Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang NFT

  • Whatsapp
NFT aset crypto dengan menggunakan blockchain

Mengenal NFT

Non-Fungible Tokens adalah singkatan NFT yang merupakan aset crypto yang bekerja melalui teknologi blockchain dengan kode identifikasi dan metadata unik yang membedakannya antara satu NFT dan yang lainnya.

Tidak seperti aset crypto, Penukaran atau perdagangan NFT dengan aset lain yang setara tidak memungkinkan. Hal ini berbeda dari aset crypto lain yang dapat saling bertukar seperti aset crypto, yang dapat saling bertukar secara setara sehingga dapat menjadi alat pembayaran untuk transaksi komersial.

Bacaan Lainnya

Sejarahnya NFT sudah eksis sejak 2014, tetapi kenapa NFT populer pada saat ini? Saat ini menjadi populer karena menjadi salah satu cara untuk membeli dan menjual karya seni secara digital.

Hal ini bermula dari salah satu karya artis digital yang dikenal sebagai Beeple terjual dengan harga $69 juta Dolar Amerika Serikat pada awal 2021 dan banyak hasil karya seniman digital lain telah terjual dengan harga jutaan dolar.

Hal itu membuat banyak orang untuk menjual karyanya melalui NFT dengan harapan mendapatkan keuntungan yang besar. Fakta bahwa sejak November 2017 telah terjadi transaksi NFT sebesar $174 juta Dolar Amerika Serikat menunjukkan bahwa Blockchain dan NFT telah memberikan seniman peluang untuk memonetisasi karya mereka.

Sebagian besar pasar NFT saat ini berpusat pada barang koleksi, seperti art, karya seni digital, kartu olahraga, dan barang langka, nama domain, atau tiket yang memberi akses ke acara atau kupon tertentu.

Baca Juga:

Memahami Cara Kerja

Berikut adalah cara NFT bekerja jika Anda ingin tahu bagaimana cara membuat dan cara menjual NFT:

  1. Pilih barang atau item yang ingin Anda jual dengan memilih item yang biasa ada pada marketplaceĀ .
  2. Membuat Wallet. Anda dapat menjualnya pada sistem blockchain yang berbeda. Salah satu yang paling populer adalah Ethereum. Memproduksi karya NFT dapat menghabiskan biaya oleh karena itu Anda akan memerlukan wallet Ethereum dengan beberapa Ether yang nanti berfungsi sebagai koin transaksi.
  3. Memilih marketplace, setelah memiliki wallet dan koin langkah selanjutnya ialah memilih pasar yang akan menjadi tempat Anda memasarkannya.
  4. Anda sekarang akhirnya siap untuk memproduksinya dengan mengikuti panduan untuk mengunggah file digital ke platform marketplace. Proses itu akan memungkinkan Anda untuk mengubah file digital Anda (PNG, GIF, MP3, atau jenis file lainnya) menjadi item yang dapat dipasarkan.
  5. Tahap terakhir dalam menjual karya barang atau item adalah memutuskan strategi yang tepat mengenai bagaimana Anda ingin memonetisasinya.

Untuk membelinya yang ada pada sistem blockchain Ethereum maka hanya dapat dibeli dengan Ether. Langkah pertama untuk membelinya yaitu dengan memiliki Ethereum dan menyimpannya di wallet dan Anda dapat membelinya melalui salah satu marketplace. Harga NFT sangat bervariasi, untuk NFT terbaik sekaligus yang Termahal yaitu dengan nilai market mencapai 5,7 Triliun Rupiah dan harga rata-rata sebesar 5,1 Triliun rupiah milik seniman digital AI bernama Im AIKO.

Di Indonesia sendiri beberapa publik figur juga mulai merambah NFT seperti Syahrini yang telah mengumumkan akan meluncurkan, Chef Arnold, hingga Ridwan Kamil yang berencana menggunakannya untuk menjadi pasar bagi karya digital pelaku ekonomi kreatif untuk mendapatkan penawaran secara internasional.

Baca Juga:

Perbandingan Item NFT dan Item pada Internet pada Umumnya

Item NFT

  1. Item NFT memiliki keunikan secara digital sehingga tidak akan ada dua item NFT yang sama antara satu dan yang lainnya.
  2. Setiap item pasti memiliki pemilik yang tercatat secara publik dalam sistem blockchain dan mudah bagi siapa saja untuk memverifikasi bukti kepemilikan tersebut.
  3. Item akan kompatibel dengan apa pun yang terbuat menggunakan sistem blockchain Ethereum.
  4. Pembuat konten digital dapat menjual karya mereka di mana saja dalam marketplace dan dapat mengakses pasar global.
  5. Pembuat konten digital atau seniman digital dapat mempertahankan hak milik atas karya yang mereka buat sendiri dan mengklaim royalti penjualan atas item secara langsung.
  6. Item dapat dimanfaatkan menjadi hal-hal lain. Seperti menggunakan karya seni digital sebagai jaminan dalam pinjaman yang terdesentralisasi dalam sistem blockchain.

Item Internet pada Umumnya

  1. Terdapat salinan file atau item yang sama seperti file musik atau gambar yang sama dengan aslinya.
  2. Catatan kepemilikan item digital tersimpan di server yang terkendali secara terpusat oleh otoritas khusus sehingga untuk membuktikan kepemilikan harus melalui hal tersebut.
  3. Setiap barang atau item digital dapat terakses dengan infrastruktur atau fasilitas tersendiri.
  4. Pembuat konten hanya dapat mengandalkan media distribusi platform tersendiri yang mana seringkali terbatasi oleh persyaratan penggunaan dan batasan geografis.
  5. Sebagian besar keuntungan penjualan item digital terserap oleh platform atau penyedia layanan, alih-alih pembuat konten itu sendiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *