Memiliki Empati Tinggi, Karier ENFJ Lebih Sempurna dalam Bidang Berikut Ini

RUANGNEGERI.com – Kepribadian ENFJ atau Extraversion, Intuitive, Feeling, and Judging secara umum merupakan tipikal orang yang memiliki rasa empati tinggi. Jika tahu apa saja pilihan karier ENFJ, menemukan jurusan kuliah maupun karier akan menjadi lebih optimal.

Ulasan berikut membahas tentang kepribadian ini sekaligus mengetahui keunggulannya agar semakin meningkatkan rasa percaya diri.

Mengenal Karakter ENFJ

Menurut Naomi L. Quenk (2009) dalam bukunya yang berjudul Essentials of Myers-Briggs Type Indicator Assessment Second Edition, menyatakan bahwa ENFJ adalah seseorang yang tertarik secara alamiah untuk melakukan konseling. Entah itu untuk kehidupan cinta mereka, berkarir maupun gaya hidup keseharian.

Dengan sifatnya ini, mereka pemilik ENFJ cenderung mau dan selalu siap mendengar masukan dan saran dari orang lain. Bukan berarti tidak punya pendirian, hanya saja mereka bisa menjadi sosok yang terbuka, menerima saran, kritik dan bermacam jenis masukan lainnya.

Baca juga: Ketahui Pribadi dan Karier ENTJ yang Karismatik serta Percaya Diri

Keunggulan Tipe Kepribadian ENFJ

Pemilik kepribadian ini adalah seseorang yang cukup independen. Tetap bisa menuruti aturan, namun lebih cenderung melakukan segalanya dan membuat keputusan secara mandiri. Tidak banyak bergantung pada orang lain dalam membuat keputusan.

Seseorang dengan karakter ini juga tidak merasa kesulitan untuk memahami orang lain, itulah mengapa judul dalam artikel ini ENFJ disebut memiliki rasa empati tinggi. Hal itu diperkuat oleh pendapat Isabel Briggs Myers (1993) dalam bukunya yang berjudul Introduction to Type.

Menurutnya, orang dengan tipe kepribadian ENFJ juga suka memotivasi orang lain. Memberikan dukungan untuk orang di sekitarnya secara cuma-cuma adalah kebiasaan mereka, terutama yang terlalu serius atau sedang terombang-ambing. Jika mereka dekat dengan sosok ENFJ, orang itu akan mengajaknya untuk bersikap lebih independen atau mandiri.

Naomi L. Quenk (2009) menambahkan bahwa orang dengan kepribadian ENFJ juga suka membantu sesama. Tak hanya suka memberikan dukungan atau motivasi saja, namun juga membantu secara nyata.

Seorang dengan kepribadian ENFJ suka membantu sesama untuk bisa mengembangkan kehidupan mereka sendiri. Sebab mereka yakin, apa yang mereka berikan untuk orang lain adalah apa yang akan mereka terima di masa depan.

Baca juga: Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat demi Masa Depanmu

Pekerjaan yang Cocok untuk ENFJ

Setelah memahami tentang pengertian yang mendasari perilaku kepribadian ini, selanjutnya perlu dipahami pula beberapa informasi terkait dengan karier maupun passion untuk bekerja secara profesional.

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan untuk dijadikan inspirasi karier ENFJ yang bisa saya rangkum dari berbagai sumber.

1. Marketing dan Sales

Sikap imajinatif dan kreatif juga merupakan karakter dari ENFJ yang disebutkan oleh Isabel Briggs Myers (1993). Dengan kreativitasnya, pemilik kepribadian ini tidak menganggap pekerjaan sebagai sales ataupun marketing adalah tantangan.

Mereka akan merasa sudah untuk menemukan cara dalam memasarkan atau menjual sebuah produk barang dan jasa perusahaan. Hal ini tentu membuat perusahaan yang mempekerjakan mereka bisa mendapatkan keuntungan besar karena sifat seorang ENFJ ini.

Baca juga: Sukses di Usia Muda dengan Meniti Karier Bidang Digital Marketing

2. Pembicara

Menjadi pembicara juga menjadi peluang karier ENFJ. Sekali lagi, daya empati mereka yang sangat bagus dan cenderung sempurna membuat mereka bisa menjadi seorang pembicara aktif, bukan pembicara pasif. Yaitu, memiliki kemampuan dalam mengkomunikasikan wawasan sekaligus dukungan, namun juga ada pendekatannya.

Jika benar menjadi pembicara nantinya, mereka berpotensi besar disukai banyak orang. Mengapa demikian?

Karena seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert (terbuka) akan cenderung lebih ramah dan mudah menemukan bahan pembicaraan yang asertif dan sesuai dengan karakter lawan bicaranya.

3. Sosiolog

Bersikap independen seperti yang sudah diungkapkan di atas, membuat orang dengan kepribadian ini bisa menjadi seorang sosiolog cerdas. Mereka mampu memperhatikan atau mengobservasi lingkungan di sekitarnya dan menemukan teori yang valid.

Untuk Anda yang sedang cari kuliah dan khususnya mengambil jurusan IPS, kini bisa dapat pencerahan dalam memilih jurusan.

Baca juga: Cara Mengatasi Senioritas Agar Betah di Tempat Kerja

4. Asisten Ahli/Eksekutif

Setia dan bisa dipercaya, itulah watak seorang ENFJ sebagaimana diungkapkan oleh M. Chrissy Marlowe (2017) dalam bukunya berjudul Management and Leadership Style. Siapa pun atasan tempat mereka bekerja, mereka akan tetap memberikan keuntungan ini.

Dengan begitu, pekerjaan sebagai seorang asisten eksekutif ataupun asisten ahli adalah pekerjaan yang sangat disarankan. Mereka akan merasa sangat nyaman melakukan pekerjaan ini sekaligus bisa memberikan hal yang terbaik untuk atasannya.

Terlebih orang ini juga juaranya dalam memberikan empati, sehingga pada eksekutif tempat mereka bekerja, mereka bisa mendukung secara emosional. Dukungan untuk seorang eksekutif supaya bisa mengembangkan perusahaan.

5. Terapis Fisik

Karena kesetiaan dan kehangatan mereka, mereka juga pantas menjadi seorang terapis fisik. Entah itu dalam bentuk nursery yang merawat lansia maupun bayi, sampai menjadi perawat di rumah sakit.

Apalagi mereka juga sangat menyukai interaksi dan senang memberikan dukungan. Hal itu membuat siapa saja yang mereka rawat atau menerima layanan mereka menjadi puas.

Baca juga: Quotes Motivasi Sanguinis Membangun Pribadi yang Lebih Berani

Tokoh ENFJ Terkenal yang Menginspirasi

Ada banyak tokoh dengan kepribadian ini dan menginspirasi untuk memilih jalan karier ENFJ. Beberapa tokoh yang punya kepribadian ENFJ adalah Barack Obama, Abraham Lincoln, Peyton Manning, Ronald Reagan, Oprah Winfrey, Johnny Depp, Diane Sawyer hingga Sean Connery.

Seperti yang kita tahu, Barack Obama, Ronald Reagan dan Abraham Lincoln adalah tiga di antara Presiden Amerika Serikat yang terkenal di masanya. Mereka banyak dinilai mampu menyelesaikan masalah-masalah dalam skala makro dengan baik serta disegani banyak orang.

Kemudian ada Johnny Depp dan Sean Connery merupakan dua aktor yang sangat baik dalam memainkan peran. Di luar dunia hiburan pun mereka dikenal sebagai sosok yang friendly, ramah dan bisa menerima orang dari berbagai kalangan.

Shara Nurrahmi

Guru dan Penulis, alumnus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *