Belajar untuk Memulai Karier Bidang Sosial, Mahasiswa Harus Tahu!

RUANGNEGERI.com – Mulai mempelajari karir bidang sosial sejak usia muda adalah hal penting yang harus dilakukan oleh seluruh mahasiswa. Mengapa demikian?

Syafree Muhammad (2008) dalam buku Menjadi Kaya Selagi Mahasiswa, menjelaskan bahwa hal itu karena seseorang yang berpendidikan tinggi harus memiliki kemampuan sosial lebih baik. Hal itu agar manfaat dari keberadaan dirinya dapat dirasakan oleh lingkungan sekitar.

Tapi, jika dilihat dari realita saat ini, lebih sering kita temui pemuda-pemuda cuek. Selain itu juga terkesan kurang begitu tertarik untuk memperhatikan hal seperti apa yang terjadi di lingkungannya.

Padahal, jika kamu memulai karir bidang sosial, kamu akan mampu memberikan dampak yang positif untuk diri sendiri, keluarga maupun orang lain. Bagaimana bisa untuk diri sendiri?

Sudah tentu bisa karena mampu menolong orang lain yang membutuhkan akan membuat kamu banyak dikenal orang karena kebaikannya.

Perlu kamu ketahui bahwa sebaik-baiknya pekerjaan adalah yang juga bermanfaat untuk orang lain, bukan hanya mencapai keuntungan material semata. Bagi orang yang berjiwa sosial, hal itu merupakan kepuasan tersendiri.

BACA JUGA: Pingin Kuliahmu Tak Sia-Sia? Lakukan Hal-Hal Ini!

Mengetahui Dasar Karier Bidang Sosial

Meskipun sebenarnya pekerjaan ini cocok untuk semua anak muda, tapi hanya sedikit yang mau menjalankan karier bidang sosial. Mengapa?

Karena kebanyakan dari mereka menganggap bahwa pilihan pekerjaannya itu-itu saja. Sehingga, bagi mereka yang memiliki sifat lembut, suka menolong, dan peduli yang mau mengambil pekerjaan pada bidang ini.

Padahal, jika kamu mau menjadi pekerjaan sosial, maka banyak perubahan positif yang bisa kamu tangani. Mulai dari membaiknya kualitas diri masing-masing individu bahkan bisa melakukan perubahan sistem secara luas yang berdampak pada masyarakat.

Nah, jika dilihat dari sini sudah bisa diketahui terdapat beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh orang pekerja sosial. Sebagai mahasiswa, kamu harus tahu dan mencoba karir bidang sosial ini. Asalkan memiliki kemampuan berorganisasi, kemampuan berkomunikasi, serta mampu mengendalikan emosi dengan baik.

Mengapa hal ini penting? Karena di lingkungan sosial kamu pasti akan bertemu dengan orang yang berbeda. Artinya, kamu harus memahami posisi orang dihadapanmu baik ketika konsultasi atau berpendapat.

Bahkan, jika kamu pemuda yang bukan mahasiswa pun tidak menutup kemungkinan untuk bisa memulai karier bidang sosial ini. Mark Doel (2012) dalam buku berjudul Social Work: The Basics, menyebutkan alasannya.

Hal itu karena beberapa orang beranggapan bahwa memasuki dunia kerja ini tidak harus orang yang berpendidikan tinggi, melainkan memiliki banyak pengalaman dan pandai menghargai waktu. Maksudnya adalah, siapapun bisa memulai karir ini asalkan memiliki sikap bijak, menghargai sesama dan suka bergaul dengan baik.

Sebenarnya, seorang pekerja sosial saat ini sedang banyak dibutuhkan untuk menjadikan keadaan dalam negeri tetap stabil. Kepada para generasi muda saat ini, benar-benar dituntut supaya bisa lebih peduli meskipun nantinya tidak benar-benar bekerja di bidang sosial.

Rasa sosial yang tinggi benar-benar dibutuhkan ketika berada di lingkungan masyarakat. Itulah mengapa sejak masa sekolah hingga kuliah kamu dikenalkan dengan suatu organisasi.

BACA JUGA: Alasan Mengapa Kamu Perlu Ikut Organisasi Kampus

Pekerjaan Sosial Mempengaruhi Perkembangan Manusia

Agar kamu sebagai seorang pemuda lebih aktif dalam berorganisasi atau bermasyarakat, perlu diketahui bahwa seorang pekerja sosial selalu bisa bergaul pada berbagai situasi ketika hidup berkelompok. Dalam pekerjaan yang digelutinya, dirinya harus menjadi seorang konsultan yang baik bagi siapapun.

Dengan memberikan masukan terbaiknya, maka secara tidak langsung mampu mengubah keadaan masing-masing individu sehingga jauh lebih baik.

Janet Walker (2017) melalui bukunya yang berjudul Social Work and Human Development, menyebutkan bahwa untuk bisa mempengaruhi kehidupan siapapun yang membutuhkan bantuan dari pekerja bidang sosial ini, maka kamu dituntut untuk berpengetahuan dan terampil agar bisa bekerja secara efektif dan kompeten.

Dalam hal ini, kamu tentulah kamu sudah mengetahui bahwa pentingnya peran mahasiswa yang baru lulus (fresh graduate) bisa ikut andil dalam menjadikan perkembangan manusia pada kemajuan bangsa. Tidak seharusnya seorang fresh graduate bingung dan cenderung menyalahkan keadaan.

Supaya kamu bisa menjadi bagian dari orang-orang yang membantu perkembangan manusia, maka caranya bisa dilakukan dengan menjadi seorang relawan.  Dari situ, maka nantinya akan mengetahui bagaimana para pekerja sosial menjalankan tugas-tugasnya.

Kamu juga bisa tanya-tanya secara langsung kepada ahlinya tentang bagaimana sih sebenarnya pekerjaan sosial itu? Bahkan, bisa langsung mendaftarkan diri di tempat.

Selain itu, menjalani karier di bidang sosial juga akan berdampak baik bagi diri kamu sendiri. Sebab, hal itu akan terus mengalir manfaatnya bagi orang banyak. Maksudnya tentu saja kegiatan atau pekerjaan sosial berupa tindakan kebaikan. Dengan aksi sosial kamu, tentu banyak orang yang bisa merasakan kebaikan.

Viviene E. Cree (2003) dalam buku berjudul Becoming a Social Worker, menjelaskan bahwa meskipun pekerjaan sosial ini banyak membawa kebaikan, terkadang hal ini tidak tampak oleh kebanyakan orang. Tidak heran, sebab karier di bidang ini memang tidak menghasilkan produk.

Namun lebih berupa jasa, di mana jasa tersebut bisa dirasakan oleh orang yang membutuhkan saja. Bahkan jika dilihat dari persentase tingkat kepopulerannya di media sosial dan media massa, karier di bidang ini masih sedikit rendah.

BACA JUGA: Sejumlah Peluang Kerja Buat Kamu yang Ingin Berkarier di Bidang Humaniora

Beberapa contoh pekerjaan di bidang sosial, yaitu:

No Karir Sosial Alasan Kelebihan
1. Guru Membantu mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberi ilmu terbaik. Pekerjaannya yang mulia bisa diingat banyak orang.
2. Perawat Membantu akan kesehatan orang lain. Dapat mengetahui bagaimana menjaga diri dan orang sekitar.
3. Psikolog Mempelajari sifat dan pikiran setiap manusia untuk membantu mencari solusi dalam permasalahan orang tersebut. Dapat memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan sifat manusia.
4. BNN Membantu penyembuhan orang-orang yang menyalahgunakan obat. Membantu siapapun agar bisa kembali menjalani hidup secara normal.
5. Bekerja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Membantu semua orang untuk mengatasi masalah perekonomian, kenyamanan dan kelayakan dalam menjalankan hidup. Berkontribusi dalam membangun bangsa agar lebih maju.

 

Langkah Tepat untuk Anak Muda Menjadi Pekerja Sosial

Jika kamu seorang mahasiswa atau fresh graduate, tidak ada salahnya untuk mencoba masuk ke dalam karier bidang sosial. Di sini kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran baru baik dari rekan kerja maupun orang lain.

Berikut langkah tepat khusus untuk anak usia muda:

1. Dapatkan Gelar Kesejahteraan Sosial

Minimal pendidikan untuk mendapatkan gelar ini adalah D4 atau S1 dengan demikian kamu memiliki kemungkinan besar untuk bisa uji sertifikasi. Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang linear, maka itu bisa menjadi poin plus buat kamu.

Tapi tenang saja, kamu tidak harus mengambil jurusan ini untuk bisa memulai karir bidang sosial. Hanya saja, jika kamu memiliki latar belakang relevan pasti akan lebih menguntungkan.

2. Manfaatkan Waktu Pendidikan Sebaik Mungkin

Apapun jurusannya, pasti memiliki kemampuan dan kecerdasan dalam pengetahuan akan memudahkan kamu dalam berkarier. Terutama jika beberapa aktivitas atau kegiatan memberikan ilmu dan pengetahuan baru seperti magang.

3. Menemukan Pekerjaan yang Tepat

Untuk mencari pekerjaan, pastikan membidangi dengan apa yang kamu mau. Meskipun bidang sosial cukup banyak kamu dapat menyesuaikan kemampuan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir menyesali salah jurusan atau lain sebagainya.

4. Melakukan Sertifikasi

Sertifikasi merupakan bentuk profesionalnya kamu dalam bidang tersebut. Terutama dalam bidang sosial tingkat profesional harus bagus. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara lulus uji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *