingung mencari referensi jurnal internasional untuk tugasmu, berikut ini adalah beberapa rekomendasi situs yang dapat kamu coba untuk menambah referensi karya tulismu.

Jurnal di Microsoft Academic

Kamu dapat menemukan jurnal dalam dua Bahasa di sini, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Pada situs ini, kamu dapat mengetikkan kata kunci yang kamu cari pada bagian pencarian. Sistem pencarian pada situs ini akan melakukan filter pencarian secara otomatis.

Baca Juga: Keuntungan yang Kamu Peroleh Jika Jurnalmu Terindeks Scopus dan Tips Agar Tembus

Situs ini memiliki sistem pencarian yang memungkinkan kamu untuk mencari jurnal berdasarkan tahun terbit atau penulis. Kamu bisa memilih “author” untuk mencari jurnal berdasarkan penulis. Atau memilih “date range” untuk menyaring tahun terbit jurnal yang kamu cari.

Situs Research Gate

Research Date ini merupakan situs yang diperuntukkan khusus untuk para peneliti. Situs ini terlihat seperti platform media sosial bagi para peneliti. Pada situs ini para peneliti dari seluruh dunia dapat melakukan diskusi pada forum diskusi yang dapat diakses seluruh peneliti dunia. Tapi bagi kamu para mahasiswa situs ini menyajikan berbagai jurnal internasional yang akan mendukung penelitianmu.

Baik mahasiswa S1 maupun S2 dapat mengakses situs ini guna mencari jurnal referensi untuk mendukung penelitiannya. Kelemahan situs ini adalah ada beberapa jurnal yang tidak dapat diakses secara bebas. Hal ini karena jurnal tersebut membutuhkan izin akses dari penulisnya.

Baca Juga: Bukan Hanya Belajar, Ini Tugas dan Peran Mahasiswa

Referensi Jurnal dari Situs DOAJ

DOAJ merupakan kependekan dari Directory of Open Access Journal. Situs ini dapat kamu jadikan sebagai situs untuk mencari jurnal referensi untuk penelitianmu. DOAJ merupakan sebuah situs yang mencantumkan daftar jurnal-jurnal akses terbuka yang dikelola oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA).

Jurnal akses terbuka merupakan jurnal ilmiah dan keilmuan yang telah melalui penelaahan atau kontrol kualitas editorial sehingga tulisan yang terbit memiliki standar kualitas yang tinggi. Kamu tidak akan diminta biaya ketika mengaksesnya. Atau dengan kata lain kamu dapat mengakses jurnal-jurnal tersebut secara gratis.

Tujuan utama pembuatan situs ini ialah untuk meningkatkan kemudahan dan visibilitas penggunaan jurnal ilmiah dan akademik secara terbuka. Jurnal-jurnal yang berada dalam DOAJ memberikan hak kepada pembaca untuk membaca, mengunduh, mencetak, mencari atau menautkan ke naskah lengkap jurnal tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.