Cara Mengatasi Senioritas Agar Betah di Tempat Kerja

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Senioritas agar Betah di Tempat Kerja
Sumber: Unsplash/Annie Spratt

RUANGNEGERI.com – Masalah senioritas di tempat kerja masih sangat umum terjadi di dunia pekerjaan. Senioritas, menurut M. Alifarqi (2019) melalui bukunya yang berjudul Senioritas, disebutnya banyak menjadi alasan untuk mundur dari tempat bekerja.

Rasa tidak nyaman yang ditimbulkan dari perlakuan senior tentu saja dapat menciptakan lingkungan kerja yang kurang kondusif. Dampaknya, motivasi kerja menjadi turun dan kinerja akan ikut turun. Hal ini sering kali dirasakan oleh para lulusan baru atau fresh graduate.

Bacaan Lainnya

Senioritas umumnya terjadi karena faktor usia atau lebih dulu bergabung dalam suatu institusi. Sehingga lulusan baru atau mahasiswa yang bekerja sampingan (magang dan freelance) tidak jarang menjadi sasaran empuk senioritas.

Hal itu juga bisa dipahami karena secara usia maupun pengalaman dinilai masih kurang. Tidak heran jika kemudian muncul hierarki di lingkungan kerja. Bertemu banyak senior di tempat kerja tentu menjadi sebuah tantangan. Terlebih jika di antaranya ada yang kurang kooperatif.

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, senioritas juga akan menghambat pekerjaan. Oleh sebab itu, hambatan seperti senioritas perlu segera diselesaikan dengan baik.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi senioritas di dunia kerja, terutama bagi fresh graduate.

Baca juga: Quotes Motivasi Sanguinis Membangun Pribadi yang Lebih Berani

Komunikasi Menjadi Kunci Membangun Relasi Kerja

Cara termudah untuk dapat meruntuhkan batasan antara senior dan junior adalah saling mengenal lebih baik. Hal itu tidak dapat terwujud tanpa adanya komunikasi. Mulai dengan hal kecil seperti menyapa lebih dulu.

Tunjukkan kesan yang baik. Sebab, orang yang menganut paham senioritas biasanya merasa bahwa memulai komunikasi bukanlah tugasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.