Ini Perbedaan Universitas, Akademi, Institut, Sekolah Tinggi, dan Politenik

  • Whatsapp
Ilustrasi mahasiswa
Ilustrasi mahasiswa. Ini dia perbedaan universitas, akademi, institut, sekolah tinggi, dan politenik./Pixabay.com/marcela_net

RUANGNEGERI.com – Berikut ini perbedaan antara universitas, akademi, institut, sekolah tinggi, dan politeknik.  Lembaga pendidikan tinggi di Indonesia memiliki beberapa macam model pendidikan diantaranya universitas, akademi, institut, sekolah tinggi dan politeknik.

Bagi kamu yang akan lulus SMA/SMK di tahun depan dan berniat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, apakah kamu sudah menentukan pilihan akan melanjutkan studi ke mana? Beberapa model Pendidikan tinggi yang sudah disebutkan di depan dapat menjadi pilihan kamu.

Tapi tahukah kamu kenapa lembaga pendidikan tinggi tersebut memiliki nama yang berbeda-beda? Ada Universitas Padjadjaran, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, STIKES (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan), Politeknik Bandung (POLBAN) dan berbagai lembaga-lembaga perguruan tinggi lainnya.

Sebelum kamu menentukan pilihan, baiknya kamu mengenal lebih dulu berbagai bentuk perguruan tinggi tersebut. Sebaiknya kamu tau lebih dulu perbedaan antara universitas, institut, sekolah tinggi, akademi dan politeknik. Setelah kamu mengenalnya maka akan lebih mudah bagimu untuk menentukan pilihan yang sekiranya tepat dengan tujuanmu berkuliah.

Lembaga Pendidikan Tinggi Bentuk Universitas

Universitas merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menyediakan berbagai macam fakultas yang mencakup ilmu pengetahuan, seni dan teknologi.

Baca Juga: Bagaimana Peran Durasi dan Latensi dalam Pendidikan Anak?

Lembaga pendidikan tinggi berupa universitas memiliki pendidikan berbasis akademik dan vokasi. Pendidikan berbasis akademik maksudnya adalah proses pendidikan yang berfokus pada penguasaan keilmuan, penelitian dan inovasi pada suatu bidang keilmuan tertentu.

Sedangkan pendidikan berbasis vokasi adalah pendidikan yang berfokus pada penguasaan suatu ketrampilan tertentu dengan tujuan agar dapat langsung terserap di lapangan kerja,

Universitas pun memiliki sejumlah fakultas yang bertugas menyelenggarakan berbagai bentuk pendidikan tersebut. Universitas merupakan penyelenggara pendidikan tinggi yang menyediakan rumpun ilmu terlengkap.

Di universitas, terdapat berbagai rumpun ilmu, diantaranya sebagai berikut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.