Ketahui Fungsi Teknologi Blockchain di Kehidupan Sehari-hari!

  • Whatsapp
Teknologi Blockchain
Photo by Launchpresso on Unsplash

Teknologi blockchain adalah salah satu teknologi yang menjadi perhatian saat ini sejak kepopuleran crypto yang memanfaatkan teknologi ini. Tapi, selain untuk crypto blockchain juga punya fungsi lain yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti beberapa fungsi berikut.

1. Pemerintahan

Teknologi Blockchain dapat memiliki fungsi sebagai sebagai terobosan bidang layanan publik dan bertindak sebagai bentuk layanan bagi semua kalangan berinteraksi dengan mudah secara transparan.

Bacaan Lainnya

Gagasan penggunaan teknologi ini dalam pemerintahan terdiri dari kombinasi aspek transparansi, integritas, kerahasiaan dan akuntabilitas, dan keakuratan dari blockchain. Selain itu, jaringan blockchain yang terdistribusi dapat memiliki manfaat meningkatkan kepercayaan stakeholder. Hal ini karena segala bentuk kegiatan pemerintah dapat berlangsung dengan aman tanpa proses yang lama dan rumit.

Beberapa fungsi blockchain di bidang pemerintah dapat memiliki manfaat untuk hal berikut:

Berbagi Data antar Instansi Pemerintah

Dalam kegiatan berbagi data antar instansi terdapat konsen mengenai perlindungan data antar departemen pemerintah yang berbeda. Dengan menggunakan teknologi blockchain maka berbagi data antar departemen tersebut menggunakan jaringan pribadi, yang memberikan autentifikasi di masing-masing jaringan sehingga dapat memiliki manfaat untuk membangun kepercayaan dan kerahasiaan.

Pemungutan Suara

Pemungutan suara dapat berlangsung dengan menggunakan fungsi smart contract yang berada dalam fitur blockchain. Untuk setiap pemungutan suara, pemilih menerima ID pemungutan suara yang memiliki fungsi sebagai media erifikasi bahwa suaranya terdaftar di blockchain dan terhitung sebagai suara yang sah.

Untuk menyelenggarakan pemilihan, penyelenggara membuat smart contract sebagai surat suara untuk setiap calon. Pemilih dapat mulai memilih dengan menempatkannya data suaranya yang kemudian penyelenggara akan melakukan verifikasi suara tersebut yang berada dalam sistem blockchain

Kontrak Proyek Pemerintah

Sistem berbasis blockchain memungkinkan analisis pemantauan real-time dari layanan e-government dan dapat berguna pada kebijakan apa pun untuk kontrak pemerintah. Sistem ini menawarkan manfaat berupa transparansi, akuntabilitas, dan pengelolaan layanan yang lebih baik.

Melalui sistem kerja blockchain maka pemerintah menerapkan kebijakan kontrak untuk proyek apapun. Sistem berbasis blockchain mengeksekusi semua kebijakan atau transaksi pemerintah dan mempublikasikan hasilnya ke publik.

Dengan menggunakan jaringan blockchain publik nantinya akan melalui empat langkah untuk menyelenggarakan lelang kontrak proyek, yaitu: persiapan dan penyerahan, penawaran dan seleksi, pemantauan pelaksanaan dan audit.

Rekrutmen Sumber Daya Manusia

Model ini melibatkan tiga jenis pengguna yang dapat melakukan verifikasi melalui kunci publik mereka, yaitu pelamar kerja, pemberi kerja, dan institusi yang membutuhkan tenaga kerja.

Dalam hal ini membutuhkan dua jenis smart contract yaitu, yang pertama berupa daftar institusi yang membutuhkan tenaga kerja dan yang kedua berupa sistem yang menyimpan informasi mengenai posisi pekerjaan dan statusnya.

Ketika institusi membutuhkan sebuah posisi pekerjaan maka mereka akan menerbitkan smart contract pada sistem blockchain. Hal ini dapat memiliki fungsi untuk membantu pelamar kerja untuk melihat lebih banyak informasi untuk setiap posisi pekerjaan. Ketika pelamar terdaftar mereka juga dapat menerima manfaat berupa informasi tentang kemajuan proses rekrutmen.

Ketika Posisi pekerjaan sekarang tersedia bagi pelamar setelah institusi tersebut mempublikasikan smart contract lowongan pekerjaan. Setelah tenggat waktu tertutup maka posisi pekerjaan tidak lagi tersedia dan seorang peninjau akan memilih untuk mengevaluasi aplikasi dan mengumumkan hasil rekrutmen.

Baca Juga:

2. Industri Keuangan

Fintech, bank, dan lembaga pembiayaan adalah sektor yang paling banyak menggunakan blockchain dalam layanannya. Lebih dari 65% hasil studi menyatakan bahwa dalam industri keuangan banyak yang memilih menggunakan teknologi blockchain Hyperledger Fabric dan Ethereum dengan fungsi untuk meningkatkan keamanan operasional maupun transaksi.

Blockchain banyak menjadi utilitas dalam industri keuangan karena memiliki manfaat menyederhanakan layanan perbankan dan kredit, mengurangi risiko, dan mengurangi waktu untuk memproses.

Hal ini memungkinkan karena blockchain melakukan dokumentasi yang terautentikasi dan data know your customer. Hal ini memungkinkan verifikasi dokumen keuangan secara real-time.

Selain itu, blockchain juga memiliki fungsi dalam bidang akuntansi. Hal ini blockchain memungkinkan untuk melacak dan melakukan tracking dalam transaksi akuntansi. Data dalam teknologi ini dapat menjadi data yang relevan karena sifatnya yang merekam dan menyimpan data yang tidak dapat terubah dan termanipulasi.

Blockchain memiliki manfaat sebagai database dan pengolahan data menggunakan Sistem Informasi Akuntansi.

3. Sektor Kesehatan

Potensi penggunaan blockchain pada bidang medis dapat mencakup catatan kesehatan elektronik, asuransi kesehatan, penelitian biomedis, proses penyediaan dan pengadaan obat, dan pendidikan kedokteran.

Beberapa permasalahan penting yang harus menjadi perhatian agar blockchain dapat memberikan fungsi seutuhnya dan memiliki manfaat dalam dunia medis. Masalah terpenting adalah skalabilitas teknologi dan kontrol akses data.

Beberapa manfaat yang ada melalui penerapan teknologi ini dalam dunia medis adalah akses ke database data perawatan kesehatan secara anonim. Hal ini dapat menjadi pertimbangan untuk pengembangan obat yang terpersonalisasi, rasionalisasi biaya perawatan kesehatan dan asuransi kesehatan, serta peningkatan kebijakan kesehatan masyarakat.

informasi kesehatan dapat menjadi otoritas kuasa pasien, menjadikan mereka untuk mengendalikan informasi apa yang mereka terima dan menjadi database oleh institusi, dalam keadaan apa, dan untuk berapa lama. Bersama dengan ketersediaan data tentang penyedia layanan kesehatan, jenis keterlibatan pasien ini dapat membawa era baru dalam perawatan kesehatan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *