Anggaran Bulanan Bisa Bertahan Hingga Akhir Bulan, Ini Yang Harus Dilakukan Mahasiswa

  • Whatsapp
Ilustrasi perencaan anggaran
Ilustrasi perencanaan anggaran bulanan./Pexels.com/Karolina Grabowska

RUANGNEGERI.com – Anggaran bulanan bagi mahasiswa menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Mahasiswa mendapat anggaran bulanan rata-rata bersumber dari uang saku orang tua ataupun melakukan pekerjaan sampingan.

Ini dia tips agar mahasiswa bisa mengatur anggaran bulanan supaya bisa bertahan hingga akhir bulan.

Bacaan Lainnya

Menjadi seorang mahasiswa, apalagi menjadi mahasiswa perantau memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari penyesuaian dengan lingkungan pergaulan baru hingga suasana perkuliahan yang berbeda dengan suasana sekolah hingga belajar untuk menjadi mandiri dan mengatur hidupnya sendiri. Mulai dari mengatur waktu, prioritas hingga anggaran bulanan.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan Bagi Karyawan Baru Agar Bisa Menabung

Mahasiswa vs Siswa

Kata mahasiswa terdiri dari kata “maha’ dan “siswa”. Kedua kata ini menunjukkan bahwa mahasiswa merupakan “maestro” dari siswa atau siswa yang besar.

Siswa yang besar maksudnya adalah siswa yang sudah mulai bisa mengatur hidupnya sendiri. Mulai dari mengatur pendidikan, percintaan, hingga anggaran bulanan.

Ketika menjadi mahasiswa, individu bebas untuk menentukan apa yang ingin dilakukan atau yang tidak ingin dilakukan. Tidak ada larangan untuk seorang mahasiswa bolos pada mata kuliah tertentu.

Sebagai konsekuensinya, ia akan memperoleh ganjaran pada akhir semester berupa nilai mata kuliah yang jelek atau bahkan tidak lulus.

Seorang mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk mengelola tidak kegiatan akademiknya saja, melainkan juga mengelola anggaran bulanan pribadi. Terutama bagi mahasiswa yang tinggal di perantauan dan mahasiswa yang kesehariannya diberi uang jajan bulanan.

Baca Juga: Berbagai Tipe Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.