Judul Skripsi Langsung Disetujui Jika Kamu Lakukan Ini

  • Whatsapp
ilustrasi mahasiswa yang sedang mencari inspirasi judul skripsi
ilustrasi mahasiswa yang sedang mencari inspirasi judul skripsi./Pixabay.com/devran_topallar

RUANGNEGERI.com – Judul skripsi merupakan salah satu hal yang penting untuk mahasiswa tingkat akhir yang hendak menjajaki dunia perskripsian. Mahasiswa perlu menemukan judul skripsi yang tepat dan baik untuk menunjang kecepatan serta ketepatan dalam mengerjakan skripsinya.

Setiap tahapan dalam hidup manusia memiliki tantangan tersendiri. Sejak masih bayi, menjadi anak-anak kemudian tumbuh dewasa, memiliki kebutuhan dan tantangannya tersendiri. Demikian juga halnya dengan tahapan dalam menempuh pendidikan. Mulai dari belajar menulis, menggambar hingga menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan segala rutinitasnya seperti membuat makalah, menyusun judul skripsi atau melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Tantangan Masa Kuliah

Yang menjadi tantangan terbesar dalam dunia perkuliahan adalah pada masa akhir kuliah. Untuk bisa lulus, seorang mahasiswa diwajibkan untuk membuat karya tulis yang dikenal dengan “skripsi”. Skripsi terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi mahasiswa tingkat akhir. Proses pembuatan skripsi pun terkadang penuh “drama”. Drama yang paling sering terjadi adalah drama dimana mahasiswa harus bolak balik ganti judul skripsi karena judul skripsi yang diajukan ditolak oleh dosen pembimbing.

Tips Mengajukan Judul

Drama gonta ganti judul skripsi cukup menguras tenaga dan waktu. Agar judul skripsi yang diajukan bisa langsung disetujui oleh dosen pembimbing, berikut beberapa tips yang bisa langsung diterapkan.

Baca Juga: Trik Agar Sidang Skripsi Kamu Lancar Dan Dapat Nilai Bagus

Kenali minat dan potensi diri

Kamu perlu perhatian dan usaha lebih saat mengerjakan skripsi. Karenanya kamu harus memastikan lebih dulu bahwa penelitian yang akan kamu kerjakan sesuai dengan minat dan potensi diri kamu.

Sesuai dengan minat kamu biar dalam pengerjaannya, kamu bisa semangat dan tidak mudah bosan. Pun skripsimu harus sesuai dengan potensi diri kamu. Jangan memilih penelitian yang tidak kamu kuasai isunya, masalahnya, landasan teorinya dan teknik analisis datanya.

Kadang banyak mahasiswa tingkat akhir karena ingin terlihat keren, sengaja mengangkat judul skripsi dengan isu yang tidak mereka kuasai. Hal ini tentu saja akan menjadi boomerang bagi diri sendiri. Kamu tidak hanya akan menjadi sasaran bantaian dari dosen pengujimu, tapi kamu juga akan memerlukan waktu pengerjaan yang lebih lama karena kamu harus mempelajari kembali penelitianmu.

Baca Juga: Celah Dalam Skripsi Yang Biasa Menjadi Sumber Bantaian Dosen

Identifikasi hot issues yang terjadi di sekitar

Apa yang telah kamu pelajari selama di bangku kuliah, dapat kamu tuangkan dalam skripsimu. Skripsi pun menjadi indikator apakah kamu merupakan seorang yang kritis dan peka terhadap lingkungan sekitar atau bukan.

Dosen pembimbing biasanya akan menjadi tertarik dan bersemangat membimbingmu kalau topik yang kamu angkat merupakan hot issues yang sedang terjadi.

Kamu harus banyak menonton berita atau membaca isu-isu yang relevan dengan bidang studimu. Jika kamu menemukan isu yang menarik, catatlah lalu diskusikan dengan dosen pembimbingmu. Beliau akan memberikan masukan, kritik dan saran yang akan berguna bagimu untuk mengkonstruk isu tersebut menjadi sebuah judul skripsi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *