Esai untuk Beasiswa Bikin Bingung? Ini Tipsnya

  • Whatsapp
Ilustrasi mahasiswa.
Ilustrasi mahasiswa yang sedang menulis esai untuk beasiswa./Pexels.com/Zen Chung

Membuat Bagian Pendahuluan yang Menarik

Dalam sebuah karya tulis, bagian pendahuluan merupakan bagian penting. Bagian ini akan menjadi bagian dimana pembaca memutuskan untuk terus membaca atau cukup sampai di sini saja.

Bacaan Lainnya

Bukalah esaimu dengan kalimat pertama yang menarik. Gunakan quotes atau pernyataan yang berhubungan dengan jurusan dan program beasiswa yang kamu lamar.

Ceritakanlah Dengan Detail Pengalamanmu

Cobalah untuk mengaitkan pengalamanmu dengan tema yang kamu angkat. Tuliskan pengalamanmu secara detail dan apa adanya. Ungkapkan alasan kenapa kamu menulis pengalaman tersebut dalam esaimu.

Cantumkan Key Word yangRelevan

Setelah kamu menceritakan tentang pengalaman pribadimu, bagian selanjutnya adalah menceritakan tentang kualitas dirimu yang relevan dan sesuai dengan tema tulisanmu. Kamu dapat menuliskan kata-kata seperti “dari pengalaman tersebut, saya memahami bahwa pendidikan merupakan suatu hal penting. Oleh karena itulah, sejak saat itu saya bertekad untuk terus belajar dengan giat”.

Baca Juga: 5 Info Beasiswa Master dan Doktor Dalam Negeri yang Perlu Kamu Tahu

Tips Membuat Esai yang Menarik

Setelah kamu mengetahui tentang langkah-langkah menulis sebuah esai, berikut ini adalah tips untuk membuatnya menjadi menarik :

Mencari Tau Tentang Pemberi Beasiswa

Untuk mengambil hati pihak pemberi beasiswa, kamu harus mengenal mereka terlebih dulu. Carilah informasi yang relevan mengenai kriteria penerima beasiswa, apa yang mereka harapkan dari penerima beasiswa serta format penulisan esai (jika tersedia).

Buatlah Esai yang Menarik

Esai yang menarik akan membuat peluangmu untuk diterima semakin besar. Tulislah dengan cara penulisan yang berbeda dari yang lain. Ceritakan tentang kelebihan dan keunikan yang kamu miliki dan sekiranya relevan dengan program beasiswa yang kamu lamar.

Ceritakan tentang pengalaman pribadimu, alasan kamu tertarik untuk ikut serta dalam program beasiswa ini dan apa yang akan kamu lakukan jika kamu terpilih sebagai penerima beasiswa. Tulislah dengan jujur dan jangan melebih-lebihkan. Hindari untuk meng-copy paste dari internet karena kamu akan langsung tereliminasi jika melakukan hal tersebut.

Baca Juga: Skill Penting Ini Harus Dipelajari Saat Kuliah, Jangan Terlewat!

Gunakan Bahasa dan Ejaan yang Baik dan Benar

Sebaik apa pun tulisan kamu, jika terdapat banyak typo dan kesalahan dalam tata bahasa maka itu akan mengurangi penilaian pemberi beasiswa terhadapmu. Gunakan bahasa yang singkat, jelas dan tidak berbelit-belit. Pihak pemberi beasiswa tidak hanya memeriksa esaimu, tapi mereka juga menerima beratus-ratus esai lain. Karena itulah, penguasaan teknik menulis akan membuatmu menjadi lebih unggul daripada para pelamar lain.

Tuliskan Targetmu Dengan Jelas

Biasanya pihak pemberi beasiswa ingin mengetahui tujuan dan langkah nyata dari kamu setelah kamu berhasil lolos menjadi penerima beasiswa. Oleh karena itulah, penting bagi kamu untuk menuliskan tujuan, target dan sasaranmu jika kamu terpilih menjadi penerima beasiswa. Jelaskan semua visi, misi dan tagetmu dengan jelas.

Percaya Dirilah

Kunci utama dalam menulis esai adalah percaya diri. Tulislah semua tentang dirimu, pengalamanmu, mimpi dan cita-citamu secara gamblang dan tidak berlebihan. Tulislah seakan bahwa kamu telah diterima sebagai penerima beasiswa. Percaya dirilah!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *