Anak Cerdas Berbakat: Bagaimana Solusi Pendidikan dari Keluarga?

  • Whatsapp
Anak Cerdas Berbakat: Bagaimana Solusi Pendidikan dari Keluarga? - Anak Cerdas
Sumber: Unsplash/Kevin Jarrett

Pola Pendidikan Anak Berbakat

Dari seluruh metode dan sistem pembelajaran untuk anak cerdas dan berbakat, keterlibatan orang tua disebut-sebut sebagai kunci utama. Agar pendidikan anak istimewa lebih optimal, orang tua bisa melakukan beberapa hal di usia tumbuh kembangnya, seperti:

1. Pendengar Aktif

Bacaan Lainnya

Orang tua dalam hal ini perlu memosisikan diri sebagai pendengar yang aktif. Sediakan waktu untuk mendengar setiap cerita yang mereka bicarakan.

Beri tanggapan yang pas untuk memancing anak tetap aktif berbicara. Di usia balita, usahakan berbicara menggunakan bahasa baku kepada anak.

Dengan begitu, maka kemampuan berbahasa mereka jauh lebih baik di kemudian hari. Saat mendengarkan anak bercerita, pastikan orang tua menjalin kontak mata. Perhatikan gestur dan mimik yang dibuat oleh anak.

Pola tersebut membuat anak bakal merasa lebih percaya diri dan bersemangat untuk belajar. Mereka merasa orang tua menghargai cerita serta upaya mereka untuk menarik perhatian.

2. Fasilitas Bakat dan Minat

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa secara umum, anak tak terlahir dengan bakat dan minat yang pasti. Ketika menginjak usia balita, anak pun akan mengalami kesulitan menentukan bakat serta minatnya.

Sebagai orang tua, upaya yang bisa dilakukan adalah memfasilitasi anak untuk mengenali dirinya sendiri. Caranya, beri akses luas kepada anak untuk membaca buku yang digemarinya. Minat terhadap buku dan membaca memberi dampak positif bagi anak.

Hal ini akan terasa ketika anak memasuki usia sekolah, sebab kemampuan berbahasa dan berpikir kritisnya telah terasah sejak dini. Jika anak berminat di bidang musik, ajak mereka menonton penampilan musikal atau konser tertentu. Langkah ini merupakan bentuk pendidikan anak berbakat di usia dini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *