Esai untuk Beasiswa Bikin Bingung? Ini Tipsnya

  • Whatsapp
Ilustrasi mahasiswa.
Ilustrasi mahasiswa yang sedang menulis esai untuk beasiswa./Pexels.com/Zen Chung

RUANGNEGERI.com – Esai sebagai syarat untuk beasiswa merupakan hal yang lumrah dan terkadang terasa sulit untuk dikerjakan. Sekalipun kamu sudah menyiapkan berbagai materi untuk mempromosikan dirimu, tetapi kadang otak menjadi blank ketika akan menulis. Beragam materi yang sudah kamu siapkan pun menjadi percuma kalau kamu tidak mampu meramu materi tersebut menjadi sebuah tulisan yang menarik.

Padahal, esai merupakan salah satu dokumen penting yang dapat mendukung kamu untuk memperoleh beasiswa incaranmu. Esai dapat disebut sebagai “lembar promosi diri”. Hal ini mengandung pengertian bahwa isi esai dapat mencerminkan kepribadian penulisnya.

Bacaan Lainnya

Melalui esai, pihak pemberi beasiswa dapat menentukan calon penerima beasiswa yang benar-benar potensial. Karena setiap pemberi beasiswa tentu ingin memberikan beasiswa pada orang yang tepat. Maksudnya penerima beasiswa tersebut haruslah memiliki tujuan yang besar dan niat yang kuat agar beasiswa menjadi tidak sia-sia.

Baca Juga: Pusing Dengan Skripsi? Simak Tips Berikut Agar Cepat Selesai

Apa Itu Esai

Sebelum membahas tentang langkah-langkah dan tips menulis esai, terlebih dulu kita harus mengetahui apa itu esai.

Esai merupakan sebuah tulisan yang membahas tentang suatu permasalahan dari sudut pandang penulisnya. Esai bersifat formal dan informal. Maksudnya adalah isinya cenderung bersifat subjektif. Dalam tulisan tersebut, penulis biasanya memaparkan banyak hal terkait dengan topik permasalahan dan memfokuskan pada penyampaian dua hal yang bertentangan.

Contohnya adalah ketika kamu memaparkan tentang potensi Indonesia. Pada bagian pertama, kamu akan memaparkan tentang potensi Indonesia. Kemudian pada bagian selanjutnya kamu memaparkan tentang kelemahan dan kekurangan sehingga potensi Indonesia tidak dapat dimaksimalkan. Jangan lupa untuk memasukkan data-data yang mendukung pernyataan yang tertulis di esai tersebut.

Baca Juga: Motivation Letter untuk Beasiswa Luar Negeri

Langkah-Langkah Menulis Esai

Untuk membuat sebuah esai, berikut ini langkah-langkah menyusunnya.

Menentukan Tema Utama

Bagian awal dari membuat sebuah esai adalah menentukan tema utamanya. Untuk membantu kamu menyusun tema utama esaimu, kamu dapat menggunakan essay statement. Essay statement merupakan pernyataan/pertanyaan terkait tema utama yang harus kamu jawab. Essay statement yang kamu ajukan haruslah relevan dengan tema dan program beasiswa yang kamu lamar.

Sebagai contohnya ketika kamu akan melamar beasiswa pendidikan, maka essay statement yang kamu ajukan ialah :

  • Mengapa pendidikan itu penting?
  • Siapa tokoh Pendidikan yang menginspirasimu?
  • Bagaimana pengalamanmu mengenai dampak penting pendidikan dalam kehidupan sehari-hari?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.