Jangan Salah! Ini Perbedaan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal

  • Whatsapp
Perbedaan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal - Siswa Siswi Berseragam Pramuka
Sumber: Ruangnegeri.com/Shara Nurrahmi

RUANGNEGERI.com – Setiap anak terlahir dengan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Ada beragam kecerdasan yang bisa ditemukan pada anak, seperti intrapersonal dan interpersonal. Sayangnya, banyak orang menganggap kecerdasan hanya terpaku pada akademik.

Seorang anak dianggap pintar, jika nilai kecerdasan atau intelligence quotient (IQ) di atas rata-rata. Pernyataan tersebut telah diluruskan oleh Howard Gardener (1999) melalui buku berjudul Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century, yang menyebutkan adanya kecerdasan lain.

Bacaan Lainnya

Fatemeh Behjat (2012), melalui tulisan berjudul nterpersonal and intrapersonal intelligences: Do they really work in foreign-language learning?, memperkenalkan 8 macam kecerdasan (multiple intelligences). Semua jenis kecerdasan tersebut dapat dikembangkan oleh tiap anak selama hidup.

Sepanjang proses pembelajaran dan pendidikannya tepat, anak bisa menguasai lebih dari satu kecerdasan sekaligus. Pengembangannya akan sangat tergantung pada pola asuh serta pola didik dari lingkungan dekatnya, yakni keluarga dan sekolah.

Perbedaan Intrapersonal dengan Interpersonal

Dari 8 kecerdasan tersebut, dua di antaranya berhubungan erat dengan interaksi sang anak, yaitu intrapersonal dan interpersonal. Sesuai namanya, intrapersonal merujuk ke arah dalam atau diri anak sendiri.

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan anak untuk mengenal dan memahami dirinya sendiri lebih baik. Ia bisa tahu kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya untuk bisa menjalani hidup.

Anak akan lebih peka menerima situasi yang dialaminya. Ini membuat mereka tak gampang tersulut emosi. Kemampuan anak dalam mengendalikan emosi bisa diacungi jempol. Mereka akan terlihat lebih tenang dalam menghadapi situasi apapun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.