Bukan Hanya Belajar, Ini Tugas dan Peran Mahasiswa

  • Whatsapp
Ilustrasi mahasiswa
Ilustrasi mahasiswa yang sedang belajar./Pexels.com/Yan Krukov

RUANGNEGERI.com – Bukan hanya belajar, berikut ini tugas dan peran mahasiswa di dalam dunia akademik, maupun masyarakat. Kehidupan sebagai mahasiswa, berbeda dengan kehidupan sebagai seorang anak sekolahan. Dalam banyak peristiwa, mahasiswa menjadi motor penggerak perubahan dalam suatu bangsa.

Salah satu contohnya adalah peristiwa reformasi yang terjadi pada tahun 1998. Saat itu, para demonstran yang sebagian besar merupakan mahasiswa menjadi garda terdepan dalam gerakan reformasi. Mereka memaksa Pemerintah Indonesia untuk melakukan reformasi atau perubahan besar-besaran di tubuh Pemerintahan Negara Republik Indonesia dan memaksa Presiden Soeharto untuk mengundurkan diri.

Untuk kamu yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa, kamu adalah bagian dari penggerak perubahan dalam masyarakat. Agar kamu mampu menjadi seorang yang ideal, kamu perlu tau dulu pengertian, tugas dan peran mahasiswa.

Pengertian Mahasiswa

Mahasiswa merupakan sebutan untuk seseorang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi baik di universitas, institut atau akademi. Kamu disebut sebagai mahasiswa jika kamu terdaftar secara administratif di suatu perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Baca Juga: Berbagai Tipe Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?

Kata mahasiswa terdiri dari kata “maha” dan “siswa”, “Maha” berarti sebagai “paling atau ter-” dan kata “siswa” berarti “pelajar”. Dengan demikian dapat kita katakana bahwa kata mahasiswa mengandung makna sebagai “paling (ter)pelajar atau terpelajar”.

Oleh karenanya jika kamu menyandang gelar tersebut, hal itu merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan buat kamu. Tantangan karena ketika kamu menyandang gelar ini, kamu harus mampu menunjukkan bahwa kamu memang seorang yang terpelajar dari segi akademik, sikap, tingkah laku dan kehidupan sosial di masyarakat.

Peran dan Fungsi Mahasiswa

Statusmu sebagai mahasiswa membuat kamu memiliki peran dan fungsi tertentu di masyarakat. Secara umum, terdapat 3 peran dan fungsimu dalam kehidupan sosial masyarakat, yakni sebagai berikut.

Peran moral

Dunia kampus memberikan kebebasan bagi kamu untuk memilih dan menentukan kehidupan mereka sendiri. Kebebasan ini menuntutmu untuk memiliki tanggung jawab moral terhadap pribadi individu masing-masing agar mampu menjalankan kehidupan yang sesuai dengan norma dan nilai moral yang berlaku dalam masyarakat.

Baca Juga: My Lecturer My Husband: Kisah Cinta Mahasiswa dengan Dosen Killer

Peran sosial

Selain bertanggung jawab pada diri pribadi, kamu juga memiliki peranan sosial di masyarakat. Dalam kehidupan bermasyarakat, kamu harus melakukan perbuatan yang tidak hanya baik bagi dirinya sendiri tapi juga bermanfaat bagi masyarakat.

Peran intelektual

Kamu memiliki predikat sebagai insan intelek bagi masyarakat. Insan intelek dalam artian kamu harus mampu mewujudkan intelektualitasnya dalam kehidupan nyata. Pengetahuan yang kamu miliki harus mampu membawa perubahan bagi masyarakat ke arah yang lebih baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.