Cumlaude, Kenapa Kamu Harus Cumlaude dan Cara Mendapatkannya

  • Whatsapp
Ilustrasi cumlaude
Ilustrasi cumlaude./Pexels.com/RODNAE Productions

RUANGNEGERI.com – Menjadi cumlaude tentunya merupakan mimpi setiap mahasiswa, terutama bagi para mahasiswa baru. Predikat sebagai seorang cumlaude, menjanjikan seseorang masa depan karir yang cerah. Karena bagi perusahaan, seorang sarjana dengan predikat cumlaude lebih menarik untuk direkrut ketimbang sarjana tanpa predikat tersebut.

Sebelum kamu membulatkan tekad untuk memperoleh gelar cumlaude, baiknya kamu kenal lebih dulu mengenai apa itu cumlaude beserta ragam jenisnya. Setelah itu, kamu akan diberi tahu bagaimana tips dan trik agar kamu bisa menyandang gelar tersebut.

Apa itu Cumlaude

Cumlaude merupakan sebuah istilah dalam bahasa Latin. Istilah ini mengandung pengertian “kehormatan” dalam Bahasa Indonesia. Seorang mahasiswa yang dapat memenuhi standar akademik yang tinggi pada saat kelulusan atau yudisium, berhak menyandang gelar ini.

Memperoleh gelar ini merupakan impian setiap mahasiswa. Terutama para mahasiswa yang berkonsentrasi pada bidang akademik dan bercita-cita untuk berkarir di bidang Pendidikan. Gelar ini akan sangat menunjang para lulusan untuk mencari kerja. Tidak hanya itu, gelar ini pun menjadi salah satu pertimbangan para atasan dalam memberikan kesempatan mengemban tugas-tugas vital bagi para pekerja baru.

Baca Juga: Skripsi Molor Bikin Badmood, Ini Tipsnya Biar Kamu Tetap Semangat

Jenis-Jenis Cumlaude

Penting bagimu untuk tau kalau gelar ini terdiri dari beberapa jenis. Tidak hanya terbatas pada gelar cumlaude saja, gelar ini pun memiliki beberapa jenis kategori. Pengelompokannya berdasarkan pada besar IPK yang kamu miliki. Berikut jenis-jenisnya :

Cumlaude

Dunia akademik menyebut predikat cumlaude sebagai “with praise”. Kata ini dalam Bahasa Indonesia mengandung arti “dengan kehormatan”. Para mahasiswa yang menyandang gelar ini merupakan para mahasiswa yang memiliki nilai IPK di atas rata-rata.

Seorang lulusan berhak menyandang gelar ini jika memiliki IPK 3,5 hingga 3,7. Tidak hanya itu, mahasiswa tersebut pun harus menyelesaikan studi tepat waktu dan tidak ada mata kuliah yang diulang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.