Beasiswa LPDP, Ini Keuntungan Dan Cara Mendapatkannya

  • Whatsapp
Mahasiwa yang menggunakan beasiswa.
Ilustrasi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa LPDP./Pixabay.com/andrew_t8

RUANGNEGERI.com – Beasiswa LPDP merupakan salah satu beasiswa bergengsi yang digelontorkan oleh pemerintah Indonesia untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Sebagai manusia, kita semua pasti memiliki mimpi dan cita-cita. Beberapa dari kita ada yang bercita-cita ingin menjadi dokter, akuntan, advokat dan berbagai profesi lainnya.

Begitu pula dengan dengan mimpi. Setiap manusia pasti memiliki mimpi. Bermimpi ingin ini, ingin itu, ingin pergi ke sana, ingin pergi ke sini. Bagi beberapa orang bermimpi untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri menjadi cita-cita tersendiri.

Buat kamu yang memiliki mimpi untuk jalan-jalan, tinggal di luar negeri, atau bahkan melanjutkan pendidikan ke luar negeri tapi tidak memiliki kemampuan finansial yang cukup, jangan patah semangat. Kamu tetap bisa ke luar negeri dengan memanfaatkan beasiswa baik, beasiswa Pemerintah Indonesia maupun beasiswa dari pihak swasta.

Tapi bukan bukan hanya sekedar niat ya, Sob. Untuk bisa pergi ke luar negeri melalui jalur pendidikan, kamu harus berprestasi dan memenuhi beberapa persyaratan tertentu. Salah satu lembaga penyedia beasiswa ke luar negeri adalah LPDP. LPDP sendiri merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan.

Baca Juga: 4 Beasiswa Luar Negeri Paling Favorit, Yuk Ketahui Infonya

Apa itu Beasiswa LPDP?

Beasiswa LPDP merupakan program beasiswa dari Pemerintah Indonesia. Kementerian Keuangan adalah kementerian yang menyelenggarakan program ini. Tujuan program beasiswa LPDP adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang memiliki karakter sebagai pemimpin, profesional, teknokrat, dan saintis.

Pembiayaan beasiswa LPDP dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dengan memanfaatkan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang dikelola oleh lembaga LPDP. LPDP sendiri berada di bawah naungan Kementrian Keuangan.

Bagi kalian yang tertarik untuk kuliah di luar negeri bisa memanfaatkan beasiswa ini. Sedangkan untuk kalian tidak tertarik meneruskan pendidikan di luar negeri, kalian bisa mengajukan beasiswa ini untuk studi dalam negeri.

Penawaran Beasiswa LPDP

LPDP memiliki berbagai penawaran program beasiswa . Program tersebut dapat kamu manfaatkan untuk studi S1 (Sarjana), S2 (magister) bahkan hingga ke jenjang S3 (doktoral). Beasiswa LPDP sendiri menawarkan program beasiswa dengan jenis-jenis beasiswa sebagai berikut.

Baca Juga: Program Kampus yang Menunjang Kamu di Dunia Kerja, Wajib Ikutan!

  1. regular;
  2. disertasi;
  3. spesialis dokter;
  4. afirmasi, berupa beasiswa daerah tertingggal, beasiswa alumni bidikmisi berprestasi, beasiswa individu berprestasi dari keluarga miskin, beasiswa prestasi olahraga, seni, budaya dan keagamaan, beasiswa penyandang disabilitas, beasiswa PNS/TNI/Polri, beasiswa santri dan beasiswa prestasi olimpiade bidang sains, teknologi dan ketrampilan;
  5. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) dan;
  6. Program co-funding

Informasi buat kamu yang ingin mengajukan beasiswa LPDP ini, sejak tahun 2021 Kemendikbud dan LPDP telah bekerja sama dengan tujuan guna memperluas ruang lingkup dan sasaran untuk program-program LPDP.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.