Scam Cryptocurrency Mengancam! Kenali Ciri-Cirinya

  • Whatsapp
Ilustrasi cryptocurrenncy. Hati-hati terkena scam cryptocurrency
Ilustrasi cryptocurrenncy. Hati-hati terkena scam cryptocurrency./Pixabay.com/sergeitokmakov

RUANGNEGERI.comscam cryptocurrency kini menjadi salah satu hal yang banyak diperbincangkan. Hal tersebut ada karena kurangnya kehati-hatian dari para investor crypto. Simak pembahasan berikut ini mengenai scam tersebut.

Investasi cryptocurrency atau mata uang kripto semakin banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dan dunia secara umum. Prospek masa depan positif yang didukung oleh aksi korporasi perusahaan raksasa dari berbagai belahan dunia banyak meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk berinvestasi di sektor ini. Namun para investor harus berhati-hati, sebab tidak sedikit mata uang kripto “palsu” atau scam cryptocurrency.

Bacaan Lainnya

Sebab selain tidak adanya regulasi yang ketat dari otoritas negara maupun perbankan, tidak sedikit pula perusahaan pengembang mata uang kripto yang kurang jelas keberadaan dan reputasinya. Mereka membuat mata uang kripto yang hanya bertujuan untuk semata-mata mencari keuntungan dalam waktu singkat dengan memanfaatkan kepercayaan pasar yang kini bergerak semakin cepat.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat jumlah pengguna kripto di Indonesia hingga Mei 2021 telah mencapai 6,5 juta orang dengan total nilainya sebesar Rp370 triliun. Jumlah ini telah melampaui jumlah investor pasar modal Indonesia sebesar 5,3 juta orang hingga periode bulan yang sama meski nilai kapitalisasi pasarnya masih lebih rendah dibandingkan dengan nilai uang kripto.

Para pengembang scam uang kripto menggunakan cara umum dengan memanfaatkan citra positif dan minimnya pengetahuan investor terhadap ancaman scam yang dapat membahayakan uang pemodal.

Selain itu, fluktuasi harga koin cryptocurrency yang tinggi berpotensi memberi keuntungan besar dari capital gain atau selisih harga beli dan jual. Hal ini telah mampu menarik banyak kalangan untuk mencobanya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Cyptocurrency yang Perlu Diketahui

Pengertian Scam Cryptocurrency

Di tengah maraknya investasi uang kripto, para investor khususnya pemula perlu berhati-hati dalam memilih jenis kripto mana yang akan menjadi sarana investasi. Jika tidak berhati-hati, maka dalam hitungan jam bahkan menit uang miliaran pun bisa raib seketika tanpa adanya pertanggungjawaban yang jelas. Hal itu merupakan bentuk scam yang memang menjadi risiko besar dari cryptocurrency.

Scam cryptocurrency adalah tindakan tipu muslihat melalui penyampaian fakta yang tidak benar maupun kesengajaan dalam menimbulkan kesalahpahaman untuk membohongi investor agar tertarik membeli uang kripto. Tujuan dari tindakan ini tentu saja untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.